Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Tuesday, October 9, 2012

(e-RH) Oktober 10 -- SANG PENOLONG

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 10 Oktober 2012
Bacaan : Yohanes 14:12-20
Setahun: Matius 9; Lukas 7
Nats: Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu
seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu
selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima
Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.
Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam
di dalam kamu. (Yohanes 14:16-17)

Judul:

SANG PENOLONG

Tahukah Anda bahwa Alkitab memuat lebih dari 100 nama, sebutan
atau deskripsi tentang Roh Kudus? Ini adalah hasil studi Elmer Towns
dalam bukunya Nama-nama Roh Kudus (The Names of The Holy Spirit).
Menurutnya, seringkali orang tidak memperhatikan berbagai sebutan
itu karena Roh Kudus di pikiran mereka adalah semacam kuasa atau
pengaruh supernatural, aktivitas Tuhan yang memberi penghiburan atau
kemampuan tertentu, bukan pribadi yang memiliki nama


Dalam bacaan hari ini, kita menemukan salah satu sebutan untuk Roh
Kudus, yaitu sang "Penolong", atau dalam bahasa Yunani: parakletos.
Artinya, penolong, penghibur, atau advokat yang mendampingi. Sebutan
ini juga diulang Yesus dalam ayat 26, 15:26; 16:7. Yesus berkata,
Dia akan memberikan seorang Penolong "yang lain", atau dalam bahasa
Yunaninya allos. Artinya, "yang lain" dari jenis yang sama. Yesus
bisa saja menggunakan kata heteros--"yang lain" dari jenis yang
berbeda--tapi tidak memilih kata tersebut. Dia dengan jelas
menunjukkan bahwa Roh Kebenaran itu adalah Pribadi yang sama seperti
diri-Nya. Kehadiran-Nya sama dengan kehadiran Allah Bapa dan Yesus
sendiri (ayat 16, 23)


Mungkin selama ini kita memiliki pandangan yang kabur tentang Roh
Kudus, kurang melihat kehadiran-Nya, baik dalam Alkitab maupun
kehidupan kita. Karena tidak mengenal-Nya, kita pun mengabaikan-Nya
dan hanya mencari Dia saat membutuhkan kuasa pertolongan-Nya. Mari
mohon Tuhan membukakan mata kita untuk melihat dan mengenal Roh
Kudus lebih lagi. --LIT

ROH KUDUS BUKAN SEKADAR KUASA TAK BERPRIBADI,
DIA PRIBADI TUHAN YANG HARUS KITA HORMATI

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-10-10
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/10/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/10/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+14:12-20

Yohanes 14:12-20

12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya
kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku
lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada
itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan
melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan
melakukannya."
15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala
perintah-Ku.
16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu
seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu
selama-lamanya,
17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia
tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal
Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang
kembali kepadamu.
19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi,
tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.
20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan
kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Matius+9
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+9
http://alkitab.sabda.org/?Lukas+7


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo