Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Monday, October 8, 2012

[i-kan-binaguru] [SEA windows conference 4/14] - Sesi Matthew Ling

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Dear all,

Saya juga ikut conference windows 4/14 kemaren di Jakarta.. maafkan baru sempat share.. sebenarnya saya tidak ikutan full dari pagi sampai malam tidak seperti Ci Mei..

Uraian yang disampaikan oleh Ci Mei mungkin sudah lengkap. Yang mau saya bagikan hari ini adalah sesi-sesi dibawakan oleh Pastor Matthew Ling dari Calvary Family Church in Kuching, Malaysia. Next saya akan share tentang track Gen Y.

Matthew Ling menekankan bagaimana kita membuat landasan bagi generasi 4/14 dimasa depan dimana sebuah generasi yang bisa menghadapi tantangan. 

Kita harus mengajarkan anak-anak bukan hanya anak-anak yang :
- mempunyai nilai yang baik
- setia hadir di gereja / ikut sekolah minggu.
- mempunyai pengetahuan tentang bible 
tetapi mengajarkan anak-anak mempunyai dampak pada lingkungan menjadi garam dan terang dunia.

Jadi siapa yang akan mengguide, membimbing, memberitahukan dan mengarahkan anak-anak tersebut? Who, when, where?

Semua bermula dari "Home" karena seindah apapun ruangan sekolah minggu kita, sehebat apapun tools kita, kurikulum kita ataupun seprofesional apapun Guru yang mengajar, tidak akan ada artinya jika anak-anak hidup dalam keluarga yang tidak dalam pimpinan Tuhan.

Satuhal yang ditemukan adalah :
Gereja sudah melakukan hal yang baik untuk menjangkau dan mendidik anak-anak tetapi tidak bisa menyelesaikannya. Karena tugas itu adalah tugas orangtua untuk mengajarkan anak-anak. Mujizat tidak terjadi disekolah minggu tetapi mujizat seharusnya terjadi di rumah.

Karena itu Gereja harus menjangkau dan mendidik orangtua yang ada supaya orangtua mengundang Tuhan masuk dan merasakan kuasa serta kebaikan Tuhan, sehingga orangtua mempunyai hati untuk mendidik anak-anaknya dan mempunyai mezbah keluarga. 

Orangtua adalah mentor terbaik bagi anak-anak.

Karena itu setelah mendengarkan Firman yang dibagikan Matthew Ling tentang Musa di Ulangan 6:7-9 bagaimana Musa berbicara terhadap semua komunitas dalam skala besar, kemudian focus pada komunitas kecil yaitu orang tua atau ayah, saya ambil keputusan Guru Sekolah Minggu ditempat saya harus ada berperan berkomunikasi "lebih" lagi kepada setiap orangtua yang ada tidak hanya pada saat anaknya membuat 'ulah' atau'kenakalan' baru para guru berkomunikasi dengan orangtuanya.

Di gereja saya para pemimpin mengajarkan pentingnya hidup berkeluarga dalam Tuhan, kita ada kelas pengajaran untuk para suami dan istri. Cuma antara guru sekolah minggu yang mendidik anak-anak kurang berhubungan dengan para orangtua.

Jadi saya mengambil 'action' hari minggu kemaren beberapa satelit gereja saya setelah ibadah umum semua orang tua dikumpulkan, saya mewakilin guru sekolah minggu membicarakan sedikit tentang gerakan 4/14 dan materi apa yang dibagikan di sekolah minggu selama bulan oktober 2012.  Guru mengharapkan apa yang telah dipelajari oleh anak-anak dapat diaplikasikan dalam kehidupannya dirumah dengan tuntunan orangtua.

Dampaknya positif, orangtua merasa guru-guru sekolah minggu yang hanya bertemu dengan anak-anak 2-3 jam seminggu saja care dengan masa depan anaknya jadi sebagai orangtua anak mereka mau mengasihi dan mendidik anaknya dirumah, dan kami semua mau berkomitmen untuk sebulan sekali mengevaluasi dan akan membahas apa yang sudah terjadi terhadap perkembang anak dipertemuan selanjutnya.

Mari kita memulai gerakan 4/14 di masing-masing gereja kita. Mulai dari diri kita sendiri, mengajak para pemimpin untuk mentransferkan iman ke generasi selanjutnya bersama para orangtua.

Knowing it - Loving it - Doing it
 

Regards,


Yosi 

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo