Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Tuesday, March 5, 2013

[i-kan-binaanak] [e-BinaAnak] Edisi 626 -- Edisi Ulang Tahun e-BinaAnak ke-13

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-BinaAnak -- Edisi Ulang Tahun e-BinaAnak ke-13
626/Maret/I/2013

PUJI TUHAN! USIA 13 TAHUN E-BINAANAK!

Ungkapan syukur tidak henti-hentinya mengalir dalam hati kami, segenap redaksi e-BinaAnak. Sejak bulan Maret 2000, Tuhan Yesus telah menuntun setiap langkah kecil e-BinaAnak, yang sekarang telah memasuki usia 13 tahun. "Terpujilah Tuhan!"

Kami sungguh rindu berbagi kebahagiaan ini dengan pembaca e-BinaAnak sekalian, yang adalah bagian penting dalam pelayanan kami. Oleh karena itu, edisi khusus ini kami hadirkan agar Pembaca sekalian dapat lebih mengenal e-BinaAnak dan melihat pula penyertaan tangan Tuhan dalam pelayanan ini. Harapan kami, kita semua dapat turut memuji Tuhan karena dapat melihat setiap pekerjaan Tuhan yang luar biasa dalam pelayanan e-BinaAnak. Simaklah Langkah Kaki e-BinaAnak Bersama Tuhan, Pengembangan Pelayanan e-BinaAnak, Kesaksian Redaksi dan Pembaca e-BinaAnak, serta Pokok Doa yang merupakan isi dari edisi khusus kali ini.

Kiranya, sajian ini menjadi berkat bagi kita semua dan membuat kita semakin bersemangat untuk melayani domba-domba kecil yang telah Tuhan percayakan kepada kita. Terpujilah Tuhan!

Pemimpin Redaksi e-BinaAnak,
Davida
< evie(at)in-christ.net >
< http://pepak.sabda.org/>


"... Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah." (Markus 10:14) < http://alkitab.mobi/tb/Mrk/10/14/ >


ARTIKEL: "LANGKAH KAKI" E-BINAANAK BERSAMA TUHAN

Sudah berapa lama Anda berlangganan e-BinaAnak? Sudah 1, 2, 3 atau lebih dari 10 tahun? Sekalipun telah sekian lama melayani, mungkin masih ada di antara Pembaca yang belum tahu secara lebih detail mengenai langkah awal e-BinaAnak dalam dunia pelayanan anak di Indonesia. Oleh karena itu, dalam edisi khusus kali ini, kami akan mengulas secara singkat "langkah-langkah kecil" yang telah ditempuh e-BinaAnak sejak pertama kali terbit pada tahun 2000. Pepatah mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang." Mudah-mudahan melalui edisi khusus ini, e-BinaAnak akan semakin disayang oleh anggota-anggotanya. :)

e-BinaAnak lahir pada Maret 2000, tepat pada peringatan Hari Doa Anak Sedunia. Tuhan memberikan kerinduan di "hati" YLSA untuk melihat guru-guru sekolah minggu maupun pelayan anak mengembangkan pelayanan mereka semaksimal mungkin. Pelayanan anak sering tidak mendapat perhatian yang layak, padahal anak adalah generasi penerus gereja Tuhan. Dan, mereka yang membina anak sering tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup, sehingga pelayanan anak sering tidak memiliki dasar yang kuat. Dengan membina para pelayan anak, diharapkan kualitas rohani anak akan meningkat, gereja Tuhan akan menikmati hasilnya, dan nama Tuhan dimuliakan! Teknologi informasi berbasis email, yang saat itu semakin berkembang dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat, merupakan langkah strategis untuk menyampaikan bahan-bahan bermutu kepada para pelayan anak.

Pada penerbitan perdananya, e-BinaAnak dikirimkan ke 279 pelanggan dan merupakan publikasi elektronik pertama yang berisi bahan-bahan khusus tentang hal-hal seputar dunia pelayanan anak Kristen dalam Bahasa Indonesia. Sekarang ini, pelanggan e-BinaAnak sudah mencapai hampir 4000 pelanggan.

Terbitan pertama e-BinaAnak < http://sabda.org/publikasi/e-Binaanak/001 > mengambil tema "Pelayanan Sekolah Minggu". Di dalamnya disajikan artikel tentang "Sejarah Sekolah Minggu", ada pula tips "Agar Anak Tidak Mudah Bosan di Kelas", dan petunjuk bagi guru untuk "Membuat Buku Data Anak". Semua arsip e-BinaAnak bisa diakses dalam halaman arsip e-BinaAnak di SABDA.org < http://sabda.org/publikasi/e-binaanak/arsip/ >

Ulang tahun e-BinaAnak yang ke-13 ini ingin kami jadikan tonggak bagi staf redaksi untuk berikrar maju terus, memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Di lain pihak, kami ingin mengajak para pembaca e-BinaAnak dan pelayan anak untuk mengikrarkan hal yang sama, bahwa kita semua, para pelayan anak, ingin melayani Tuhan lebih baik lagi pada masa-masa mendatang. Mari kita bersama berdoa agar Tuhan mengizinkan kita untuk terus melayani Dia dengan segenap kekuatan kita. Biarlah Dia menjadikan kita sebagai alat-Nya yang berguna untuk mempersiapkan anak-anak yang kita layani, agar mereka dapat menjadi generasi penerus gereja yang takut akan Tuhan dan memuliakan nama-Nya yang ajaib!

Redaktur yang sudah pernah ambil bagian dalam e-BinaAnak adalah Yulia, Meilania, Endah, Tabitha, Asih, Septiana, Ratri, Kristin, Ratnasari, Fitri, Uly, Tatik, dan yang sekarang ini adalah Davida, Santi, serta Elly. Bersyukur kepada Tuhan atas setiap kemampuan yang diberikan sehingga kami dapat dipakai-Nya untuk ambil bagian dalam pengembangan pelayanan anak di Indonesia.

Pengembangan Pelayanan Milis e-BinaAnak

1. Milis Diskusi e-BinaGuru (Tahun 2000)

Dalam perkembangannya, disadari bahwa Publikasi e-BinaAnak hanya merupakan publikasi dengan komunikasi searah. Maka, timbullah pemikiran untuk mengembangkan pelayanan ini dengan menambah satu wadah lagi yang memungkinkan komunikasi dua arah.

Pemikiran di atas menjadi cikal bakal lahirnya milis diskusi e-BinaGuru pada bulan September 2000. Puji Tuhan! Milis tersebut mendapat tanggapan yang sangat positif. Dengan diprakarsai dan dimoderatori oleh Ibu Meilania, e-BinaGuru berjalan dengan baik sampai sekarang. Bagi para pembaca e-BinaAnak yang belum bergabung dan ingin bergabung dalam e-BinaGuru, silakan kirim email kosong ke: < subscribe-i-kan-BinaGuru(at)hub.xc.org >

2. Situs Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen -- PEPAK (Tahun 2002)

Edisi-edisi e-BinaAnak yang telah diterbitkan (sekarang jumlahnya sudah 626 edisi) merupakan harta yang sangat berharga dan sayang bila hanya disimpan sebagai arsip saja. Oleh karena itu, setelah banyak berdoa dan berpikir panjang, lahirlah gagasan untuk membuat sebuah situs yang bukan hanya akan menyimpan arsip-arsip e-BinaAnak, namun sekaligus menjadi pusat informasi bagi para guru sekolah minggu untuk mendapatkan berbagai bahan tentang pelayanan anak yang paling lengkap di Indonesia.

Gagasan itu menjadi kenyataan dengan lahirnya sebuah situs pelayanan anak pada tahun 2002, yang kami beri nama PEPAK, singkatan dari Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen, di alamat: < http://pepak.sabda.org/ >

3. PESTA GSM (Tahun 2006)

PESTA merupakan salah satu program pelayanan dalam YLSA yang merupakan singkatan dari Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam. Program ini merupakan pendidikan teologi informal yang dijalankan secara online, khusus bagi mereka yang tidak menempuh pendidikan di sekolah teologi. Karena bahan-bahan pelayanan anak yang selama ini disusun oleh redaksi e-BinaAnak sudah cukup banyak, tercetus ide untuk membuat satu kelas diskusi online bagi para guru sekolah minggu dan pelayan anak. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah modul pelajaran khusus untuk para GSM dan setelah mengerjakan tugas dari modul tersebut, para peserta dapat bergabung dalam kelas diskusi PESTA GSM. Apakah Anda tertarik? Tahun ini PESTA akan kembali membuka kelas tersebut. Bagi Anda yang ingin bergabung, silakan menghubungi admin PESTA di < kusuma(at)in-christ.net >. Dapatkan modul PESTA GSM di: < http://pesta.sabda.org/gsm_sil >

4. Facebook (Tahun 2009) dan Twitter e-BinaAnak (Tahun 2010)

Perkembangan jejaring sosial dalam dunia maya juga mendorong redaksi e-BinaAnak untuk masuk ke dalam dunia Facebook dan Twitter. Bekerja sama dengan divisi Komunitas Yayasan Lembaga SABDA, e-BinaAnak pun mulai merambah dunia jejaring sosial ini, terhitung sejak tahun 2009 (Facebook) dan tahun 2010 (Twitter). Bersyukur kepada Tuhan karena melalui Facebook dan Twitter, relasi antara redaksi dan pembaca bisa semakin berkembang. Banyak masukan yang redaksi peroleh melalui diskusi di jejaring sosial. Saat ini, penggemar halaman Facebook e-BinaAnak sudah lebih dari 4000 dan pengikut di Twitter sudah berjumlah 254.

Apakah Anda sudah bergabung dalam halaman Facebook dan Twitter e-BinaAnak? Silakan cek di < http://fb.sabda.org/binaanak > dan ikuti Twitter @sabdabinaanak < http://twitter.com/sabdabinaanak >

5. e-BinaAnak dalam DVD Library SABDA Anak 1.2 (Tahun 2012)

Pengembangan pelayanan e-BinaAnak yang paling baru adalah lahirnya DVD Library SABDA Anak 1.2 pada bulan Februari 2012. DVD ini berisi lebih dari 10.000 bahan untuk pelayanan anak. Ada delapan kategori utama isi yaitu Software SABDA, Alkitab Audio, Alkitab Video, Alkitab Gambar, Audio Cerita, Animasi, e-Book, dan bahan-bahan Mobile. Semuanya sangat mendukung pelayanan anak di Indonesia. Publikasi e-BinaAnak juga ada dalam DVD tersebut, yang dapat diakses dalam kategori e-Book. Arsip e-BinaAnak sejak tahun 2000 -- 2011 dapat Anda peroleh tanpa harus online.

Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan atas semua pengembangan pelayanan e-BinaAnak selama 13 tahun ini. Diawali dari sebuah kerinduan yang sederhana, Tuhan memimpin setiap langkah yang diambil e-BinaAnak menjadi lebih jauh dan maju lagi. Jika bukan Tuhan, semua kerinduan itu hanya menjadi kerinduan belaka karena kemampuan dan hikmat untuk mengerjakan ini semua hanya dari Tuhan.

Jika Anda ingin berpartisipasi dan mendukung pelayanan e-BinaAnak, silakan hubungi redaksi di < binaanak(at)sabda.org >. Semua bentuk dukungan Anda akan memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan pelayanan e-BinaAnak dan pelayanan anak di Indonesia.

Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!


KESAKSIAN: KESAN DAN PESAN UNTUK E-BINAANAK

- Kesan dan Pesan dari Redaksi e-BinaAnak

Tabita Rini Utami (2000 -- 2002):
Saya banyak belajar dari e-BinaAnak. Belajar mengenai karakter anak, merencanakan kegiatan untuk anak, cara mendongeng yang baik, kedisiplinan, bagaimana mengatasi anak dengan segala keunikannya, bagaimana mendengarkan anak, dan banyak lagi. Untuk keahlian teknisnya adalah bagaimana membangun kalimat supaya menjadi sebuah tulisan dan mengedit sebuah tulisan. Untuk alasan rohaninya, saya menemukan salah satu tujuan Tuhan dalam hidup saya, yaitu meletakkan dasar yang kuat untuk anak-anak di dalam Tuhan agar siap menghadapi dunia yang sungguh ajaib dengan beragam permasalahan. Makanya, selama di YLSA saya mengambil AKTA IV agar memiliki kekuatan untuk berkecimpung di dunia anak. Dan, apa yang saya peroleh pada masa itu memberikan kekuatan untuk saya sekarang ini. GBU.

Natalia Endah (2000 -- 2002):
Seneng banget karena diberi kesempatan untuk terlibat dalam pembuatan beberapa edisi e-BinaAnak. Kesibukan dalam menyajikan setiap edisi juga berdampak secara pribadi -- membekali untuk terlibat dalam pelayanan anak secara langsung. Juga membuka wawasan setiap kali "berburu" materi dan "mengolahnya" menjadi edisi siap saji setiap minggunya. Tiap kali ada teman atau guru SM yang sedang mencari bahan atau cara bercerita atau aktivitas atau tips menarik untuk kelas, dengan "pe-de" bisa bilang, "Cari di e-BinaAnak." So, salut untuk tim redaksi yang terus setia menyiapkan setiap edisi e-BinaAnak bagi kami, para pelayan anak.

Truly A. Pasaribu (2011)
Saya sangat senang ketika diberi tugas untuk mencari bahan atau menerjemahkan bahan e-BA. Mengapa? Karena walaupun materinya sederhana, banyak hal baru (khususnya kolom bahan mengajar dan tips) yang saya pelajari dan bisa diterapkan saat mengajar. Lanjutkan!!!

Davida (2002 -- sekarang):
Banyak "harta karun" dalam bidang pelayanan anak yang akhirnya saya miliki ketika menjadi redaksi e-BinaAnak. Sejak tahun 2001 saya menjadi redaksi sampai sekarang. Tidak sekadar menjalankan tugas, tetapi saya bisa meraup banyak ilmu, mendapat banyak saudara sepelayanan, dan melihat pergumulan-pergumulan pelayanan anak yang lain di luar sana. Kiranya, e-BinaAnak semakin dipakai Tuhan untuk membawa lebih banyak jiwa-jiwa kecil datang kepada-Nya.

Santi (2010 -- sekarang):
Sudah 2 tahun lebih saya ikut terlibat dalam pengerjaan publikasi e-BinaAnak. Saya belajar banyak hal dari proses mempersiapkan edisi demi edisi yang akan diterbitkan. Publikasi e-BinaAnak sangat berguna untuk membekali pelayan anak, orang tua, bahkan siapa saja yang berhubungan dengan anak-anak, dan saya pun yang ikut mengerjakannya turut diberkati dengan bahan-bahan yang disajikan. Harapan saya, e-BinaAnak terus mengalami kemajuan, baik dari kualitas bahan maupun kuantitas pelanggan. Mari kita bersama-sama mengenalkan anak-anak kepada Tuhan.

Elly (2010 -- sekarang):
Selama menjadi staf redaksi BA, tugas yang pernah saya kerjakan antara lain membuat editorial, cari bahan di situs untuk diulas, dan membuat laporan pengiriman serta laporan pelanggan. Namun, dari semua tugas tersebut, yang paling menyenangkan adalah yang berhubungan dengan angka-angka, yaitu buat membuat laporan pengiriman dan laporan pelanggan. Sebenarnya, mencari bahan dan mengulas bahan dari situs juga menyenangkan karena bisa tahu kriteria situs-situs yang bagus dan yang menarik untuk diulas. Namun, kadang susah juga cari bahan dengan tema-tema tertentu. Mungkin, kalau sering menjelajah situs, kita jadi lebih banyak pengalaman dan tidak bingung. Nah, untuk tugas membuat editorial atau tulisan, itu tugas yang paling makan waktu karena saya paling tidak bisa merangkai kata-kata dengan baik dan menarik.

- Kesan dan Pesan dari Pembaca e-BinaAnak

Diana Silaban: Artikel e-BinaAnak cukup positif. Ke depannya bisa semakin banyak membagikan tips untuk mengajar SM. God bless.

Merlina Florence: Memberikan maklumat dan menambah pengetahuan. Thanks, God bless ....

Risnawati Ginting: Terima kasih banyak ya, dan saya sangat diberkati. Maju terus dan Tuhan memberkati.

Marthen Neolaka: Terima kasih ya untuk pelajaran yang sangat berharga ini. Ingin praktikkan ahhh .... So, pasti kita temukan bibit-bibit yang berbakat di bidang itu dari anak-anak kita. Tuhan berkati.

Ruth Ma: ---cut--- Di sini saya sangat berterima kasih karena sering kali saya mendapatkan berkat-berkat dari berbagai artikel (dari e-BinaAnak). Kali ini saya mendapatkan bahan renungan, Tuhan mengatur indah pada waktunya. Sekolah kami masih dalam masa perintisan, jadi murid tidak banyak, dan pada umumnya siswa/i bukan anak Tuhan. Maka, mulai tahun ajaran baru, kami akan mengadakan renungan pagi untuk siswa/i kelas 5 dan 6. Di sini, kami tidak bisa bergerak dengan cepat karena orang tua siswa merasa bahwa kami memaksakan anak-anaknya.
---cut---

Redaksi: Terima kasih atas semua kesan dan pesan yang telah diberikan. Semua itu sangat memacu semangat redaksi untuk memberikan yang terbaik bagi Tuhan dalam pelayanan e-BinaAnak ini. Tuhan memberkati Anda semua dengan melimpah.

POKOK DOA: PELAYANAN E-BINAANAK KE DEPANNYA

Dalam edisi khusus ini, kami mengajak Pembaca terkasih untuk turut mendukung pelayanan e-BinaAnak melalui doa. Berikut ini pokok-pokok doa yang dapat Anda bawa dalam doa Anda.

1. Mintalah kepada Tuhan Yesus agar setiap edisi e-BinaAnak dapat dipakai Tuhan menjadi berkat bagi setiap pembaca, khususnya para pelayan anak. Kiranya setiap bahan bermanfaat untuk mengembangkan pelayanan anak di Indonesia.

2. Kiranya Tuhan Yesus memberikan hikmat dan kebijaksanaan kepada setiap redaktur yang mengerjakan e-BinaAnak agar bisa bekerja dengan sepenuh hati dan bertanggung jawab kepada Tuhan.

3. Berdoalah agar Tuhan Yesus memelihara setiap sistem di balik layar e-BinaAnak supaya berfungsi dengan baik demi kelancaran penerbitan e-BinaAnak setiap minggunya.

Terima kasih atas setiap dukungan doa yang Anda berikan. Tuhan Yesus memberkati.


Kontak: binaanak(at)sabda.org
Redaksi: Davida, Santi T., dan Elly
Berlangganan: subscribe-i-kan-binaanak(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-binaanak(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/e-binaanak/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo