Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, October 10, 2012

[e-Buku] Edisi 108/Oktober 2012 -- Kesehatan (I)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Buku -- Kesehatan (I)
Edisi 108/Oktober 2012

DAFTAR ISI
RESENSI 1: MENGAPA SAYA SAKIT?
RESENSI 2: APAKAH ALLAH INGIN SAYA SEHAT?
TIP: BAGAIMANA MEMBACA SELURUH BUKU DALAM SEHARI
STOP PRESS: DAPATKAN KUMPULAN BAHAN NATAL DI NATAL.SABDA.ORG DAN INTERNATIONAL DAY OF PRAYER FOR THE PERSECUTED CHURCH (IDOP)

Salam kasih,

Dewasa ini, kesehatan menjadi sesuatu yang mahal harganya. Kekayaan materi sebanyak apa pun, bila tidak ditunjang dengan kesehatan fisik, akan menjadi sia-sia. Tuhan Yesus sendiri tidak berjanji bahwa kita akan terbebas dari sakit-penyakit selama kita hidup di dunia. Terkadang, Ia mengizinkan kita mengalami sakit untuk beberapa saat, supaya kita menyadari betapa besar kasih Tuhan dan terus mengandalkan-Nya di setiap aspek kehidupan kita. Bahkan saat kita sakit, tangan kasih-Nya dan pemeliharaan-Nya semakin nyata terasa.

Sebagai umat Kristen, kita harus bijaksana dalam menjaga kesehatan kita baik rohani maupun jasmani. Untuk membantu Anda, e-Buku edisi kali ini menyajikan dua buah resensi buku bertemakan kesehatan. Tidak hanya itu, bila Anda ingin selesai membaca buku selama sehari, jangan lewatkan tip yang dapat Anda baca dalam edisi ini juga. Semoga sajian kami menjadi berkat bagi Anda.

Staf Redaksi e-Buku,
Ami Grace Y.
< http://gubuk.sabda.org/ >


"Anak-anak dibentuk menjadi pembaca di atas pangkuan orang tua mereka." (Emilie Buchwald)


RESENSI: MENGAPA SAYA SAKIT?

Judul buku: Mengapa Saya Sakit?
Judul asli: --
Penulis/Penyusun: Andreas Christanday
Penerjemah: --
Editor: --
Penerbit: PT. Panji Graha, Semarang 2002
Ukuran buku: 9,5 x 14 cm
Tebal: --
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Seandainya kita diberi pilihan antara sakit atau sehat, tentu saja tidak ada seorang pun dari kita yang akan memilih sakit. Sakit seringan flu pun tidak akan ada yang memilih, bukan? Semua orang ingin senantiasa sehat, tetapi suatu ketika dia pasti pernah mengalami sakit. Kemudian, muncul pertanyaan, "Mengapa saya sakit?"

Sakit-penyakit yang dialami manusia disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan manusia bisa sakit? Anda dapat menemukan jawabannya di dalam buku karangan Andreas Christanday ini. Salah satu faktor yang menyebabkan manusia bisa sakit menurut isi buku ini adalah dosa. Buku ini tidak hanya menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan orang sakit, tetapi juga mengapa orang sakit belum sembuh. Buku ini sangat enak dibaca karena disusun seperti sebuah buku renungan, diawali dengan landasan ayat Alkitab lalu diteruskan dengan adanya penjelasan dan suatu ilustrasi, kemudian diakhiri dengan refleksi. Apalagi bahasa yang digunakan juga sederhana. Menarik!

Buku ini sangat tepat diberikan kepada orang sakit atau dibacakan dalam pelayanan visitasi orang sakit. Namun demikian, orang sehat pun perlu membaca buku ini, sehingga tetap bijak dalam menjaga kesehatan.

Peresensi: Sri Setyawati


RESENSI 2: APAKAH ALLAH INGIN SAYA SEHAT?

Judul buku: Apakah Allah Ingin Saya Sehat?
Judul asli: Discovery Series Bible Study: "Does God Want Me Well?"
Penulis/Penyusun: Herb Vander Lugt
Penerjemah: Janni Hadi, Fenny Veronika
Editor: Merry Debora
Penerbit: RBC Ministries
Ukuran buku: 15 x 21 cm
Tebal: 43 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh orang percaya mengenai sakit yang dialaminya. Pertanyaan tersebut antara lain, apakah Allah memakai penyakit dalam kehidupan manusia untuk membangun karakter? Apakah ini konsisten dengan sifat Allah yang pengasih? Apa yang harus kita pikirkan ketika kita atau seseorang menderita suatu penyakit? Dan sebagainya. Semua pertanyaan tersebut biasanya muncul dalam penderitaan akibat sakit yang kita atau orang terdekat alami.

Buku yang diterbitkan oleh RBC Ministries ini berisi perenungan-perenungan yang menunjukkan pengajaran Alkitab tentang penyembuhan. Isi buku ini dibagi dalam 4 bab, yang berisi kepastian tak terbantahkan yang dapat diandalkan oleh setiap anak Tuhan ketika mengalami kesakitan dan penderitaan. Selain berisi artikel yang menjelaskan kepedulian Allah atas kesehatan manusia, di setiap bab Anda dapat membaca bahan untuk PA yang terkait dengan masalah kesehatan juga. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menolong kita untuk mengerti pesan Tuhan Yesus mengenai kesehatan kita, namun juga mengajak kita untuk merefleksikan firman Tuhan dalam kehidupan rohani kita. Silakan menyimaknya.

Peresensi: Sri Setyawati


TIP: BAGAIMANA MEMBACA SELURUH BUKU DALAM SEHARI

1. Satu Buku Sehari

Pastikan buku tersebut kira-kira memiliki 200-300 halaman. Jika Anda ingin mencoba membaca buku-buku tebal seperti "War and Peace" (yang tebalnya kira-kira 1500 halaman) tentu tidak mungkin. Namun, membaca buku tipis yang mudah dibaca seperti "Siti Nurbaya" dapat dilakukan dalam sehari.

2. Selesai dengan Satu Buku

Buatlah diri Anda senyaman mungkin. Pastikan Anda duduk di kursi yang nyaman dan sediakan secangkir teh atau kopi. Lingkungan yang tenang dan nyaman dapat membuat Anda semakin termotivasi untuk terus membaca.

3. Jangan Terlalu Berlebihan

Jangan mencoba untuk membaca buku hingga selesai dalam sekali tempo. Anda akan merasa sangat bosan, mata Anda akan merasa lelah, lalu Anda tidak bisa berkonsentrasi lagi.

4. Makan, Baru Baca

Bacalah buku di sela-sela waktu luang Anda. Contohnya, nikmatilah sarapan Anda terlebih dulu, kemudian membaca, mandi, lalu membaca lagi, kemudian berangkat ke kantor dengan kendaraan umum sambil membaca lagi. Anda paham, bukan?

5. Manfaatkan Waktu Luang

Berbicara soal naik kendaraan umum, perjalanan pulang pergi kantor merupakan waktu yang sangat tepat untuk membaca buku, khususnya jika perjalanan tersebut jauh. Bacalah buku Anda dalam perjalanan ke kantor, selama istirahat makan siang, dan dalam perjalanan pulang. Dan, satu buku pun selesai dibaca dengan mudah!

Yang Harus Diperhatikan

Untuk buku-buku nonfiksi, bacalah masing-masing paragraf sepintas lalu saja. Cobalah untuk membaca baris pertama dari masing-masing paragraf dan bacalah hanya bagian yang Anda anggap menarik!

Untuk buku-buku fiksi, membaca sepintas lalu tidak terlalu efektif karena Anda akan kehilangan alur ceritanya.

Bagilah buku Anda menjadi beberapa bagian dan selesaikanlah masing-masing bagian pada saat yang bersamaan. Sebagai contoh, sebuah buku dengan 300 halaman dapat dibagi menjadi 3 bagian yang masing-masing terdiri atas 100 halaman. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: e-How
Alamat URL: http://www.ehow.com/how_4701838_read-whole-book-one-day.html
Judul asli artikel: How to Read a Whole Book in One Day
Penulis: Kontributor e-How
Tanggal akses: 2 Agustus 2012


STOP PRESS: DAPATKAN KUMPULAN BAHAN NATAL DI NATAL.SABDA.ORG DAN INTERNATIONAL DAY OF PRAYER FOR THE PERSECUTED CHURCH (IDOP)

1. DAPATKAN KUMPULAN BAHAN NATAL DI NATAL.SABDA.ORG

Kami yakin Anda yang aktif di pelayanan pasti sudah mulai berpikir untuk mempersiapkan Natal, bukan? Nah, dengan gembira kami menginformasikan bahwa Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah menyediakan wadah di situs "natal.sabda.org" bagi setiap pelayan Tuhan, agar bisa saling berbagi bahan-bahan Natal dalam bahasa Indonesia. Ada banyak bahan yang bisa didapatkan, seperti Renungan Natal, Artikel Natal, Cerita/Kesaksian Natal, Drama Natal, Puisi Natal, Tips Natal, Bahan Mengajar Natal, Blog Natal, Resensi Buku Natal, Review Situs Natal, e-Cards Natal, Gambar/Desain Natal, Lagu Natal, dan bahkan sarana diskusi tentang topik Natal.

Yang istimewa adalah situs "natal.sabda.org" dirancang sebagai situs yang interaktif, sehingga pengunjung dapat mendaftarkan diri untuk berpartisipasi aktif dengan mengirimkan tulisan, menulis blog, memberikan komentar, dan mengucapkan selamat Natal kepada rekan pengunjung lain. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs "natal.sabda.org". Mari berbagi berkat pada perayaan hari kedatangan Kristus ke dunia 2000 tahun yang lalu ini dengan menjadi berkat bagi kemuliaan nama-Nya.

==> http://natal.sabda.org/

2. INTERNATIONAL DAY OF PRAYER FOR THE PERSECUTED CHURCH (IDOP)

Pada bulan kegiatan IDOP, gereja-gereja, dan umat Kristen di seluruh dunia berdoa bersama bagi gereja Tuhan yang teraniaya. Tahun ini, kegiatan IDOP akan dilaksanakan secara serempak pada bulan November 2012.

Kami mengajak Anda, para gembala sidang, pengajar, pemimpin, kaum muda, pendoa syafaat, dan semua orang percaya untuk dapat bergabung dalam acara doa bersama ini. Informasi lebih lanjut tentang acara IDOP, bisa dilihat di < www.persecutedchurch.org >


Kontak: < buku(at)sabda.org >
Redaksi: Sri Setyawati, Ami Grace Y., dan Yonathan Sigit P.
Tim Editor: Davida Welni Dana, Novita Yuniarti, dan Santi Titik Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/buku >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo