Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Monday, May 14, 2012

[i-kan-binaguru] Teknik berfikir kreatif

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Teknik berfikir Kreatif

Seorang petani tua kebingungan bagaimana cara mengangkut sekarung padi hasil panen. Saat karung itu dinaikkan pada sisi kiri pelana kudanya,karung itu jatuh.Jika dipindah kesisi kanan,karung itu jatuh ke kanan. Petani itu berpikir sejenak. Dia menemukan satu ide yang bagus. Ia ambil satu karung kosong. Kemudian di isinya dengan pasir. Sekarung pasir diletakkan pada pelana kiri.Sedangkan sekarung gandum diletakkan pada pelana kanan.Akhirnya,dia dapat mengangkut padinya.
Ditengah perjalanan,petani ini melihat seorang laki-laki kurus sedang berteduh dibawah sebatang pohon rindang. Petani tadi ingin istirahat sekalian berbincang-bincang dengan sang lelaki.lelaki itu ternyata seorang yang berwawasan luas.Ia mengetahui tehnik mengolah tanah dan pertanian. Sampai akhirnya sang lelaki bertanya kepada petani tentang dua karung yang diangkut kudanya. Petani dengan bangga menjelaskan bagaimana ia dapat menyelesaikan persoalan pelik mengangkut satu karung padi dengan dimbangi satu karung pasir. Mendengar cerita itu,sang lelaki tertawa terkekeh-kekeh. Petani keheranan,apanya yang salah. Lalu petani bertanya ,bukankah idenya bagus?. Sang lelaki menjawab,apakah petani tidak kasihan dengan kudanya yang membawa beban berat?. Mengapa tidak gandumnya saja yang dibagi menjadi dua karung? Masing-masing setengah bagian untuk pelana kiri dan kanan?
Jalaluddin Rahmat berkata:" berpikir kreatif adalah,"thinking which produces new methods,new concepts,new understandings,new inventions,new work of art."
Berpikir kreatif harus memenuhi tiga syarat.Pertama kreativitas melibatkan respon atau gagasan yg baru .Gagasan baru saja tidak cukup, Umpamanya ad aide cara mengatasi kepadatan penduduk.
Kita dapat mengatasi kepadatan penduduk dengan membangun rumah dibawah tanah.Ini baru,tapi sukar dilaksanakan
Kedua, memecahkan persoalan secara realistis.Ketiga,kreativitas merupakan usaha untuk mempertahankan in-sight yang orisinal,menilai dan mengembangkannya sebaik mungkin.
Kreativitas adalah ketrampilan.Artinya ,siapa saja yang berniat untuk menjadi kreatif dan ia melakukan latihan-latihan yang benar maka ia akan menjadi kreatif.Kreativitas bukan sekedar bakat yang dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Kreativitas juga bukan monopoli para seniman. Kita semua memiliki hak dan peluang untuk menjadi kreatif.
Cara paling praktis untuk menjadi kreatif adalah keyakinan bahwa diri kita kreatif dan bertindaklah sebagai seorang kreatif. Mulailah menerapkan dua langkah diatas.Keyakinan dan bertindak. Biasakan menerapkannya pada saat menghadapi suatu masalah atau tantangan.Dan semoga berhasil jadi kreatif.
Selamat mencoba.

Wals
Sumber: Buku Kecerdasan Quantum.

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo