Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, March 10, 2013

(e-RH) Maret 11 -- MENOLAK HADIAH MOBIL

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 11 Maret 2013
Bacaan : Kejadian 23:1-20
Setahun: Ulangan 29-31
Nats: Sesungguhnya, jika engkau suka, dengarkanlah aku: aku membayar
harga ladang itu; terimalah itu dari padaku, supaya aku dapat
menguburkan isteriku yang mati itu di sana. (Kejadian 23:13)

Judul:

MENOLAK HADIAH MOBIL

Pasangan Jokowi-Ahok sukses dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta
2012. Untuk merayakannya, tim relawan memberikan kejutan kepada
Jokowi. Mereka mengumpulan sumbangan untuk membelikan mobil baginya.
Akan tetapi, Jokowi memutuskan untuk menolak pemberian tersebut.
Menurut saya, ada pertimbangan mendasar yang melandasi penolakannya
tersebut.


Peristiwa itu mengingatkan saya pada sikap Abraham ketika Sara
meninggal dunia. Ia ingin memakamkan istrinya di tempat terbaik,
yaitu di Gua Makhpela milik Efron bin Zohar orang Het. Meskipun
Tuhan sudah berjanji kepada Abraham bahwa keturunannya akan
menduduki Kanaan, dengan rendah hati ia sujud kepada bani Het dan
bermaksud membeli gua itu dengan harga penuh. Sebaliknya, para
pemimpin bani Het, yang sangat menghormati Abraham dan menganggapnya
sebagai raja agung, dengan sukarela hendak menghadiahkan tanah itu.
Abraham menolak pemberian itu. Ia ingin memakamkan istrinya dengan
sebaik mungkin tanpa membebani pihak lain. Kelak tanah itu menjadi
makam keluarga bagi Abraham, Ishak, dan Yakub, para leluhur Israel.


Saat kita sukses atau menempati kedudukan tinggi, barangkali ada
orang yang menunjukkan perhatian khusus dengan menawarkan halhal
yang sangat berharga. Sebelum menerimanya, pertimbangkanlah dengan
sungguh-sungguh, apakah hal itu tidak berlawanan dengan prinsip yang
kita pegang. Apakah kita dapat menerimanya dengan hati nurani yang
murni? Apakah kita tidak sedang menyalahgunakan kedudukan demi
kepentingan pribadi? --SJ

KESUKSESAN DAN KEDUDUKAN BUKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI,
MELAINKAN UNTUK MELAYANI SESAMA SECARA LEBIH EFEKTIF

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/03/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/03/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+23:1-20

Kejadian 23:1-20

1 Sara hidup seratus dua puluh tujuh tahun lamanya; itulah umur
Sara.
2 Kemudian matilah Sara di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah
Kanaan, lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya.
3 Sesudah itu Abraham bangkit dan meninggalkan isterinya yang mati
itu, lalu berkata kepada bani Het:
4 "Aku ini orang asing dan pendatang di antara kamu; berikanlah
kiranya kuburan milik kepadaku di tanah kamu ini, supaya kiranya
aku dapat mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu."
5 Bani Het menjawab Abraham:
6 "Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di
tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu
dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorangpun dari
kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk
menguburkan isterimu yang mati itu."
7 Kemudian bangunlah Abraham lalu sujud kepada bani Het, penduduk
negeri itu,
8 serta berkata kepada mereka: "Jika kamu setuju, bahwa aku
mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu, maka
dengarkanlah aku dan tolonglah mintakan dengan sangat kepada
Efron bin Zohar,
9 supaya ia memberikan kepadaku gua Makhpela miliknya itu, yang
terletak di ujung ladangnya; baiklah itu diberikannya kepadaku
dengan harga penuh untuk menjadi kuburan milikku di
tengah-tengah kamu."
10 Pada waktu itu Efron hadir di tengah-tengah bani Het. Maka jawab
Efron, orang Het itu, kepada Abraham dengan didengar oleh bani
Het, oleh semua orang yang datang di pintu gerbang kota:
11 "Tidak, tuanku, dengarkanlah aku; ladang itu kuberikan kepadamu
dan gua yang di sanapun kuberikan kepadamu; di depan mata
orang-orang sebangsaku kuberikan itu kepadamu; kuburkanlah
isterimu yang mati itu."
12 Lalu sujudlah Abraham di depan penduduk negeri itu
13 serta berkata kepada Efron dengan didengar oleh mereka:
"Sesungguhnya, jika engkau suka, dengarkanlah aku: aku membayar
harga ladang itu; terimalah itu dari padaku, supaya aku dapat
menguburkan isteriku yang mati itu di sana."
14 Jawab Efron kepada Abraham:
15 "Tuanku, dengarkanlah aku: sebidang tanah dengan harga empat
ratus syikal perak, apa artinya itu bagi kita? Kuburkan sajalah
isterimu yang mati itu."
16 Lalu Abraham menerima usul Efron, maka ditimbangnyalah perak
untuk Efron, sebanyak yang dimintanya dengan didengar oleh bani
Het itu, empat ratus syikal perak, seperti yang berlaku di
antara para saudagar.
17 Demikianlah ladang Efron, yang letaknya di Makhpela di sebelah
timur Mamre, ladang dan gua yang di sana, serta segala pohon di
ladang itu, bahkan di seluruh tanah itu sampai ke tepi-tepinya,
18 diserahkan kepada Abraham menjadi tanah belian, di depan mata
bani Het itu, di depan semua orang yang datang di pintu gerbang
kota.
19 Sesudah itu Abraham menguburkan Sara, isterinya, di dalam gua
ladang Makhpela itu, di sebelah timur Mamre, yaitu Hebron di
tanah Kanaan.
20 Demikianlah dari pihak bani Het ladang dengan gua yang ada di
sana diserahkan kepada Abraham menjadi kuburan miliknya.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Ulangan+29-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+29-31


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo