Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, May 16, 2012

(e-RH) Mei 17 -- TETAP MENYERTAI

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 17 Mei 2012
Bacaan : Yohanes 16:1-15
Setahun: Mazmur 26, 40, 58, 61-62, 64
Nats: Lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak
pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau
Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. (Yohanes 16:7)

Judul:

TETAP MENYERTAI

Bagaimana perasaan Anda jika ditinggalkan selamanya oleh orang
yang Anda hormati dan kasihi? Kebanyakan orang pasti dilanda
kesedihan mendalam. Beberapa orang mungkin merasa kehilangan
pegangan. Apalagi kalau kepergian itu mendadak.



Tahu bahwa pelayanan-Nya di bumi dalam rupa dan kehadiran fisik
takkan berlangsung selamanya, jauh-jauh hari Tuhan Yesus memberitahu
para murid-Nya bahwa Dia akan "meninggalkan" mereka (lihat mulai
pasal 12). Namun, bukankah Tuhan Yesus berjanji menyertai para murid
senantiasa sampai akhir zaman (Matius 28:20)? Jika Dia pergi,
bukankah artinya Dia tak lagi menyertai? Di sini Tuhan Yesus
menyingkapkan tentang keberadaan Allah Tritunggal. Yesus akan pergi
kepada Bapa, sementara Roh Kudus akan turun (ayat 7, 9). Jadi,
penyertaan Tuhan tetap berlaku. Kata Yunani yang diterjemahkan
sebagai Penolong adalah Parakletos. Secara harfiah berarti pribadi
yang mendampingi atau memberi pembelaan. Itulah Pribadi yang
dijanjikan Tuhan Yesus untuk menolong para murid. Banyak hal yang
belum betul-betul mereka pahami selama mengikut Yesus, namun Roh
Kudus akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (ayat 12-13).
Dia akan menolong mereka memahami dan memberitakan ke seluruh dunia
tentang dosa, kebenaran, dan penghakiman (ayat 8-11).



Kenaikan Yesus ke surga tidak membatalkan janji penyertaan-Nya. Roh
Kudus, Pribadi yang diutus-Nya, berkenan tinggal dalam hati orang
percaya, untuk menolong mereka mengingat, dan memahami pengajaran
Yesus (ayat 14), serta memberitakannya. Sudahkah Anda percaya kepada
Yesus dan menerima karunia Roh Kudus? Miliki dan bangunlah relasi
akrab dengan-Nya. Biarlah Dia menuntun Anda ke dalam segala
kebenaran. --YBP

ROH KUDUS DALAM DIRI ORANG PERCAYA
MENERUSKAN PELAYANAN KRISTUS DI DUNIA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-05-17
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/05/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/05/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+16:1-15

Yohanes 16:1-15

1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan
menolak Aku.
2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap
orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti
bagi Allah.
3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik
Bapa maupun Aku.
4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang
saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."
(16-4b) "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena
selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,
5 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku,
dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke
mana Engkau pergi?
6 Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu
berdukacita.
7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna
bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi,
Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku
pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa,
kebenaran dan penghakiman;
9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak
melihat Aku lagi;
11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang
kamu belum dapat menanggungnya.
13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin
kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan
berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang
didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan
memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa
yang diterimanya dari pada-Ku.
15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku
berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari
pada-Ku."

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+26,+40,+58,+61-62,+64
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+26,+40,+58,+61-62,+64


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo