Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Thursday, April 19, 2012

[e-Penulis] Edisi 108/April/2012 -- Teknik Menulis Bebas (II)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Penulis -- Teknik Menulis Bebas (II)
Edisi 108/April/2012

DAFTAR ISI
DARI REDAKSI: LAKUKAN SATU PERSATU
TIP MENULIS: TEKNIK MENULIS BEBAS
TOKOH PENULIS: GILBERT MORRIS
PENA MAYA: CHRISTIAN WRITERS GUILD
STOP PRESS: DVD LIBRARY SABDA ANAK 1.2


DARI REDAKSI: LAKUKAN SATU PERSATU

Shalom!

Dalam buku "Creative Wisdom for Writers" yang ditulis oleh Roland Fishman, ada sebuah kalimat yang berbunyi: "Writing and editing are separate tasks. Mix them at your peril." Terjemahan dari kalimat itu kira-kira: "Menulis dan menyunting adalah dua tugas yang berbeda. Lakukanlah secara bersamaan jika Anda ingin menempatkan diri Anda dalam kesulitan." Kalimat ini berhubungan erat dengan apa yang telah redaksi sajikan pada edisi e-Penulis yang lalu tentang teknik menulis bebas, karena seorang penulis sejatinya tidak boleh melakukan penyuntingan ketika ia sedang menulis. Penyuntingan yang dilakukan pada saat menulis, hanya akan mematikan semangat dan akan menjebak sang penulis di baris atau paragraf yang sama untuk waktu yang lama.

Karena itu, pada edisi ini kami mengajak Sahabat e-Penulis untuk mempraktikkan teknik tersebut, dan tidak membiarkan "editor internal" kita mengacaukan semangat dan suasana hati untuk berkarya. Simak juga biografi seorang penulis Kristen yang terkenal sangat produktif -- Gilbert Morris, dalam menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan bermutu. Pada Kolom Pena Maya, redaksi menyajikan ulasan mengenai situs Christian Writers Guild, yang kami harap akan dapat menambah wawasan Sahabat dalam hal tulis menulis. Akhirnya, selamat menikmati sajian kami di edisi ini, Tuhan memberkati!

Pemimpin Redaksi e-Penulis,
Yosua Setyo Yudo
< yudo(at)in-christ.net >
< http://pelitaku.sabda.org >


"Siapa saja bisa menjadi penulis. Kuncinya adalah teruslah menulis."


TIP MENULIS: TEKNIK MENULIS BEBAS

Apakah Anda memiliki kesulitan dalam menuangkan ide-ide Anda ke atas kertas? Cobalah teknik berikut ini.

1. Bersihkan pikiran Anda. Tenangkan diri Anda, lupakan semua aturan yang mencakup aturan tata bahasa, sebab inilah bagian yang paling penting dari latihan ini.

2. Tentukan batas waktu bagi Anda sendiri. Jika Anda adalah penulis pemula, cobalah selama 10 menit. Jika Anda seorang penulis yang lebih berpengalaman, cobalah untuk menulis selama 20 menit. Ada pula yang menyarankan sesi menulis yang lebih lama, yaitu 45 menit sampai satu jam. Namun, saya menemukan bahwa batas waktu yang lebih dari 20 menit akan menjadi tidak efektif, sebab yang akan dihasilkan hanyalah bagian-bagian dari ide-ide yang tercecer di sana-sini dan jauh terpisah dari fokus utama, sehingga si penulis tidak dapat memakainya untuk karya tulis yang diinginkannya.

3. Setelah Anda menetapkan batas waktu, MULAILAH MENULIS. Jangan berhenti. Jika Anda salah menulis ejaan sebuah kata, jangan kembali untuk membetulkannya. Sekalipun ide di kepala Anda memudar, TETAPLAH MENULIS. Hal ini sangat krusial bagi latihan ini. Bahkan, jika Anda tidak memiliki apa pun dalam benak Anda, tulislah "SAYA TIDAK MEMILIKI APA PUN DALAM PIKIRAN SAYA, SAYA TIDAK MEMILIKI APA PUN DALAM PIKIRAN SAYA, SAYA TIDAK MEMILIKI APA PUN DALAM PIKIRAN SAYA." Anda dapat menulisnya berulang-ulang, sebab hal itu boleh-boleh saja. Apa yang Anda lakukan itu membebaskan pikiran Anda, dan pada akhirnya akan memunculkan sesuatu dari benak Anda, sekalipun Anda harus melakukan beberapa sesi menulis bebas.

4. Jika batas waktu itu telah habis, BERHENTILAH MENULIS. Jangan tulis apa pun. Kemudian, kembalilah ke halaman awal. Bacalah perlahan dan garis bawahi seluruh ide-ide yang muncul ke permukaan selama sesi menulis itu, yang menyinggung karya tulis yang sedang Anda kerjakan tersebut. Jika hasil menulis bebas ini masih terlalu luas untuk digunakan, ambillah waktu untuk beristirahat. Cobalah sesi kedua, tetapi cobalah untuk tetap berfokus kepada topik yang sedang Anda tulis.

Menulis bebas adalah sebuah teknik yang penting dan menguntungkan bagi penulis mana pun, tetapi secara spesifik sengaja diperuntukkan bagi penulis nonlinear. Teknik ini memampukan pikiran untuk memunculkan ide-ide, yang biasanya tidak akan muncul ke permukaan ketika menggunakan kerangka kerja yang linear. (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: www.lynchburg.edu
Alamat URL: http://www.lynchburg.edu/x2583.xml
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 21 Desember 2011


TOKOH PENULIS: GILBERT MORRIS

Tak diragukan lagi, Morris adalah penulis Kristen yang paling terkenal [di Amerika] pada masa ini. Ia telah menerbitkan 25 artikel ilmiah, lebih dari 200 puisi, dan lebih dari 80 novel. Penggemarnya terpesona oleh kemampuannya dalam menyisipkan karakter-karakter fiksi yang kuat ke dalam peristiwa-peristiwa bersejarah Amerika. Seri novel karangannya yang paling terkenal, "The House of Winslow", bercerita tentang pertumbuhan dan kehidupan keluarga Winslow sejalan dengan berkembangnya sejarah Amerika. Penyelidikan Morris yang amat cermat, membuat jalanan New York yang kasar, kotor, dan berdebu di awal abad 20 "dibangkitkan" kembali, dan pemahamannya mengenai jiwa manusia menghidupkan karakter-karakter ciptaannya yang masuk akal, baik dalam kekuatan maupun kelemahan mereka masing-masing. Tak heran, jika penggemar tulisannya melahap karyanya lebih cepat dari waktu yang dibutuhkannya untuk berkarya.

Sebagai salah satu dari penulis yang paling produktif saat ini, Gilbert Morris menjelaskan bagaimana ia tetap produktif: "Saya tidak membiarkan layar komputer yang kosong mengintimidasi saya," ujarnya. "Saya tidak pernah menunggu inspirasi datang, saya akan tetap menulis. Jika saya memiliki dua bab untuk ditulis pagi ini, maka saya akan menulis sepanjang dua bab. Dan tiga bab siang hari ini! Menulis adalah kerja keras dan membutuhkan kebulatan tekad, dan saya benar-benar menghabiskan waktu saya untuk menulis. Saya sama sekali tidak memiliki rahasia."

Sukses yang diraihnya juga bukanlah rahasia! Seri "House of Winslow" yang ditulisnya, yang terdiri dari 30 buku, sudah terjual lebih dari setengah juta kopi. Dalam beberapa kesempatan, ia juga menjadi finalis untuk penghargaan Gold Medallion [penghargaan tahunan yang diberikan oleh ECPA]. Morris juga telah menerima lima penghargaan Angel Awards, tiga untuk "the Winslow House" dan dua untuk "Appomatox Saga". Pada tahun 1978, ia menerima Cloverleaf's National Award dalam kategori Puisi. Namun demikian, Morris tidak menanggap semua ini sebagai akhir. Pada umur yang sebagian besar orang berencana untuk pensiun, Morris justru tidak memiliki keinginan untuk berhenti. Dengan yakin ia berkata, "Saya tidak akan pensiun!" -- ia sangat mencintai pekerjaannya, bahkan setelah operasi jantungnya baru-baru ini, Morris segera kembali menulis untuk menghasilkan karya fiksi sejarah khasnya.

Morris memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Inggris yang luar biasa. Ketika kuliah, ia mengambil jurusan Bahasa Inggris di Arkansas State College. Di perguruan tinggi itu juga, ia mengambil gelar Masternya sebelum pindah ke University of Arkansas untuk mengambil gelar Ph.D. di bidang yang sama. Sebelum menjadi penulis yang terkenal, Morris sempat menjadi pendeta di gereja Baptis, dan mengajar Bahasa Inggris sebagai professor di Ouchita Baptist University serta Jimmy Swaggert Bible College. Sekarang "Gil" mengabdikan dirinya menjadi penulis penuh waktu. Ia dan istrinya Johnnie, tinggal di Orange Beach, Alabama. Mereka memiliki tiga anak, Stacy, Alan (yang juga seorang penulis), dan Lynn. (t/Yudo)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:
Nama situs: www.christianbook.com
Alamat URL: http://www.christianbook.com/html/authors/342.html
Penulis: tidak dicantumkan
Tanggal akses: 29 Maret 2012


PENA MAYA: CHRISTIAN WRITERS GUILD

Christian Writers Guild adalah salah satu dari sekian banyak situs kepenulisan Kristen yang bertujuan untuk mendorong para penulis Kristen untuk berkreasi dan memperluas wawasan mereka. Situs ini diprakarsai oleh Jerry B. Jenkins, seorang penulis fiksi Kristen yang terkenal dengan seri novel karangannya, "Left Behind", dan dikelola oleh sejumlah staf yang berprofesi sebagai penulis pula. Di situs ini, para pengunjung disuguhi begitu banyak artikel yang berkaitan dengan dunia kepenulisan, mulai dari tip untuk menerbitkan karya sampai resensi buku. Tak hanya itu, situs berbahasa Inggris ini juga menawarkan pelatihan-pelatihan, tantangan menulis, dan webinar (seminar via internet) yang berkaitan dengan dunia tulis menulis.

Jadi, jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan ingin menambah wawasan Anda dalam dunia tulis menulis, Anda bisa mengunjungi situs ini sekarang juga. Selamat berkunjung, selamat belajar. (YSY)

==> www.christianwritersguild.com/


STOP PRESS: DVD LIBRARY SABDA ANAK 1.2

Telah hadir produk terbaru Yayasan Lembaga SABDA berupa DVD "Library SABDA Anak 1.2", yang memuat 10.000+ bahan pelayanan anak.

DVD "Library SABDA Anak 1.2" adalah sebuah perpustakaan digital, yang berisi: cerita-cerita Alkitab dalam format video, audio, gambar, komik dan animasi; dan bahan-bahan lain seperti Software Alkitab SABDA, Alkitab mobile (HP), ribuan artikel pelayanan Anak dan ratusan e-Buku Kristen. Semua bahan ini tersedia untuk melengkapi pelayanan hamba Tuhan, guru sekolah, sekolah minggu, dan juga para orangtua. Selain bermanfaat untuk dipakai sebagai alat peraga, bahan-bahan ini juga menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan pelayanan anak di mana pun Anda berada. Harapan kami DVD ini juga dapat tersebar dengan mudah, karena gratis dan dapat dicopy atau diberikan kepada rekan-rekan pelayan lain yang membutuhkan. Tetapi DVD ini dilarang digandakan untuk tujuan komersial.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan DVD di atas, silakan kontak: < ylsa@sabda.org >. Apabila Anda rindu mendukung pelayanan YLSA dengan dana, agar YLSA bisa membagikan DVD "Library SABDA Anak 1.2" secara gratis kepada lebih banyak orang, silakan kirim ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579


Kontak: < penulis(at)sabda.org >
Redaksi: Yosua Setyo Yudo, Santi Titik Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org/ >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/penulis >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-penulis(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-penulis(at)hub.xc.org >

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo