Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Saturday, June 2, 2012

(e-RH) Juni 03 -- PENGALAMAN DIKASIHI

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 3 Juni 2012
Bacaan : 2 Timotius 1:1-18
Setahun: Amsal 4-6
Nats: Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman
yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu
Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu. (2
Timotius 1:5)

Judul:

PENGALAMAN DIKASIHI

Saya sedih sekali ketika dalam sebuah pertemuan diakonia gereja,
seorang ibu mengatakan bahwa pelayanan kepada anak-anak jalanan tak
ubahnya seperti membuang garam ke laut. Pada kesempatan lain,
seorang pemuda menyatakan bahwa mengajari anak-anak di daerah kumuh
perkotaan sebagai suatu kegiatan yang nyaris tak memberikan kemajuan
berarti. Bagi mereka, upaya besar yang diberikan bagi anak-anak ini
tidak sebanding dengan hasil yang didapat.



Dalam surat pribadinya kepada Timotius, Paulus memuji iman anak
rohaninya ini (ayat 2). Menariknya, Paulus mengamati kualitas iman
yang tulus ikhlas semacam ini lebih dulu ada di dua generasi di
atasnya (ayat 5). Anak-anak berisiko dalam kasus di atas tak
seberuntung Timotius. Timotius memiliki sang nenek, Lois, serta
ibunya, Eunike, yang kehidupan imannya berimbas nyata membentuk
imannya. Selain itu, Timotius juga memiliki Paulus yang memuridkan,
meneguhkan, dan memberi teladan padanya (ayat 6-18).



Di dunia ini ada begitu banyak anak yang tidak memiliki orang dan
lingkungan yang membentuk mereka menjadi pribadi yang baik. Hari
demi hari mereka dipaparkan pada kehidupan penuh risiko kekerasan,
pelecehan, dan eksploitasi. Tak mengherankan jika suatu saat mereka
menjadi korban sekaligus pelaku kejahatan. Kita punya banyak
kesempatan mendoakan dan mewujudkan kehadiran kerajaan Allah di
antara mereka. Seperti apa yang diperbuat nenek Lois, ibu Eunike,
dan Paulus pada Timotius, mari bergerak memberi ruang dan pengalaman
dikasihi bagi bagi anak-anak yang kurang beruntung. --SCL

PENGALAMAN DIKASIHI DAN DIBIMBING PADA MASA KECIL
ADALAH BEKAL MENGASIHI DAN MELAYANI SEUMUR HIDUP.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-06-03
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/06/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/06/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Timotius+1:1-18

2 Timotius 1:1-18

1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah untuk
memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus,
2 kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan
damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita,
menyertai engkau.
3 Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati
nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan
selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang
maupun malam.
4 Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku
ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.
5 Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman
yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu
Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.
6 Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia
Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.
7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan,
melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.
8 Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah
malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah
menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.
9 Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan
panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan
berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah
dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan
zaman
10 dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita
Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan
mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.
11 Untuk Injil inilah aku telah ditetapkan sebagai pemberita,
sebagai rasul dan sebagai guru.
12 Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak
malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin
bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya
kepadaku hingga pada hari Tuhan.
13 Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku
sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman
dan kasih dalam Kristus Yesus.
14 Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada
kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.
15 Engkau tahu bahwa semua mereka yang di daerah Asia Kecil
berpaling dari padaku; termasuk Figelus dan Hermogenes.
16 Tuhan kiranya mengaruniakan rahmat-Nya kepada keluarga
Onesiforus yang telah berulang-ulang menyegarkan hatiku. Ia
tidak malu menjumpai aku di dalam penjara.
17 Ketika di Roma, ia berusaha mencari aku dan sudah juga menemui
aku.
18 Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya pada hari-Nya.
Betapa banyaknya pelayanan yang ia lakukan di Efesus engkau
lebih mengetahuinya dari padaku.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Amsal+4-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Amsal+4-6


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Friday, June 1, 2012

[i-kan-humor] [e-Humor] 2056 Juni/2012

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Humor
2056, Juni 2012

Shalom,

"Matre", pasti Anda tahu arti kata ini. :) Biasanya, istilah ini dipakai orang-orang muda untuk menyebut orang yang mereka anggap materialistis alias berfokus pada hal-hal materi saja. Kisah humor kita kali ini, sedikit mengajar kita bagaimana menghadapi orang yang "matre". Langsung simak yuk! Jangan lupa menjawab kuis yang sudah tersedia ya! Tuhan memberkati.

Pemimpin Redaksi e-Humor,
Tatik Wahyuningsih
< tatik(at)in-christ.net >
< http://humor.sabda.org/ >


2056. BERCANDA

Cewek: Mulai hari ini kita putus!
Cowok: Kok begitu... (kaget), padahal besok aku mau belikan kamu HP yang mahal.
Cewek: Hm... (mikir-mikir), aku hanya bercanda kok, Sayang.
Cowok: Oh, sama. Aku juga bercanda.

[Sumber kiriman dari: Septi Sawandi P. <s_s_putra(at)xxx>]

"Tak bergunalah dan jahatlah orang yang hidup dengan mulut serong." (Amsal 6:12) < http://alkitab.sabda.org/?Amsal+6:12 >


KUIS HUMOR

Kuis minggu lalu 125: "Siapa ayah dari anak Zebedeus?"

- Selia Sari < seliasari(at)xxx > = Zebedeus
- Tea-lover < pongky.hananta(at)xxx > = Ya jelas Zebedeus
- Kennedy < kennedy.sirait(at)xxx > = Zebedeus
- Agnes Melissa Rianata < amr(at)xxx > = Zebedeus
- Candra Gunawan < candragunawan51(at)xxx > = Zebedeus Donk :)
- Jhoni < jhoni.tuerah(at)xxx > = Ya, Zebedeus :)
- Ulah Tri Wibowo < ulah(at)xxx > = Ya, Zebedeus lah...
- Melia Florentina < melia(at)xxx > = Zebedeus

Jawaban e-Humor: Zebedeus

Wow! Terima kasih ya, untuk pelanggan yang sudah berpartisipasi menjawab kuis minggu lalu :) Selamat ya! Semua penjawab menjawab dengan tepat :)

Kuis minggu ini 126: "Siapakah nama anak Yakub yang ingin menggantikan posisi Benyamin untuk menjadi budak?"

Jawaban beserta nama Anda akan diumumkan pada edisi kuis e-Humor selanjutnya. Oleh karena itu, kirim jawaban Anda secepatnya ke Redaksi e-Humor, maksimal 5 hari setelah Anda menerima edisi ini ya.

Bagi Anda yang memiliki tebak-tebakan untuk dipasang sebagai kuis di e-Humor, silakan kirim ke: < humor(at)sabda.org >. Kami tunggu jawaban dan kirimannya, ya. Terima kasih banyak!


Kontak: < humor(at)sabda.org >
Redaksi: Tatik Wahyuningsih dan Amy Grace Y.
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/humor >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-humor(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-humor(at)hub.xc.org >

Re:[i-kan-binaguru] Fwd: This Kit changed all my life...

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Hola Friend!
it really hit me when I was forced to file for bankruptcy there is nothing else like this out there despite the circumstances I stayed positive!
http://www.bt2.vn/breakingnews/20ChristopherWallace/ these days I stay on top of my game
you can get the hang of it quickly.
c ya.

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   

[i-kan-binaguru] This thing changed my life.

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Hi friend

ive always been pressured to be the best this helped me turn my luck around I learned to expect the unexpected!
http://studio2design.nl/lastnews/98JamesMurphy/ im finally back in the swing of things
you could do it too.
see you...

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   

(e-RH) Juni 02 -- TUHAN CINTA SEMUA ANAK

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 2 Juni 2012
Bacaan : Markus 10:13-16
Setahun: Amsal 1-3
Nats: Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya
atas mereka Ia memberkati mereka. (Markus 10:16)

Judul:

TUHAN CINTA SEMUA ANAK

Hari Doa Sedunia untuk Anak-anak Berisiko dilangsungkan setiap
tahun pada akhir pekan pertama bulan Juni. Inisiatif global ini
telah menggerakkan orang-orang di berbagai tempat di dunia untuk
berdoa bagi anak-anak. Mengapa berdoa bagi anak-anak di dunia?
Anak-anak berjumlah banyak. Sekitar satu miliar anak akan dilahirkan
dalam sepuluh tahun ke depan, dan 90% dari mereka akan hidup di
keluarga yang berpenghasilan kurang dari sekitar 8.000 rupiah per
hari. Anak-anak menderita. 56% tinggal dalam kondisi kemiskinan yang
ekstrem. Anak-anak strategis. Mayoritas orang kristiani mengambil
keputusan untuk mengikut Kristus sebelum usia 18 tahun.



Selain alasan-alasan di atas, yang sangat penting adalah anak-anak
dicintai dan dipandang penting oleh Tuhan. Tuhan marah jika ada yang
menghalangi anak-anak datang kepada-Nya (ayat 13-14). Tuhan senang
dengan keberadaan dan kerohanian anak-anak (ayat 15). Tuhan senang
menyambut, memberkati, dan mengasihi anak-anak (ayat 15-16). Dalam
pengajaran-Nya, Tuhan mengutuk orang yang menyesatkan anak-anak
(Matius 18:6).



Mengikuti berita dan membaca data tentang anak-anak berisiko yang
menderita bisa membuat kita merasa tidak berdaya. Namun, seharusnya
ketidakberdayaan itu justru membuat kita melangkah menghampiri Tuhan
yang mengasihi mereka. Bersama dengan tubuh Kristus di seluruh
dunia, pada tanggal 2 dan 3 Juni ini, mari secara khusus kita
mendoakan pemulihan, pembebasan, dan keadilan bagi anak-anak
berisiko, agar mereka juga mengalami pelukan dan berkat dari Juru
Selamat dan Pengasih mereka. --JOO

ANGKATLAH TANGANMU KEPADA-NYA DEMI HIDUP ANAK-ANAKMU,
YANG JATUH PINGSAN KARENA LAPAR DI UJUNG-UJUNG JALAN! -RATAPAN 2:19-

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-06-02
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/06/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/06/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Markus+10:13-16

Markus 10:13-16

13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia
menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi
orang-orang itu.
14 Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada
mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan
menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah
yang empunya Kerajaan Allah.
15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut
Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk
ke dalamnya."
16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya
atas mereka Ia memberkati mereka.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Amsal+1-3
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Amsal+1-3


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Re: [i-kan-binaguru] Sharing "shavuot" (pentakosta)

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

2012/6/1 Meilania Chen <meilania.chen@gmail.com>:

> Coba saya cari foto2 pas The First Noel itu yaaa ...
> Nanti saya kabarin kalo sudah ketemu :-)

Foto2 sebagian sudah diupload di facebook:

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150868169392913.400047.539517912&type=1&l=5211456ce4

Semoga bermanfaat.

GBU all,
Moderator (meilania).

---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

Re: Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   
Caranya amak-aanak dibuat senang berhitung sambil bermain.Pertama mereka diajarkan dulu cara berhitung cepat oleh ahlinya. Kalau di Bandung bisa menghubungi tim APIQ (Aritmatika Plus Inteligensia Quantum. Tanggal 23 Juni 2012 gereja kami mengundang tim APIQ untuk presentasi. Selanjutnya harus ada tenaga untuk mengajari mereka di Sekolah Minggu. Kita bisa membekali gsm yang tertarik akan program ini.
Thanks
Wals


From: "marvel_lie@yahoo.com" <marvel_lie@yahoo.com>
To: Diskusi e-BinaGuru <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Sent: Friday, June 1, 2012 10:12 AM
Subject: Re: Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU 
---------------------------------------------------------------------

Bgm  Yª pak caranya menerapkan otak kanan pd anak yg blm pernah menggunakannya, apakah langkah awal yg praktis, agar anak bs menggunakan otak kanan nya ∂ï dlm menghafal n berhitung. Tq  Yª pak.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Sudiarjo Purba" <hardjoinjesus@yahoo.com>
Sender: i-kan-binaguru@hub.xc.org
Date: Thu, 31 May 2012 22:32:06
To: Diskusi e-BinaGuru<i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Reply-To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Subject: Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU 
---------------------------------------------------------------------

Thanks pak wals.
Dapat dari mana tu info. Baca buku apa pak. Ato ada web nya da. Mauliate amang.

---------
T'kirim via Nokia Email

------Pesan asli------
Dari: walsinur silalahi <walsinur.silalahi@yahoo.com>
To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Date: Friday, May 25, 2012 12:03:45 PM GMT+0800
Subject: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU 
---------------------------------------------------------------------

Otak Kiri- Otak Kanan.
Seorang guru yang mengajar
berhitung untuk kelas 3 SD,masuk kelas dengan malas."Anak—anak,sekarang kita
belajar berhitung,"kata guru. "Jumlahkan bilangan: 1+2+3+4+5+6…dan seterusnya
sampai terakhir tambah 2000" ,perintah guru. Guru tersebut berpikir bahwa
anak-anak tidak akan mampu menyelesaikan tugas tersebut yaitu menjumlahkan
bilangan dari 1 sampai 2000 dalam waktu 2 jam.Dengan demikian sang guru dapat
istirahat dengan dan duduk-duduk saja dengan santai. Tetapi anggapan guru
meleset karena  hanya dalam hitungan
sekitar satu menit ,salahsatu murid tunjuk tangan dan berkata,"saya bisa dan
sudah selesai pak". Guru tersebut kaget,"Mana mungkin?" pikirnya. Tetapi murid
tersebut memang bisa dan hasil hitungannya  benar. Bagaimana caranya?
 
Murid itu mampu menyelesaikan
tugasnya dengan baik dan cepat karena menggunakan otak kanan dan otak kiri
secara harmonis. Otak kiri berpikir secara urut,bagian per bagian, dan logis.
Sementara otak kanan melengkapinya dengan cara berpikir acak,holistic,dan
kreatif.
Kita perhatikan cara murid itu
menggunakan otak kiri dan otak kanannya sebagai berikut. Pertama,tuliskan
kembali soal berhitung yaitu: 1+2+3+4……+1997+1998+1999+2000=…?
Pada saat kita menggunakan otak
kiri saja,pasti akan terasa sulit. Tapi coba gunakan otak kanan yang
acak,misalnya,jumlahkan yang pertama dan terakhir. Kita peroleh hasil sbb:
1+2000=2001
2+1999=2001
3+1998=2001 dan seterusnya.
Sehingga kita peroleh jawaban 2.001x1.000=2.001.000.
Dalam proses belajar atau
kehidupan sehari-hari,orang sering hanya menggunakan setengah kemampuannya saja
yaitu otak kiri. Saat kita belajar di sekolah misalnya,kita biasa dituntut
untuk berpikir logis saja.tetapi,seperti yang kita lihat dalam contoh kelas 3
SD di atas,kita perlu menggunakan setengah kemampuan lainnya yaitu otak kanan.
Kita memang membutuhkan keberanian untuk mencoba menggunakan otak kanan yang
berpikir secara acak,menyeluruh dan kreatif.
Otak kanan  sangat membantu kita dalam proses menghafal
cepat,membaca cepat,dan berpikir innovative. Misalnya kita hendak menghafal
tahun,nomor telepon,atau nomor rekening,cobalah aktifkan otak kanan. Buatlah
cantolan-cantolan dengan cara bebas acak,menarik ,sehingga mudah mengingat
kembali. Untuk membaca cepat,berpikirlah holistic.dapatkan inti dan maksud
utama dari kesatuan bacaan itu. Lalu coba pahami,baru gunakan otak kiri secara
urut dan teliti. Dengan cara demikian kita mampu membaca cepat dan paham.
Sedangkan untuk mendapat solusi kreatif,gunakan otak kanan secara acak untuk
menemukan solusi-solusi lain yang berbeda. Terapkan juga cara berpikir
menyeluruh,holistic.Kemudian tindak lanjuti menggunakan otak kiri  yang teliti.
Cara lain lagi untuk
mengoptimalkan otak kanan adalah dengan menggunakan kartu karakter. Kita buat
kartu seukuran kartu remi. Masing-masing kartu kita beri tulisan karakter otak
kanan berbeda. Misalnya,kartu pertama: acak,kedua:Ho;istik,,ketiga
:kreatif,keempat:pemberani,kelima :fleksibel ,dan seterusnya. Setiap pagi kita
ambil satu kartu,kit abaca lalu renungkan kemudian simpan disaku kita dan bawa
kemana saja kita beraktivitas hari itu. Dan kita berkomitmen untuk menerapkan
karakter otak kanan yang ada dalam kartu itu. Malam hari menjelang tidur,kita
dapat melakukan evaluasi. Esok harinya kita dapat mengambil kartu karakter yang
berikutnya. Dengan demikian kita akan terbiasa menerapkan karakter otak kanan
dalam kehidupan sehari-hari. Semoga berhasil. Bila sudah berhasil
menerapkannya,jangan lupa bersyukur  kepada pemberi otak kita.
Salam hangat
Wals
---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke:    <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke:    <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke:    <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke:    <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke:    <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke:    <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   

Thursday, May 31, 2012

Re: Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Bgm Yª pak caranya menerapkan otak kanan pd anak yg blm pernah menggunakannya, apakah langkah awal yg praktis, agar anak bs menggunakan otak kanan nya ∂ï dlm menghafal n berhitung. Tq Yª pak.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Sudiarjo Purba" <hardjoinjesus@yahoo.com>
Sender: i-kan-binaguru@hub.xc.org
Date: Thu, 31 May 2012 22:32:06
To: Diskusi e-BinaGuru<i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Reply-To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Subject: Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Thanks pak wals.
Dapat dari mana tu info. Baca buku apa pak. Ato ada web nya da. Mauliate amang.

---------
T'kirim via Nokia Email

------Pesan asli------
Dari: walsinur silalahi <walsinur.silalahi@yahoo.com>
To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Date: Friday, May 25, 2012 12:03:45 PM GMT+0800
Subject: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Otak Kiri- Otak Kanan.
Seorang guru yang mengajar
berhitung untuk kelas 3 SD,masuk kelas dengan malas."Anak—anak,sekarang kita
belajar berhitung,"kata guru. "Jumlahkan bilangan: 1+2+3+4+5+6…dan seterusnya
sampai terakhir tambah 2000" ,perintah guru. Guru tersebut berpikir bahwa
anak-anak tidak akan mampu menyelesaikan tugas tersebut yaitu menjumlahkan
bilangan dari 1 sampai 2000 dalam waktu 2 jam.Dengan demikian sang guru dapat
istirahat dengan dan duduk-duduk saja dengan santai. Tetapi anggapan guru
meleset karena  hanya dalam hitungan
sekitar satu menit ,salahsatu murid tunjuk tangan dan berkata,"saya bisa dan
sudah selesai pak". Guru tersebut kaget,"Mana mungkin?" pikirnya. Tetapi murid
tersebut memang bisa dan hasil hitungannya  benar. Bagaimana caranya?
 
Murid itu mampu menyelesaikan
tugasnya dengan baik dan cepat karena menggunakan otak kanan dan otak kiri
secara harmonis. Otak kiri berpikir secara urut,bagian per bagian, dan logis.
Sementara otak kanan melengkapinya dengan cara berpikir acak,holistic,dan
kreatif.
Kita perhatikan cara murid itu
menggunakan otak kiri dan otak kanannya sebagai berikut. Pertama,tuliskan
kembali soal berhitung yaitu: 1+2+3+4……+1997+1998+1999+2000=…?
Pada saat kita menggunakan otak
kiri saja,pasti akan terasa sulit. Tapi coba gunakan otak kanan yang
acak,misalnya,jumlahkan yang pertama dan terakhir. Kita peroleh hasil sbb:
1+2000=2001
2+1999=2001
3+1998=2001 dan seterusnya.
Sehingga kita peroleh jawaban 2.001x1.000=2.001.000.
Dalam proses belajar atau
kehidupan sehari-hari,orang sering hanya menggunakan setengah kemampuannya saja
yaitu otak kiri. Saat kita belajar di sekolah misalnya,kita biasa dituntut
untuk berpikir logis saja.tetapi,seperti yang kita lihat dalam contoh kelas 3
SD di atas,kita perlu menggunakan setengah kemampuan lainnya yaitu otak kanan.
Kita memang membutuhkan keberanian untuk mencoba menggunakan otak kanan yang
berpikir secara acak,menyeluruh dan kreatif.
Otak kanan  sangat membantu kita dalam proses menghafal
cepat,membaca cepat,dan berpikir innovative. Misalnya kita hendak menghafal
tahun,nomor telepon,atau nomor rekening,cobalah aktifkan otak kanan. Buatlah
cantolan-cantolan dengan cara bebas acak,menarik ,sehingga mudah mengingat
kembali. Untuk membaca cepat,berpikirlah holistic.dapatkan inti dan maksud
utama dari kesatuan bacaan itu. Lalu coba pahami,baru gunakan otak kiri secara
urut dan teliti. Dengan cara demikian kita mampu membaca cepat dan paham.
Sedangkan untuk mendapat solusi kreatif,gunakan otak kanan secara acak untuk
menemukan solusi-solusi lain yang berbeda. Terapkan juga cara berpikir
menyeluruh,holistic.Kemudian tindak lanjuti menggunakan otak kiri  yang teliti.
Cara lain lagi untuk
mengoptimalkan otak kanan adalah dengan menggunakan kartu karakter. Kita buat
kartu seukuran kartu remi. Masing-masing kartu kita beri tulisan karakter otak
kanan berbeda. Misalnya,kartu pertama: acak,kedua:Ho;istik,,ketiga
:kreatif,keempat:pemberani,kelima :fleksibel ,dan seterusnya. Setiap pagi kita
ambil satu kartu,kit abaca lalu renungkan kemudian simpan disaku kita dan bawa
kemana saja kita beraktivitas hari itu. Dan kita berkomitmen untuk menerapkan
karakter otak kanan yang ada dalam kartu itu. Malam hari menjelang tidur,kita
dapat melakukan evaluasi. Esok harinya kita dapat mengambil kartu karakter yang
berikutnya. Dengan demikian kita akan terbiasa menerapkan karakter otak kanan
dalam kehidupan sehari-hari. Semoga berhasil. Bila sudah berhasil
menerapkannya,jangan lupa bersyukur  kepada pemberi otak kita.
Salam hangat
Wals
---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

Re: [i-kan-binaguru] Sharing "shavuot" (pentakosta)

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Hi Louise ...

Ide dasarnya adalah mencoba menghadirkan suasana "shavuot" untuk
dijadikan momen pembelajaran yang menarik. Alternatifnya kalo buah2
dan sayur2 yang dimaksud engga ada, maka bisa disajikan dalam bentuk
FOTO. Dan ini sudah pernah saya lakukan saat Natal 2 tahun lalu di
gereja saya.

Waktu itu, karena suasana natal yang mau diangkat adalah The First
Noel, maka seluruh gedung gereja disulap jadi Nazaret, Betlehem, dan
Yerusalem. Bahkan di depan gedung gereja, dihadirkanlah suasana DAPUR
rakyat jelata di Israel hehehe ... Buah yang saya sajikan waktu itu
hanyalah: delima, kurma, dan anggur (itupun anggur palsu / plastik -
dan ada yang salah gigit hahahaha... ) Waktu itu buah2 tsb sifatnya
hanya sbg display / pajangan.

Nah, di sepanjang area, saya sediakan PAMERAN - foto2 beserta
penjelasannya. Jadi, hasil2 alam yang penting disajikan dan
diceritakan. Misalnya: delima, kurma, anggur, barley, buah zaitun,
dll. Termasuk BUNGA2 yang tumbuh di Israel, juga disajikan .. tapiiii
... saya sajikan dalam bentuk pembatas alkitab ... wuahhh .. laris
maniez ... Bahkan sampai hari Minggu (setelah perayaan Natal yang
waktu itu jatuh di hari Rabu kalo ga salah) pameran ini masih dibuka
untuk jemaat, dan jadi ajang yang menarik bagi anak2, remaja, orang
dewasa, maupun lansia.

Jadi, sembari menikmati suasana The First Noel, jemaat juga bisa
belajar ttg kehidupan di zaman Tuhan Yesus.

Itu gerabah (tanah liat) sengaja beli agak banyak ... yang pecah pun
dibeli ga apa, malah bagusss ... :-) Ditata sedemikian rupa, dengan
kain2 warna putih tapi jangan terlalu putih, seperti broken white atau
ivory gitu ... Sederhana, tidak terlalu mahal, dan barang2 ini PASTI
KEPAKAI TERUSSSS ... asal kita rajin2 bikin pameran ala Israel he3x.

Yang masih dalam ide dan belum saya realisasikan adalah: cooking ala Jews :-)
Sepertinya ini bakal menarik ... Silakan teman2 yang mungkin sudah
pernah mencoba, bisa sharing pengalamannya di milis kita ini.

Coba saya cari foto2 pas The First Noel itu yaaa ...
Nanti saya kabarin kalo sudah ketemu :-)

Selamat beraktivitas !!

GBU all,
Moderator (meilania).

2012/6/1 louise utami <louiseutami895@gmail.com>
> syalom... luar biasa cerita dan kegiatannya... saya jadi terinspirasi nih
> dengan kegiatan SHAVOUT nya.
> kalo di kota besar untuk buat kegiatan SHAVUOT (Pentakosta) ala Israel
> dengan mencari bahan2 alat dan makanan saya pikir
> cukup mudah yah? namun bagaimana dengan yang dipedalaman? yang ada cuman
> buah pisang dan pepaya juga kedondong dan mangga
> jadi pengen ikutan niru gaya SHAVOUT di GKI sby, namun mungkin bisa dipake
> cara ala tradisional ciri khas gaya daerah masing2 aja gimana
> suasana masa panen di msg2 daerah / pedalaman, namun lagu2 mungkin bisa
> tetap diajarin pake lagu2 Israel ato diterjemahin dalam bahasa
> asli daerah sendiri.

---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

Re: [i-kan-binaguru] Sharing "shavuot" (pentakosta)

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   
syalom... luar biasa cerita dan kegiatannya... saya jadi terinspirasi nih
dengan kegiatan SHAVOUT nya.
kalo di kota besar untuk buat kegiatan SHAVUOT (Pentakosta) ala Israel
dengan mencari bahan2 alat dan makanan saya pikir
cukup mudah yah? namun bagaimana dengan yang dipedalaman? yang ada cuman
buah pisang dan pepaya juga kedondong dan mangga
jadi pengen ikutan niru gaya SHAVOUT di GKI sby, namun mungkin bisa dipake
cara ala tradisional ciri khas gaya daerah masing2 aja gimana
suasana masa panen di msg2 daerah / pedalaman, namun lagu2 mungkin bisa
tetap diajarin pake lagu2 Israel ato diterjemahin dalam bahasa
asli daerah sendiri.

Salam.
---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   

Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Thanks pak wals.
Dapat dari mana tu info. Baca buku apa pak. Ato ada web nya da. Mauliate amang.

---------
T'kirim via Nokia Email

------Pesan asli------
Dari: walsinur silalahi <walsinur.silalahi@yahoo.com>
To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Date: Friday, May 25, 2012 12:03:45 PM GMT+0800
Subject: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Otak Kiri- Otak Kanan.
Seorang guru yang mengajar
berhitung untuk kelas 3 SD,masuk kelas dengan malas."Anak—anak,sekarang kita
belajar berhitung,"kata guru. "Jumlahkan bilangan: 1+2+3+4+5+6…dan seterusnya
sampai terakhir tambah 2000" ,perintah guru. Guru tersebut berpikir bahwa
anak-anak tidak akan mampu menyelesaikan tugas tersebut yaitu menjumlahkan
bilangan dari 1 sampai 2000 dalam waktu 2 jam.Dengan demikian sang guru dapat
istirahat dengan dan duduk-duduk saja dengan santai. Tetapi anggapan guru
meleset karena  hanya dalam hitungan
sekitar satu menit ,salahsatu murid tunjuk tangan dan berkata,"saya bisa dan
sudah selesai pak". Guru tersebut kaget,"Mana mungkin?" pikirnya. Tetapi murid
tersebut memang bisa dan hasil hitungannya  benar. Bagaimana caranya?
 
Murid itu mampu menyelesaikan
tugasnya dengan baik dan cepat karena menggunakan otak kanan dan otak kiri
secara harmonis. Otak kiri berpikir secara urut,bagian per bagian, dan logis.
Sementara otak kanan melengkapinya dengan cara berpikir acak,holistic,dan
kreatif.
Kita perhatikan cara murid itu
menggunakan otak kiri dan otak kanannya sebagai berikut. Pertama,tuliskan
kembali soal berhitung yaitu: 1+2+3+4……+1997+1998+1999+2000=…?
Pada saat kita menggunakan otak
kiri saja,pasti akan terasa sulit. Tapi coba gunakan otak kanan yang
acak,misalnya,jumlahkan yang pertama dan terakhir. Kita peroleh hasil sbb:
1+2000=2001
2+1999=2001
3+1998=2001 dan seterusnya.
Sehingga kita peroleh jawaban 2.001x1.000=2.001.000.
Dalam proses belajar atau
kehidupan sehari-hari,orang sering hanya menggunakan setengah kemampuannya saja
yaitu otak kiri. Saat kita belajar di sekolah misalnya,kita biasa dituntut
untuk berpikir logis saja.tetapi,seperti yang kita lihat dalam contoh kelas 3
SD di atas,kita perlu menggunakan setengah kemampuan lainnya yaitu otak kanan.
Kita memang membutuhkan keberanian untuk mencoba menggunakan otak kanan yang
berpikir secara acak,menyeluruh dan kreatif.
Otak kanan  sangat membantu kita dalam proses menghafal
cepat,membaca cepat,dan berpikir innovative. Misalnya kita hendak menghafal
tahun,nomor telepon,atau nomor rekening,cobalah aktifkan otak kanan. Buatlah
cantolan-cantolan dengan cara bebas acak,menarik ,sehingga mudah mengingat
kembali. Untuk membaca cepat,berpikirlah holistic.dapatkan inti dan maksud
utama dari kesatuan bacaan itu. Lalu coba pahami,baru gunakan otak kiri secara
urut dan teliti. Dengan cara demikian kita mampu membaca cepat dan paham.
Sedangkan untuk mendapat solusi kreatif,gunakan otak kanan secara acak untuk
menemukan solusi-solusi lain yang berbeda. Terapkan juga cara berpikir
menyeluruh,holistic.Kemudian tindak lanjuti menggunakan otak kiri  yang teliti.
Cara lain lagi untuk
mengoptimalkan otak kanan adalah dengan menggunakan kartu karakter. Kita buat
kartu seukuran kartu remi. Masing-masing kartu kita beri tulisan karakter otak
kanan berbeda. Misalnya,kartu pertama: acak,kedua:Ho;istik,,ketiga
:kreatif,keempat:pemberani,kelima :fleksibel ,dan seterusnya. Setiap pagi kita
ambil satu kartu,kit abaca lalu renungkan kemudian simpan disaku kita dan bawa
kemana saja kita beraktivitas hari itu. Dan kita berkomitmen untuk menerapkan
karakter otak kanan yang ada dalam kartu itu. Malam hari menjelang tidur,kita
dapat melakukan evaluasi. Esok harinya kita dapat mengambil kartu karakter yang
berikutnya. Dengan demikian kita akan terbiasa menerapkan karakter otak kanan
dalam kehidupan sehari-hari. Semoga berhasil. Bila sudah berhasil
menerapkannya,jangan lupa bersyukur  kepada pemberi otak kita.
Salam hangat
Wals
---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

(e-RH) Juni 01 -- SELAMAT HIDUP BERMAKNA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 1 Juni 2012
Bacaan : Kejadian 5:1-24
Setahun: Kidung Agung
Nats: Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi,
sebab ia telah diangkat oleh Allah. (Kejadian 5:24)

Judul:

SELAMAT HIDUP BERMAKNA

"Selamat panjang umur". Salam itu selalu kita katakan kepada rekan
yang berulang tahun sebagai ucapan selamat sekaligus doa. Ya,
panjang umur kerap kali dikaitkan dengan hidup yang bahagia.
Bagaimana dengan orang yang pendek umur? Sungguhkah mereka tak
bahagia sebab tak lagi bisa meneruskan hidup? Benarkah panjang umur
merupakan jaminan hidup bahagia dan penuh arti?



Tokoh-tokoh yang disebutkan dalam bacaan Alkitab hari ini memiliki
umur yang panjang: Adam 930 tahun (ayat 5); Set 912 tahun (ayat 8);
Kenan 910 tahun (ayat 14); Yared 962 tahun (ayat 20); Henokh 365
tahun (ayat 23). Jika kita cermati, terdapat rumusan berulang dalam
penulisan kalimat-kalimat tersebut. "X berumur Y tahun, lalu ia
mati." Keterangan "lalu ia mati" menunjukkan bahwa betapa pun
panjang umur manusia bahkan hingga ratusan tahun manusia pasti mati.
Namun, di antara skema yang berulang, terselip catatan menarik yang
menyertai kehidupan Henokh. Umurnya lebih pendek dari yang lain,
tetapi ia "hidup bergaul dengan Allah" (ayat 24). Alkitab versi
Bahasa Indonesia Sehari-hari menerjemahkannya: "Henokh selalu hidup
akrab dengan Allah". Dikatakan, ia tidak mati, tetapi diangkat oleh
Allah. "Pendek umur" bukan masalah baginya sebab ia telah hidup bagi
Tuhan selama di dunia.



Panjang umur ialah berkat Tuhan; tak salah jika menginginkannya.
Kita bisa melihat lebih banyak karya Tuhan dalam perjalanan hidup
yang lebih panjang. Namun, bagaimana kita menjalaninya, itu jauh
lebih penting. Mari memohon Tuhan menolong kita untuk menjalani
hidup yang bermakna bersama-Nya sampai kita berjumpa dengan Dia di
surga; tak hanya menjalani hidup di dunia untuk kemudian mati
sia-sia. Selamat hidup bermakna. --DEW

BUKAN PANJANG UMUR YANG MEMBUAT HIDUP BERMAKNA,
MELAINKAN UNTUK APA DAN BERSAMA SIAPA KITA MENJALANINYA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-06-01
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/06/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/06/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+5:1-24

Kejadian 5:1-24

1 Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan
oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah;
2 laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati
mereka dan memberikan nama "Manusia" kepada mereka, pada waktu
mereka diciptakan.
3 Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan
seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama
Set kepadanya.
4 Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan
ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5 Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia
mati.
6 Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos.
7 Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia
memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan
perempuan.
8 Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia
mati.
9 Setelah Enos hidup sembilan puluh tahun, ia memperanakkan Kenan.
10 Dan Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, setelah ia
memperanakkan Kenan, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan
perempuan.
11 Jadi Enos mencapai umur sembilan ratus lima tahun, lalu ia mati.
12 Setelah Kenan hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan
Mahalaleel.
13 Dan Kenan masih hidup delapan ratus empat puluh tahun, setelah
ia memperanakkan Mahalaleel, dan ia memperanakkan anak-anak
lelaki dan perempuan.
14 Jadi Kenan mencapai umur sembilan ratus sepuluh tahun, lalu ia
mati.
15 Setelah Mahalaleel hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan
Yared.
16 Dan Mahalaleel masih hidup delapan ratus tiga puluh tahun,
setelah ia memperanakkan Yared, dan ia memperanakkan anak-anak
lelaki dan perempuan.
17 Jadi Mahalaleel mencapai umur delapan ratus sembilan puluh lima
tahun, lalu ia mati.
18 Setelah Yared hidup seratus enam puluh dua tahun, ia
memperanakkan Henokh.
19 Dan Yared masih hidup delapan ratus tahun, setelah ia
memperanakkan Henokh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan
perempuan.
20 Jadi Yared mencapai umur sembilan ratus enam puluh dua tahun,
lalu ia mati.
21 Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan
Metusalah.
22 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun
lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan
anak-anak lelaki dan perempuan.
23 Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi,
sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Kidung+Agung
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kidung+Agung


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Re: [i-kan-binaguru] Info SIL "FBI+Narnia" 22-23 juni 2012

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

2012/5/31 Erni Arifin <erni-arifin@dnet.net.id>:

> Aduh ... Ibu Mei,
>
> Kepengen .. sekali ikut. Tapi kog ya jauh sekali. Kapan ya diadakan di Riau?
> Kalau ada nanti, kabar-kabari ya.
>
> God bless you.
> Erni

Waaaah ... untuk SIL macam ini melibatkan lebih dari 75 orang GSM
(mungkin bisa nyampe 100, saya belum hitung semua he3x) ... rasanya
hampir gak mungkin deh untuk diadakan di luar kota Bandung ... bisa
bener2 high cost dan gimana caranya bisa bikin 100 orang cuti bareng2
:-)

Akan lebih mudah bila para GSM nya yang travelling ke Bandung ..
sekalian shopping di FOnya Bandung, kan terkenal tuh he3x .. sembari
wisata kuliner, main ke Lembang, ato ke Trans Studio :-)

Pertengahan mei, di acara seminar nasional nya LK3, cukup banyak guru2
SM yang mengusulkan agar diadakan Camp GSM nasional ... Itu ide yang
sangat baik, menurut saya. Namun, ini kan bukan hal gampang, butuh
persiapan dll ... Nah, saya kepikiran, kenapa tidak menggunakan SIL
yang sedang saya dan rekan2 garap ini saja yang dijadikan moment Camp
GSM nasional tsb? Mumpung sudah ada tim GSM yang kompakan bikin acara,
kita tinggal datang aja "menikmati" sembari "menimba ilmu dan
pengalaman" ... Ini jauh lebih hemat dan praktisss ...

---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

Re: [i-kan-binaguru] Info SIL "FBI+Narnia" 22-23 juni 2012

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

2012/5/30 Lorenta Lingga <lorenta.lingga@yahoo.com>:

> Shalom bu Meilania,
>
> Mau tanya acaranya sama ngak ya dengan yang di NCWC.
> Kalau beda, tolong infonya, supaya saya cepat2 daftar anak n ponakan ada 6
> orang,
> sekalian liburan ka Bandung.
>
> Saya tunggu kabarnya ibu.
>
> Thanks & Salam kasihNYA
>
> Lorenta

Dear Lorenta en teman2 semua,
Sedikit bocoran nih ttg acara SIL di Bandung ...

SIL 22-23 juni 2012 akan terdiri dari 2 bagian: FBI (1 hari) dan Narnia (1 hari)

Untuk sesi FBI, 8 area yang ditampilkan, 7 di antaranya sama dengan
NCWC - 4 jam, namun masih ada sesi 3 jam yang baru :-) yang akan diisi
dengan berbagai games seru untuk mengingatkan anak2 akan ke-8 tokoh
yang diajarkan serta pesan Firman Tuhan + sesi pemaparan tokoh2 FBI
tsb. dalam sajian yang menarik ;-)

Untuk sesi Narnia, akan ada 4 area yang ditampilkan, yaitu: Aslan's
Camp (cooking), Aslan's Table (bikin peta strategi perang), Beruna
(latihan pedang-pedangan .. he3x .. iya !! semua peserta akan
diajarkan jurus2 pedang melawan musuh !!), dan Cair Paravel
(scrapbooking) Semua area ini akan dijalani selama 4 jam. lalu, masih
ada 3 jam sesi (indoor) yang akan menghadirkan suasana Kerajaan Narnia
lengkap dengan 5 tokoh Narnia: Caspian, Peter, Susan, Edmund, dan
Lucy.

Yang jadi Caspian, Peter, Susan sama dengan yang di NCWC tempo hari
:-) tapi yang jadi Edmund terpaksa ganti, karena yang berperan sbg
Edmund sedang sibuk mempersiapkan camp Narnia buat para remaja. Dan
yang akan jadi Lucy adalah anak saya yang kecil :-) Ini ide anak saya
sendiri, dia menawarkan diri menjadi Lucy he3x ... Karena dia sudah
tahu semua cerita, rencana, ide2, dan strategi saya dalam menyusun
acara ini (maklum, saya sering cerita ke dia dan dia juga sering ikut
saya rapat) .. menurut dia, sudah ga seru lagi kalo ikutan sebagai
peserta karena dia sudah tahu semua :-) jadi, dia kemudian mengusulkan
untuk bantu sebagai tim acara saja.

OK .. sementara ini dulu bocorannya yah ...
Ditunggu kehadiran teman2 di Bandung :-)

GBU all,
Moderator (meilania).

---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

[i-kan-binaguru] Pendengar ygbaik

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   


Sebagai orangtua, ada kalanya kita perlu menjadi pendengar yang baik bagi anak2 kita. Berikut adalah tips cara mendengarkan yang baik
  • Saat anak sedang berbicara kepada anda, tataplah matanya dengan kasih sayang sehingga anak merasa di perhatikan ceritanya.
  • Di dalam sela-sela pembicaraan anak anda, sesekali berilah komentar seperti "O ya? atau Wah!.. " karena itu sudah menjadi stimulasi bagi mereka untuk makin giat bercerita. Pola ini dapat membuat anak nyaman karena merasa orang tua memahami apa yang mereka ungkapkan.
  • Mendengar sepenuhnya cerita pengalaman anak, baik itu menyedihkan dan menyenangkan, membuat kita berdua (ibu dengan anak) dapat berbagi rasa dan anakpun akan merasa orangtuanya menghargainya, Anak akan bersikap terbuka karena yakin orangtua pasti bersedia mendengarkan mereka.
  • Hindari sikap memaksakan pendapat, dan langsung 'melabel" anak. Perasaan anak yang lebih sensitif, membuat anak akan merasa tersisihkan jika kita bersikap seperti itu.
  • Jika anda ingin membantu anak menghadapi masalahnya, berilah masukkan dengan kata-kata yang tetap menyemangati  anak. Hindari berkata "Ya sudah, besok kamu tidak usah main" atau " Biar mama yang marahi temanmu yang nakal itu"
  • Disaat anak sedang emosi dan sulit bicara, jangan paksa anak untuk terus bicara.
  • Beri anak anda waktu untuk menyendiri sejenak sampai emosinya mereda dan siap untuk berbicara.
  • Berusahalah untuk tidak memberikan opini kita pribadi, baik terhadap pilihan sikapnya, emosinya dan tindakannya.
  • Tanyakan pemikiran mereka terhadap masalah ini dan bagaimana kira-kira sikap yang sebaiknya mereka lakukan di kemudian hari.
  • Sikap ini tidak saja menghindarkan anak dari perasaan di hakimi, namun juga membantu mereka lebih memahami kejadian atau peristiwa secara objektif.

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   

[i-kan-binaguru] Kepercayan yang salah salah

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

  1. Beberapa Kepercayaan yang Salah.
  2. Kepercayaan salah yang pertama: "Tidak punya anak selalu merupakan kesalahan istri."
    Yang Benar: Tidak demikian! Tidak memunyai anak tidak seharusnya dianggap sebagai "kesalahan" suami atau pun istri, terutama istri. Saat ini, banyak yang dapat dilakukan secara medis untuk menolong pasangan yang tidak memunyai anak, dan mereka hendaknya tidak ragu-ragu untuk meminta nasihat dari dokter yang kompeten.
    Kepercayaan salah yang kedua: "Tidak mempunyai anak berarti pernikahan itu gagal."
    Yang Benar: Tidak demikian! Meskipun tidak ada anak-anak yang dilahirkan, ada banyak alasan untuk pernikahan tetap bertahan, berbahagia dan diberkati. Memunyai anak hanya salah satu alasan adanya pernikahan. Dapat saling memberikan kasih, membantu untuk menjadi apa yang Allah inginkan, menguatkan dan menghibur - semuanya itu dapat memberikan kepuasan yang penuh. Kemampuan untuk dapat melahirkan anak tidak membuktikan apa-apa kecuali bahwa Anda memang bisa melahirkan anak. Ada jauh lebih banyak lagi yang diperlukan untuk membuat seseorang menjadi seorang suami atau istri yang baik, menjadi seorang ibu atau ayah yang baik.
    Kepercayaan salah yang ketiga: "Tidak mempunyai anak merupakan hukuman Allah atas dosa."
    Yang Benar: Tidak demikian! Tidak dikaruniai anak bukanlah tanda bahwa Allah sedang menghukum dosa kita. Anak adalah karunia Allah, dan Allah memunyai banyak karunia lain yang bisa diberikan.
    Kepercayaan salah yang keempat: "Jika mereka berdoa dengan sungguh- sungguh, mereka pasti akan mendapatkan anak."
    Yang Benar: Tidak selalu! Jika sepasang suami istri mengasihi Allah, mereka harus percaya bahwa apa pun yang diberikan kepada mereka adalah yang terbaik, dan bukan terbaik nomor dua. Jika pasangan telah berkonsultasi dengan dokter yang baik dan sudah melaksanakan nasihatnya dan berdoa dengan sungguh-sungguh supaya diberikan anak - namun kemudian tidak ada anak yang dilahirkan, Tuhan memunyai sesuatu yang lebih baik bagi pasangan tersebut.

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   

[i-kan-misi] [e-JEMMi] Edisi 22/Mei/2012 -- Bungku di Indonesia

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-JEMMi -- Bungku di Indonesia
No.22, Vol.15, Mei 2012

SEKILAS ISI
RENUNGAN MISI: IMIGRAN YANG JADI PENGUASA
PROFIL BANGSA: BUNGKU DI INDONESIA
STOP PRESS: DAPATKAN BUNDEL BULETIN PARAKALEO!

Shalom,

Menjadi seorang pemimpin bukanlah sesuatu yang mudah, tapi kehidupan Yusuf selalu mengoreksi sekaligus memberi teladan dan semangat, ketika kita diperhadapkan dengan pembentukan yang terkadang membuat hati menjadi ciut. Dalam renungan misi di edisi ini, kami mengajak Anda untuk merenungkan perjalanan hidup Yusuf, ketika Tuhan membentuknya menjadi seorang pemimpin besar di Mesir.

Dalam kolom Profil Bangsa, kami mengajak Anda untuk menyimak profil suku Bungku di Pulau Sulawesi, Indonesia, dan berdoa bagi suku ini serta bagi kemajuan pekabaran Kabar Baik di tanah air.

Selamat menyimak dan berdoa. Tuhan Yesus memberkati!

Staf Redaksi e-JEMMi,
Yosua Setyo Yudo
< http://misi.sabda.org/ >


RENUNGAN MISI: IMIGRAN YANG JADI PENGUASA

Kita semua telah mendengar dan mengetahui kisah Yusuf. Ia adalah seorang imigran, tapi tak ada seorang pun yang menolak atau menyangsikan kemampuannya menjadi pemimpin. Bahkan, Firaun pun kagum dan berkata, "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah." (Kejadian 41:38) Kita pun setuju jika semua orang memuji dan ingin seperti dia. Mengapa? Sebab Yusuf memang layak dan pantas mendapatkan semua itu. Perbedaannya dengan Firaun hanyalah takhta kerajaan Mesir (Kejadian 41:40b). Tapi satu hal yang pasti, ia tidak mendapatkannya secara instan atau tiba-tiba. Ujian dan halangan demi halangan itulah yang membentuknya jadi pemimpin. Cara Yusuf menghadapi semua itulah yang membedakan serta membuktikannya sebagai pemimpin tulen. Nah, bukankah kita mau menjadi seperti Yusuf?

Seorang pemimpin tidak dilahirkan melainkan dibentuk. Demikian pula Yusuf. Ia menjadi seorang pemimpin karena ia mau dibentuk dan melakukan segala sesuatunya dengan sungguh-sungguh, tanpa memikirkan untung ruginya.

Sejak awal, Yusuf telah mengalami penolakan dari saudara-saudaranya yang membencinya, hanya karena ayah mereka lebih mengasihi Yusuf. Bahkan, mereka berikhtiar untuk membunuh Yusuf karena kepolosannya dalam menceritakan mimpi yang didapatnya. Pikirkan, apakah Yusuf menjadi orang yang minder dan tertolak? Ternyata tidak. Yusuf tidak membiarkan rasa mengasihani diri sendiri itu menguasainya dan lebih dari itu, Yusuf bahkan mengampuni dan merindukan saudara-saudaranya (Kejadian 41:51). Bayangkan, masihkah ada pelajar seperti Yusuf sekarang ini? Mungkin Anda adalah orangnya.

Yusuf adalah seorang anak kesayangan ayahnya, tetapi tanpa disangka-sangka, tiba-tiba ia menjadi seorang budak belian tanpa ia tahu alasannya. Menjadi orang asing dan sendirian tanpa ada saudara ataupun teman. Tapi, apa yang terjadi? Yusuf tidak mengeluh dan ia tidak meninggalkan Tuhan, melainkan ia menyatakan hubungannya yang intim dengan Tuhan, walaupun sendirian di negeri orang. Bagaimana dengan kita? Saat kita sendirian dan tanpa teman, apakah kita tetap berani membawa nama Yesus dan status Kristen pada lingkungan kita? Jadilah seperti Yusuf.

Di Mesir, Yusuf menjadi seorang budak yang dikasihi tuannya. Namun sekali lagi, dedikasi dan integritasnya yang takut akan Tuhan menjadikannya seorang narapidana tanpa ada pembelaan atau penghargaan karena sikapnya itu. Apakah Yusuf marah? Sayangnya, tidak. Ia tidak marah, pada Tuhan sekali pun. Apakah Yusuf tergoda akan rayuan istri Potifar? Yang terjadi adalah Yusuf lari dan tidak membiarkan dirinya melakukan dosa tersebut karena ia tidak mau mengambil keuntungan dari situasi saat itu. Inilah sikap yang harus ada pada kita, yang walaupun digoda beratus-ratus istri Potifar lewat pacaran, VCD, majalah, atau bahkan tempat pelacuran, tetap memilih untuk lari dan tidak membiarkan diri kita melakukan dosa. Kitalah pelajar yang berani membela nama Tuhan, dengan mengambil sikap bersih hati dan murni tangan di hadapan Tuhan. Ya, kitalah angkatan itu. Kembali, Yusuf yang menjadi seorang narapidana dan menafsirkan mimpi juru minuman dan juru roti, tidak membiarkan dirinya dikecewakan oleh orang yang telah diselamatkannya. Walaupun 2 tahun telah berlalu, Yusuf tetap percaya akan waktu Tuhan yang paling tepat baginya. Saat Tuhan itulah yang menjadikan Yusuf, tidak hanya sebagai mangkubumi di Mesir tetapi juga pemelihara kehidupan suatu bangsa yang besar (Kejadian 50:20). Sangat indah, bukan?

Ya, Tuhan tidak hanya membentuk Yusuf menjadi seorang yang rendah hati, tetapi juga orang yang bergantung penuh pada Tuhan. Ini baru pemimpin! Mari belajar dari Yusuf.

Diambil dan disunting seperlunya dari:
Judul Majalah: Abbalove, Edisi 6, Bulan 9, Tahun 1999
Penulis: Tidak dicantumkan
Penerbit: Abbalove Ministries, 1999
Halaman: 3 -- 5


PROFIL BANGSA: BUNGKU DI INDONESIA

Pendahuluan/Sejarah

Orang-orang Bungku (juga disebut "To Bungku") tinggal di wilayah Bungku Utara, Bungku Tengah, Bungku Selatan, dan Merui, di kabupaten Poso, provinsi Sulawesi Tengah. Mereka juga ada di beberapa daerah Sulawesi yang lain. Lebih jauh lagi, Orang-orang Bungku dibagi menjadi sub-sub kelompok seperti Lambatu, Epe, Rete, dan Ro'Uta. Bahasa yang digunakan oleh orang-orang Bungku adalah Bungku (sering kali disebut Bungku Laki), yang berada dalam kelompok bahasa yang sama dengan beragam bahasa Filipino. Bahasa ini dapat dibagi menjadi beberapa dialek, seperti Taa, Merui, dan Lalaeo. Masyarakat imigran di daerah ini menggunakan bahasa mereka sendiri, seperti bahasa Bugis, Bajo, dan Jawa. Banyak pernikahan yang terjadi antara orang-orang Bungku dan orang-orang imigran, sehingga hubungan antara kelompok-kelompok tersebut cukup baik di daerah ini. Pada masa lampau, orang Bungku hidup di wilayah-wilayah pedalaman yang terpencil dan memiliki sedikit hubungan dengan orang luar. Dengan pembangunan jalan raya Trans-Sulawesi, mereka telah lebih terbuka terhadap orang luar. Meskipun mereka penduduk dari Sulawesi Tenggara, budaya mereka sangat dipengaruhi oleh budaya Bugis. Menurut sejarah, banyak nenek moyang orang Bungku adalah kelompok orang Bugis yang bermigrasi ke wilayah tersebut.

Seperti Apa Kehidupan Mereka?

Orang-orang Bungku memiliki mata pencaharian sebagai petani. Mereka menanam beras, jagung, ketela sebagai hasil bumi utama mereka. Hasil bumi yang sekunder adalah kelapa serta sagu. Orang Bungku juga memanen damar dan rotan yang tumbuh di hutan-hutan lebat, yang masih ada di daerah tersebut. Secara khusus, tanah mereka kurang subur dibandingkan daerah lain di Sulawesi Tenggara. Dahulu, masyarakat Bungku dipisahkan menjadi tiga kelas. Para kepala desa membentuk kelompok elit. Orang-orang biasa membentuk kelompok menengah. Para buruh adalah kelompok terakhir dan terendah.

Apa Kepercayaan Mereka?

Mayoritas orang-orang Bungku telah memeluk Islam. Namun pada saat yang sama, kepercayaan animistis tradisional yang lebih tua masih tetap dijaga. Misalnya, mereka masih percaya pada berbagai macam roh-roh dan melakukan berbagai ritual, baik untuk menenangkan atau mengendalikan mereka. Mereka sering kali meminta seorang dukun (cenayang/tabib/okultis) untuk menjadi perantara antara diri mereka dengan roh-roh tersebut.

Apa Kebutuhan Mereka?

Saat ini, orang-orang Bungku membutuhkan pendampingan dan pelatihan untuk mengelola kelapa, damar, dan tanaman rotan dengan lebih profesional. Pelatihan oleh para profesional yang tidak akan mengeksploitasi orang-orang Bungku, akan menjadi sumbangan yang amat besar bagi perkembangan ekonomi mereka. Sampai sekarang, pengelolaan tanaman-tanaman ini telah dilakukan melalui sarana dan metode tradisional, yang telah terhambat oleh infrastruktur yang tidak memadai. Jalan-jalan yang menghubungkan ibukota kabupaten, Poso, dengan wilayah-wilayah perkebunan di sekitarnya, seperti Beteleme, Bungku, Lore Utara, dan Lore Selatan sangat kurang. Di atas semuanya itu, banyak investor dibutuhkan untuk mengembangkan daerah-daerah perkebunan ini. Pelayanan medis dan obat-obatan yang tidak mahal dibutuhkan di daerah pedesaan. Karena kesulitan keuangan dan faktor-faktor yang lain, orang-orang Bungku hanya mencari bantuan medis dalam kasus-kasus gawat darurat. (t/Anna)

Pokok Doa:

1. Berdoalah agar Tuhan menggerakkan pemerintah Indonesia untuk mengadakan penyuluhan-penyuluhan, demi memajukan sektor perkebunan dan ekonomi di daerah suku ini.

2. Doakan agar pemerintah dapat menyediakan infrastruktur yang memadai, jalan-jalan yang menghubungkan daerah tempat suku Bungku dengan ibukota kabupaten, dan wilayah-wilayah perkebunan yang lainnya, sehingga juga dapat membuka jalan bagi Kabar Baik agar lebih mudah diwartakan kepada mereka.

3. Doakan agar ada investor-investor yang berminat untuk menanamkan modal di daerah-daerah perkebunan ini, sehingga dapat mengembangkan sektor perekonomian.

4. Doakan agar Tuhan sendiri berperang melawan kuasa-kuasa kegelapan yang mengikat kehidupan orang-orang Bungku dalam bentuk okultisme dan kepercayaan-kepercayaan yang menyembah roh-roh jahat.

5. Doakan agar ada pelayanan misi yang tidak hanya mengabarkan tentang Kabar Baik, tetapi juga menyediakan pelayanan medis di tengah-tengah suku ini.

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Joshua Project
Alamat URL: http://joshuaproject.net/people-profile.php?rog3=ID&peo3=11019
Judul asli artikel: Bungku of Indonesia
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 24 Januari 2011


STOP PRESS: DAPATKAN BUNDEL BULETIN PARAKALEO!

Buletin Parakaleo berisi tulisan-tulisan dari penulis dan konselor Kristen yang telah berpengalaman dalam bidangnya, seperti Yakub Susabda, Esther Susabda, Paul Gunadi, dan Paul Soetopo. Buletin Parakaleo ini diterbitkan oleh Departemen Konseling Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia sejak tahun 1984 hingga tahun 2007 [buletin ini sekarang sudah tidak terbit lagi]. Saat ini tersedia bundel Buletin Parakaleo yang berisi 56 edisi (lengkap).

Jika Anda berminat untuk mendapatkan bundel buletin Parakaleo ini, silakan mengisi form pemesanan di bawah ini. Pesanan Bundel Parakaleo akan dikirim lewat pos ke alamat pemesan (mohon tulis alamat yang lengkap).

Sebagai ganti biaya cetak dan ongkos kirim, pemesan bisa memberikan sumbangan sukarela lewat transfer Bank:
Rekening: BCA Pasar Legi Solo
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati

----------------> potong di sini <-------------------
FORM PEMESANAN BUNDEL PARAKALEO

Nama Pemesan:
Alamat lengkap:
Kota:
Kode Pos:
No. HP:
Email:

Jumlah yang dipesan: .... bundel (masing-masing berisi 56 edisi -- lengkap)

----------------> potong di sini <-------------------

Kirimkan kembali form ini dan bukti transfer ke:
==> konsel(at)sabda.org

Atau kirimkan data Anda lewat SMS ke: 088-1297-9100


"WHEN WE SAY GO INTO THE WORLD TO OUR MISSIONARY WE MUST SAY THE SAME TO OUR DOLLARS"


Kontak: < jemmi(at)sabda.org >
Redaksi: Novita Yuniarti dan Yosua Setyo Yudo
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/misi >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-misi(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-misi(at)hub.xc.org >

Wednesday, May 30, 2012

RE: [i-kan-binaguru] Info SIL "FBI+Narnia" 22-23 juni 2012

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Aduh ... Ibu Mei,

Kepengen .. sekali ikut. Tapi kog ya jauh sekali. Kapan ya diadakan di Riau?
Kalau ada nanti, kabar-kabari ya.

God bless you.
Erni


-----Original Message-----
From: i-kan-binaguru@hub.xc.org [mailto:i-kan-binaguru@hub.xc.org] On Behalf
Of Meilania Chen
Sent: Wednesday, May 30, 2012 9:38 AM
To: Diskusi e-BinaGuru
Subject: [i-kan-binaguru] Info SIL "FBI+Narnia" 22-23 juni 2012

---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------

Dear friends ...

Menyambung info SIL (sekolah injil liburan) yang akan menampilkan
"FBI: Following Bible Instructions" dan "NARNIA", dan karena cukup
banyak rekan2 dari berbagai gereja yang bertanya pada saya .. berikut
saya summary kan saya beberapa info penting yang mungkin dibutuhkan:

Acara ini terbuka untuk anak2 usia SD kelas 4-6.

Acara ini JUGA TERBUKA bagi para Guru Sekolah Minggu yang ingin ikut
mengalami sendiri rasanya jadi anak sekolah minggu di SIL kali ini :-)
Mohon dicatat: peserta GSM akan dikelompokkan sendiri agar tidak
mengganggu aktivitas anak2. Namun GSM yang ikutan SIL akan dilayani
sama serunya seperti anak2 :-) Sooo .. kapan lagi nih, ada acara anak2
yang terbuka juga buat para GSM he3x ... Awalnya, panitia rada ragu
dengan ide ini, tetapi akhirnya panitia setuju bahwa dengan membuka
diri pada para GSM dari berbagai daerah / kota / gereja .. maka kami
akan bisa membagikan ide ini kepada teman2 semua .. sehingga pulang
dari acara ini, para GSM bisa mendapatkan inspirasi untuk melakukan
hal serupa (dan bahkan lebih heboh lagi !!) di gerejanya masing2.

Hari / Tanggal: Jumat, Sabtu / 22-23 juni 2012.
Waktu: 07.30 - 17.00

Lokasi: GII Hok Im Tong Mekar Wangi. Jl. Mekar Kencana 1 Bandung
(Gedung SD Bintang Mulia, Kompleks Mekar Wangi, Bandung)

Biaya: Rp. 200.000 / orang

Pendaftaran: Ibu Anne / telp: 022-6015276, 6016455 fax: 022-6015275
Deadline pendaftaran: 10 Juni 2012 atau bila tempat sudah terpenuhi
semua. Hingga hari ini peserta anak2 saja sudah lebih dari 400 anak.
Ini baru dari intern gereja saya, belum yang dari gereja2 lain. Bagi
rombongan yang berminat, harap segera mendaftarkan diri agar tidak
kehabisan tempat.

Yuk .. rame2 kita ikuti BIBLE ADVENTURE - dan temukan cara2
menyenangkan untuk belajar Firman Tuhan !!
Ditunggu kehadiran teman2 semua di Bandung yaaa ...

GBU all,
Moderator (meilania).

---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------



---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------

BULETIN DOA "OPEN DOORS" -- JUNI 2012

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

BULETIN DOA "OPEN DOORS" -- Juni 2012

Jumat, 1 Juni 2012 -- Ethiopia

Setelah berada di penjara selama 1,5 tahun, sepertinya mustahil bagi T untuk segera bebas. Meski mengalami ketidakadilan dan melewati begitu banyak kesulitan, Tuhan memakai T untuk melayani dan menguatkan banyak orang di penjara. Banyak yang akhirnya menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Berdoalah bagi T, agar Tuhan membelanya dan membebaskannya.

Sabtu, 2 Juni 2012 -- Uganda

Berdoalah bagi UM yang saat ini dirawat di Israel, setelah seorang ekstremis menyiram wajahnya dengan cairan asam. Berdoa bagi proses penyembuhan fisik dan emosional. Doakan juga agar Tuhan memampukannya untuk mengampuni orang yang telah menyerangnya.

Minggu, 3 Juni 2012 -- Sudan Selatan

Gereja Kristus Sudan tidak mendapatkan izin untuk mendirikan gedung di Khartoum. Berdoalah agar Tuhan membukakan jalan dan melembutkan hati pemerintah untuk memberikan izin, supaya gedung gereja bisa dibangun dan umat Tuhan dapat beribadah.

Senin, 4 Juni 2012 -- Sudan Selatan

Komisi Pendidikan di Khartoum dan Omdurman merencanakan untuk menutup sekolah-sekolah Kristen di ibukota. Berdoalah agar Tuhan menjamah hati para pembuat kebijakan dan menahan mereka yang meneruskan rencana ini.

Selasa, 5 Juni 2012 -- Kenya

Berdoalah bagi mitra-mitra kami yang melayani di daerah utara Kenya yang terkenal genting dan penuh kekerasan. Daerah ini terkenal dengan kelompok militer Al-Shabaab dan pasukan militer Kenya sedang melangsungkan serangan terhadap kelompok militan.

Rabu, 6 Juni 2012 -- Eritrea

Tetaplah mengingat umat Kristen Eritrea yang berada dalam penjara karena iman mereka. Berdoalah bagi mereka dan keluarga-keluarganya.

Kamis, 7 Juni 2012 -- Nigeria

Bersyukur pada Tuhan di tengah tantangan yang mereka hadapi, umat Kristen di Nigeria Utara tetap bertumbuh dalam imannya. Berdoalah agar Tuhan terus menguatkan, melindungi, dan memberkati gereja-Nya di Nigeria Utara.

Jumat, 8 Juni 2012 -- Nigeria

Berdoalah agar Tuhan terus menguatkan dan memberkati anak-anak Kristen yang dikucilkan di sekolah-sekolah. Berdoalah agar Tuhan menganugerahkan hikmat kepada orang tua mereka, agar dapat membantu dan menguatkan anak-anak ini.

Sabtu, 9 Juni 2012 -- Somalia

Berdoalah bagi "Secret Believers" di Somalia yang mengalami kesulitan setiap hari karena mereka hidup di tempat yang berbahaya. Jika identitas mereka sebagai pengikut Kristus diketahui, risikonya adalah nyawa.

Minggu, 10 Juni 2012 -- Tanzania

Berdoalah untuk proyek-proyek Open Doors di Tanzania, agar hasilnya membawa perubahan bagi pemimpin gereja dan umat Kristen di negara ini.

Senin, 11 Juni 2012 -- India

Open Doors telah membuka sebuah jaringan doa bagi umat Kristen yang teraniaya di India. Kami mengajak Anda untuk bersatu hati bersama kami. Mari kita terus berdoa bagi tubuh Kristus di India.

Selasa, 12 Juni 2012 -- India

Berdoalah bagi umat Kristen di Lembah Kashmir. Empat orang pendeta masuk dalam daftar "blacklist" sebuah pengadilan Shariah dan dilarang memasuki kawasan ini. Berdoalah agar gereja di India tetap kuat dalam iman mereka.

Rabu, 13 Juni 2012 -- Korea Utara

Berdoalah bagi pernikahan-pernikahan umat Kristen di Korea Utara. Banyak dari pasangan suami istri harus melewati tantangan sulit karena penderitaan yang harus mereka alami setiap hari.

Kamis, 14 Juni 2012 -- Korea Utara

Berdoalah bagi umat Kristen Korea Utara di China yang akhirnya menjadi pengikut Kristus, agar mereka dapat memiliki Alkitab ketika kembali ke Korea Utara.

Jumat, 15 Juni 2012 -- Korea Utara

Bersyukur pada Tuhan untuk pintu-pintu yang telah dibukakan bagi pelayanan Open Doors di Korea Utara. Umat Kristen Korea Utara sangat bersyukur untuk pelayanan ini. Mereka mengadakan ibadah doa malam untuk mengucap syukur pada Tuhan bagi setiap bantuan dan dukungan yang mereka dapat dari luar negeri.

Sabtu, 16 Juni 2012 -- China

Di beberapa bagian di China, agama dominan adalah sebuah agama yang menyembah ilah dan patung, serta Pantheisme. Berdoalah agar umat Kristen dapat terus menjadi garam dan terang, serta membawa kebenaran sejati bagi mereka yang belum pernah mendengar Kabar Baik.

Minggu, 17 Juni 2012 -- Bangladesh

Bulan Januari, penduduk desa di distrik Kushtia mengancam seorang guru dan menyerang istrinya karena menggunakan materi pengajaran agama Kristen. Berdoalah bagi perlindungan Tuhan untuk guru ini dan keluarganya.

Senin, 18 Juni 2012 -- Bangladesh

N tinggal di sebuah desa terpencil di Gazipur, 1,5 jam dari Ibu Kota, Dhaka. Ketika masih remaja, ia tidak bersekolah. "Saya sangat gembira ketika seorang guru datang ke desa kami, dan mengajarkan saya membaca dan menulis. Sekarang saya tidak akan mudah dibohongi orang lagi." Bersyukur pada Tuhan untuk kesaksiannya!

Selasa, 19 Juni 2012 -- Malaysia

Saudara dari latar belakang agama M di Malaysia harus menyembunyikan identitas mereka dari keluarga. Namun, perubahan sikap dan tingkah laku mudah terbaca. Jika hal ini terjadi, maka keluarga mereka akan memaksa mereka untuk kembali ke iman lamanya. Berdoalah agar mereka tetap menemukan kekuatan dalam Yesus.

Rabu, 20 Juni 2012 -- Malaysia

Umat Kristen di Malaysia diperbolehkan beribadah di gereja, memiliki Alkitab, dan berdoa. Namun ketika ditanya tentang imannya, mereka cenderung berhati-hati. Jika tertangkap berbicara tentang imannya pada umat dari agama lain, khususnya umat M, masalah menunggu mereka. Berdoalah agar Tuhan menganugerahkan hikmat bagi umatnya dalam menceritakan Kabar Baik.

Kamis, 21 Juni 2012 -- Filipina Selatan

Buta huruf di Filipina menyebabkan banyak umat Kristen dari suku Sama tidak dapat membaca firman Tuhan. Untuk membantu mereka, Open Doors mengadakan kelas baca tulis. Mereka yang sudah lulus kembali ke tengah masyarakat untuk menjadi guru. Berdoalah untuk program ini.

Jumat, 22 Juni 2012 -- Nepal

Umat Kristen adalah kelompok minoritas di Nepal. Mereka sering mengalami diskriminasi dan kekerasan. Keluarga menentang dan menjauhi mereka. Berdoalah bagi umat Kristen di Nepal, yang dipaksa dan ditekan untuk menyangkal iman mereka.

Sabtu, 23 Juni 2012 -- Indonesia

Di beberapa tempat di Jawa, penutupan gereja menjadi masalah yang cukup serius. Bulan Februari lalu, pemerintah lokal menutup tiga gereja di Jawa Barat. Berdoalah agar pemimpin gereja bertindak bijaksana dalam menghadapi ancaman dan mengambil keputusan.

Minggu, 24 Juni 2012 -- Laos

Umat Kristen di Laos tidak banyak yang memiliki Alkitab karena mereka miskin dan tidak dapat membeli Alkitab; ditambah lagi percetakan dan distribusi Alkitab adalah pelanggaran. Mereka yang ingin memiliki Alkitab harus pergi ke Thailand dan membelinya di sana. Berdoalah agar Tuhan mengirimkan Alkitab bagi mereka yang rindu untuk memiliki dan membaca firman Tuhan.

Senin, 25 Juni 2012 -- Bhutan

Pemimpin gereja rumah mengunjungi jemaat mereka di hari-hari kerja, mereka berjalan dari desa ke desa. Pelayanan yang berbahaya dan sulit. Berdoalah untuk perlindungan Tuhan saat mereka melakukan perjalanan dan melakukan pelayanan.

Selasa, 26 Juni 2012 -- Bhutan

Banyak pendeta yang bergumul untuk mendapatkan tempat ibadah. Mereka akhirnya mengumpulkan jemaat untuk beribadah di rumah kontrakan mereka sendiri. Namun jika pemilik rumah yang bukan Kristen mengetahui hal ini, mereka bisa diusir. Berdoalah bagi para pemimpin gereja dalam menghadapi situasi ini.

Rabu, 27 Juni 2012 -- Myanmar

D adalah umat Kristen dari latar belakang agama M. Ia mendengar Kabar Baik dari seorang keluarga yang pernah dilayani oleh seorang utusan Injil. Ia rindu untuk terus mendengar firman Tuhan. Berdoalah untuk D yang telah membuka hatinya bagi Yesus.

Kamis, 28 Juni 2012 -- Myanmar

Untuk mendapatkan izin membuka gereja adalah sebuah hal yang panjang dan memakan waktu. Prosedur dan birokrasi sangat sulit, serta biaya yang diperlukan cukup tinggi. Karena itu, banyak pemimpin gereja yang terpaksa mengadakan pertemuan ibadah rahasia. Berdoalah agar Tuhan memberikan perlindungan bagi tubuh-Nya di Myanmar.

Jumat, 29 Juni 2012 -- Brunei

Umat Kristen berhadapan dengan risiko berat ketika menyaksikan iman mereka. Mereka bergumul ketika Tuhan mengirimkan saudara dari latar belakang agama M, yang bertanya tentang iman Kristiani dan memiliki kerinduan untuk mengenal Yesus. Berdoalah agar mereka dianugerahkan hikmat dan keberanian untuk membagikan Kabar Baik.

Sabtu, 30 Juni 2012 -- Vietnam

Motor adalah kendaraan yang sangat berguna bagi pemimpin gereja dan pelayan Tuhan di Vietnam. Dua kali dalam sebulan, mereka bepergian untuk mengunjungi jemaat dan memimpin ibadah. Tahun ini, Open Doors menyediakan delapan motor bagi mereka. Berdoalah agar pelayanan mereka semakin berbuah untuk kemuliaan Tuhan.


Kontak: < doa(at)sabda.org >
< http://www.opendoors.org >
< http://misi.sabda.org/yayasan_obor_damai_indonesia >
< http://www.sabda.org/publikasi/opendoors >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >

(e-RH) Mei 31 -- SENTUHAN KASIH

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 31 Mei 2012
Bacaan : Galatia 6:1-10
Setahun: 2 Tawarikh 1; Mazmur 72
Nats: Saudara-saudara, kalaupun seseorang kedapatan melakukan suatu
pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke
jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu
sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan (Galatia 6:1)

Judul:

SENTUHAN KASIH

Anda pernah terpeleset dan jatuh? Saat menyusuri rawa untuk suatu
tugas, tanpa sengaja saya menginjak batu yang licin. Keseimbangan
saya goyah dan jatuh terpeleset. Tangan dan kaki lecet; badan basah
penuh lumpur. Kala itu, ada rekan yang tertawa; ada yang
"berkhotbah" panjang; ada pula yang tak peduli dan memaksa
melanjutkan perjalanan membuat saya tak nyaman. Namun, ada juga
rekan yang mengulurkan tangan; menawari untuk membawa sebagian
perlengkapan saya; atau berhenti menemani sampai saya siap
melanjutkan perjalanan. Mereka meringankan beban saya dan membuat
saya berbesar hati.



Bagaimana sikap yang benar saat menjumpai orang yang terpeleset,
jatuh dalam dosa? Paulus menasihati jemaat Galatia agar dengan lemah
lembut mereka membimbing orang-orang yang "terpeleset" kembali ke
jalan yang benar (ayat 1) dan bertolong-tolongan menanggung beban
(ayat 2). Menariknya, Alkitab versi Firman Allah Yang Hidup (FAYH)
menuliskan: "Ikutlah merasakan kesukaran dan kesulitan orang lain
(ayat 2a). Kehadiran dan pertolongan kita merupakan sarana sentuhan
kasih yang nyata bagi orang lain yang tengah jatuh. Sebab itu, kita
tak boleh jemu melakukannya (ayat 9).



Respons kita terkadang menunjukkan tingkat kepedulian kita pada
orang lain. Ada orang, sengaja atau tidak, pernah "terpeleset" ke
rawa dosa. Dan, itu membuat terluka. Bukan cemoohan, khotbah
panjang, atau membiarkan mereka seorang diri, melainkan uluran
tangan penuh kasih. Kiranya Roh Kudus memberi kepekaan akan
kebutuhan orang lain serta kelemahlembutan untuk "mengangkat" dari
kejatuhan lewat sentuhan kasih kita kepada mereka. --SCL

ULURAN KASIH KITA KEPADA SAUDARA YANG MENGALAMI KEJATUHAN
AKAN MENOLONGNYA BANGKIT DARI KETERPURUKAN.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-05-31
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/05/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/05/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Galatia+6:1-10

Galatia 6:1-10

1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu
pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke
jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu
sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu
memenuhi hukum Kristus.
3 Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama
sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri.
4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia
boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat
keadaan orang lain.
5 Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.
6 Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi
segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan
pengajaran itu.
7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan.
Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.
8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai
kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh,
ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.
9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah
datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi
lemah.
10 Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita
berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada
kawan-kawan kita seiman.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+1
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+1
http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+72


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Fwd: [i-kan-binaguru] Kemampuan otak tak terhingga.

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   
Setuju pak Wals, hanya ada tambahan, dari pengalaman sebagai guru:

- Peran orangtua sangat berpengaruh. Banyak anak2 dr orang berada tetapi jarang ketemu kedua orangtua karena mereka berdua sibuk, bahkan ada salah seorang anak sy yang tinggal hanya dengan supir dan pembantu.

- Orangtua cenderung 'mencampakkan' anaknya ke sekolah, menganggap guru adalah babysitter anaknya dan tidak ingin repot2 mencarikan anaknya sekolah yg cocok sesuai cara belajar anak tersebut.

- Sistem pendidikan kita masih standar - menyama-ratakan setiap anak karena pada akhirnya anak2 harus mengikuti Ujian Nasional.

- Guru2 dikejar materi ajar yang begitu banyak harus diselesaikan.

- Kurikulum nasional yg membebankan anak u/ belajar bermacam2 pelajaran tetapi hanya dalam waktu singkat. Akan lebih baik jika waktu pelajaran di kelas diperpanjang tetapi jumlah mata pelajaran dikurangi sehingga guru bebas berkreasi dan punya waktu cukup u/ mentransfer pengetahuan tidak hanya melalui class instruction tapi juga lab demo atau bahkan permainan.

- Pandangan orang Indonesia harus diubah untuk mau menerima perubahan. Saya pernah menjadi GSM, dan ada beberapa rekan GSM yang dengan santai mencap anak ini 'bodoh', anak itu 'pintar', hanya berdasarkan cara anak2 merespon pelajaran Sekolah Minggu dengan antusias atau acuh tak acuh.

2012/5/21 walsinur silalahi <walsinur.silalahi@yahoo.com>
---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Dear all,

Penelitian  tentang otak menunjukkan bahwa otak manusia paling sedikit terdiri dari 100 milyar sel otak aktif. Dalam setiap menit,sel-sel otak itu mampu menciptakan sambungan baru tidak kurang 100 ribu jalur. Dengan potensi yang begitu besar,tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak menjadi cerdas.


---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo