Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, August 3, 2012

[i-kan-binaguru] Manusia bunglon

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Manusia  Bunglon.
Apa yang identik dengan bunglon? Berubah warna. Bunglonlah yang paling mahir merubah warnanya. Kalau dia didaun ,warnanya berobah menjadi warna daun.Kalau dia di pohon,warnanya berobah jadi pohon.Begitulah sifat bunglon. Disatu sisi ada baiknya,oleh karena Tuhan memberi kemampuan berubah untuk melidunginya dari serangan musuh.
Hal yang lucu adalah kalau manusia mempunyai sifat bunglon. Berubah-ubah tanpa dasar. Tentu segala hal di dunia ini berubah termasuk manusia.Namun bukan perubahan seperti bunglon yang saya maksud.
 
Manusia bersifat bunglon adalah manusia yang tidak memiliki pendirian tetap. Selalu hidup mengikuti arus. Arus kekiri,dia ikut ke kiri.Arus ke kanan,dia ikut ke kanan. Arus muter,dia ikut muter sampai pusing. Tidak memiliki pendirian hidup. Berubah-ubah bukan karena sadar,tetapi karena ikut-ikutan, Takut dikatakan banci. Padahal banci saja berani mengambil sikap. Manusia bunglon adalah manusia yang tidak memiliki prinsip hidup yang kuat. Akibatnya dia dilibas trend. Senang kalau hidup sesuai dengan trend. Kemungkinan besar karena dia tidak memiliki tujuan hidup yang jelas.Tidak memiliki nilai sebagai filter dan tolok ukur hidupnya.
Intinya manusia bunglon adalah type orang yang tidak berani menunjukkan dirinya. Kalau bunglon berubah sebagai taktik mengelabui musuh. Manusia bunglon berubah justru karena ia diketahui musuh. Mudah diperangkap. Mudah dipermainkan arus.
Di gereja juga ada orang muda  bersifat bunglon. Hanya bisa ikut-ikutan arus yang diciptakan seniornya atau pemimpinnya. Tidak berani mengambil jalan yang berbeda. Kalaupun berani,kebanyakan tidak konsisten. Berubah sebab diatur trend. Tidak belajar mengambil sikap sendiri. Jika arah gaya sekarang bergereja itu berarti ke gereja besar,klien muda ikutan latah pindah ke gereja besar. Jika trend sekarang mencari pemimpin gereja yang terkenal,mereka ikutan pindah mencari pemimpin gereja yang sering muncul di TV.
 
Memulai p[ergerakanpun hamper sama semangatnya. Semangat hangat-hangat tai ayam. Hangat hanya sebentar,baunya yang lama. Jika sekarang sedang trend transformasi,semua sibuk membuat program transformasi instan. Sedikit-sedikit transformasi. Ada perobahan didalam bangsa,langsung diaku akibat transformasi. Hamba Tuhan pakar transformasi langsung laris manis sepertikacang goreng. Namun hanya beberapa bulan.Setelah itu mendingin.
 
Waktu gereja lain sibuk bergereja rumah,ada orang lain ikut latah bergereja rumah. Gerejayang lama ditinggalkan dianggap kuno dan tidak mendukung pergerakan Tuhan. Saling menonjolkan diri siapa yang terdepan dan yang paling benar. Toh,setelah itu suaranya pun mulai pudar.
 
Gereja lain sibuk KKR,mereka latah membuat KKR tandingan. Gereja lain sibuk  pasang iklan  kebaktian melalui radio,ikutan juga pasang iklan. Semanagt hanya sebatas mengikut arys saja.
Pergerakan bukanlah pergerekan jika tidak ada yang dihasilkan secara nyata. Tuhan tidak pernah membuat pergerakan hanya disebabkan karena sedang trend. Namun, lebih karena untuk menjawab kebutuhan. Selama pergerakan hanya hanya sibuk dibungkus dalam konsep acara dan program maka pergerakan itu sudah mengarah kepada sebuah symbol tertentu saja. Bukanlah dalam arti pergerakan yang sebenarnya.
Wals

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo