Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, March 13, 2013

[e-Konsel] Edisi 335/Maret 2013 -- Pengadilan Yesus

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Konsel -- Pengadilan Yesus
Edisi 335/Maret 2013

Salam sejahtera,

Salah satu fase yang tidak bisa kita lupakan dalam peristiwa pengorbanan Yesus Kristus adalah ketika Ia ditangkap dan diadili. Pada saat itu, Yesus mendapatkan perlakuan yang sangat buruk, seolah-olah Ia adalah seorang penjahat yang berbahaya. Orang-orang Farisi dan para ahli Taurat terus berusaha mencari cara untuk membuat Yesus Kristus disalibkan. Mereka menghasut cukup banyak orang untuk mendesak Pilatus agar menyalibkan Yesus Kristus. Untuk mengetahui setiap babak yang dilalui Yesus ketika Ia diadili secara runtut sesuai ayat-ayat Alkitab, silakan simak artikel yang kami siapkan dalam edisi ini. Simak pula, landasan-landasan alkitabiah dari peristiwa ini. Sementara itu, untuk membuat peringatan Paskah keluarga semakin khusyuk dan penuh sukacita, kami juga menyajikan satu tip bagi Anda. Selamat menyimak.

Pemimpin Redaksi e-Konsel,
S. Setyawati
< setya(at)in-christ.net >
< http://c3i.sabda.org/ >


BIMBINGAN ALKITABIAH: PROSES PENGADILAN YESUS

Sebagai Injil terawal, Markus memberikan narasi paling awal tentang penyaliban. Markus tentu saja bukan orang pertama yang menceritakannya. Kehormatan itu dimiliki Paulus, yang semua surat aslinya ditulis sebelum Injil mana pun. Paulus sering mengacu pada fakta tentang penyaliban Yesus: ia berulang kali membicarakan tentang kematian Yesus, salib, dan Kristus yang tersalib. Ini merupakan "hikmat dan kuasa Allah", meskipun hal ini menjadi "batu sandungan" bagi orang-orang Yahudi dan "kebodohan" bagi bangsa-bangsa yang tidak percaya kepada Tuhan. Penyaliban Yesus merupakan suatu perwujudan kasih Allah kepada kita, pengorbanan yang memungkinkan penebusan kita, dan jalur transformasi pribadi seperti kematian dan kebangkitan yang terletak pada inti kehidupan orang-orang Kristen (1 Korintus 1:23-24; Roma 5:8; Roma 3:24-25; Galatia 2:19-20; Roma 6:3-4).

Terkadang, Paulus mengatakan lebih banyak tentang apa yang terjadi. Dalam satu bagian, ia merujuk pada kematian dan penguburan Yesus: "Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, ... dan Ia telah dikuburkan." Di tempat lain, ia mengatakan bahwa para penguasa zaman ini ... menyalibkan Tuhan yang mulia. Dalam suratnya, ia atau seorang pengikut mengatakan bahwa pada kayu salib, Allah "telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka." (1 Korintus 15:3-4; 2:8; Kolose 2:15)

Akan tetapi, surat-surat Paulus bukanlah narasi dan dengan demikian tidak termasuk dalam kisah Jumat Agung. Sebaliknya, seperti yang ditunjukkan pada contoh-contoh kalimatnya di atas, surat-surat Paulus berisi sejumlah tafsiran tentang makna kematian Yesus. Paulus, penulis paling awal dalam Perjanjian Baru, menggunakan banyak tafsiran yang mengarah pada poin penting: tidak ada cerita tentang kematian Yesus dalam Perjanjian Baru yang tidak ditafsirkan. Untuk mengetahui alasannya bukanlah hal yang sulit. Para pengikut Yesus, yang hidup beberapa tahun dan dekade setelah kematian-Nya, mencari tahu arti dari pelaksanaan hukuman mati yang mengerikan atas Guru terkasih mereka, yang mereka lihat sebagai Yang Diurapi Allah. Dengan melihat kembali peristiwa ini, mereka memahami tujuan yang sudah ditetapkan Allah di dalamnya.

Begitu juga dalam Injil Markus. Meskipun Markus menyajikan kisah paling awal tentang Jumat Agung, kita seharusnya tidak membayangkan bahwa ceritanya demikian bebas dari interpretasi pasca-Paskah. Narasi Markus menggabungkan penafsiran retrospektif (peninjauan kembali - Red.) dengan sejarah yang diingat.

Markus menceritakan kisah Jumat Agung yang menunjukkan selang waktu tiga jam dengan tepat: dari fajar (pukul 6) sampai pukul 9 pagi, dari pukul 9 pagi sampai tengah hari, dari tengah hari sampai pukul 3 sore, dan dari pukul 3 sore sampai senja (jam 6 sore). Pertama-tama, kita akan meninjau ceritanya sebagai sebuah kombinasi sejarah dan penafsiran, kemudian mengeksplorasi kerangka penafsirannya yang lebih luas.

Dari Pukul 6 -- 9 Pagi (Markus 15:1-21)

Saat pagi merekah, para pemuka masyarakat lokal -- imam-imam kepala, tua-tua, dan ahli-ahli Taurat -- menyerahkan Yesus kepada Pilatus, perwakilan kaisar di daerah. Pilatus menginterogasi Yesus. Markus tidak memberi tahu kita di mana hal ini terjadi, tetapi hampir bisa dipastikan bahwa ini terjadi di istana almarhum Raja Herodes Agung, tempat tinggal para Gubernur Romawi ketika mereka berada di Yerusalem. Kemudian, Markus secara eksplisit mengacu pada "halaman istana" (Markus 15:16). Sebagaimana adegan itu terungkap, jelas bahwa pemerintah daerah juga hadir.

Pilatus bertanya kepada Yesus, "Apakah Engkau Raja orang Yahudi?" Kita mungkin mendengar penekanan yang mengejek pada kata "Engkau" dalam pertanyaan Pilatus. "Engkau" -- seorang petani Yahudi, yang baru saja dipukuli, berdarah-darah, terbelenggu, dan yang berdiri lemas di hadapanku -- "adalah raja orang Yahudi?" Demikian juga yang mungkin kita dengar dari jawaban Yesus, ada penekanan yang mengejek pada kata yang sama: "Engkau sendiri mengatakannya."

Karena mendengar bahwa itu bukanlah jawaban, Pilatus menegaskan pertanyaannya: "Tidakkah Engkau memberi jawab? Lihatlah betapa banyaknya tuduhan mereka terhadap Engkau!" Tetapi, Markus memberi tahu kita, "Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawab lagi." (Markus 15:5) Dengan menolak menanggapi sang penguasa, tindakan Yesus mencerminkan keberanian dan juga penghinaan. Para penguasa tidak menyukainya. Pilatus pun heran. Bahkan, Yesus tidak berbicara lagi dalam cerita Markus sampai seruan terakhir-Nya dari atas kayu salib di kemudian hari: "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" (Markus 15:34).

Selanjutnya, muncullah episode yang membingungkan ketika Pilatus menawarkan untuk melepaskan tahanan yang diinginkan oleh orang banyak. Membingungkan karena sulit dibayangkan bahwa ada kebiasaan semacam itu di provinsi yang menyusahkan seperti Yudea. Seperti yang Markus katakan, cerita ini melibatkan seorang pemberontak yang bernama Barabas, yang telah melakukan pembunuhan saat terjadi "huru-hara". Pilatus bertanya, "Apakah kamu menghendaki supaya kubebaskan raja orang Yahudi ini?" [yaitu Yesus]?" Akan tetapi, Markus memberi tahu kita, para imam Bait Allah "menghasut orang banyak untuk meminta supaya Barabaslah yang dibebaskannya bagi mereka" (Markus 15:11).

Hampir pasti, orang banyak tersebut bukanlah kerumunan orang yang sama, yang mendengar Yesus dengan senang hati selama seminggu sebelumnya. Markus tidak memberi kita alasan untuk berpikir bahwa orang-orang itu telah berbalik melawan Yesus. Selain itu, sangat tidak mungkin bahwa orang-orang pada awal pekan itu diizinkan masuk ke istana Herodes, tempat adegan ini terjadi. Kerumunan ini, kerumunan yang dihasut oleh imam-imam kepala, jumlahnya pasti jauh lebih sedikit dan lebih tepat dipahami sebagai kerumunan yang dikumpulkan oleh penguasa (orang yang dapat mengizinkan mereka masuk ke istana). Ketika Pilatus bertanya kepada kerumunan ini, "Jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan orang yang kamu sebut Raja orang Yahudi ini?" Maka, mereka berteriak lagi, katanya, "Salibkanlah Dia!" (Markus 15:13) Maka, Pilatus melepaskan Barabas dan menyerahkan Yesus kepada prajurit-prajuritnya untuk disalibkan.

Sebagaimana sejarah diingat, cerita tentang Barabas ini sulit. Akan tetapi, jika kita menempatkannya dalam konteks sejarah Markus, seperti yang ia tuliskan sekitar tahun 70, cerita itu cukup masuk akal. Baik Barabas maupun Yesus adalah revolusioner. Keduanya menentang kekuasaan kaisar. Namun, yang pertama membela revolusi kekerasan, sedangkan yang kedua membela anti kekerasan. Pada tahun 66, orang-orang Yerusalem (dan banyak orang lain di daerah orang Yahudi) telah memilih cara Barabas, bukan cara Yesus. Peristiwa tahun 66 -- 70 tersebut membuat cerita ini bisa dipahami.

Peristiwa yang terjadi tiga jam pertama hari itu terus berlanjut. Setelah diserahkan kepada prajurit Pilatus, Yesus, seperti banyak tahanan politik sebelum dan sesudah Dia, disiksa dan dipermalukan. Dia dicambuk. Kemudian, prajurit melepas pakaian-Nya (tindakan itu sendiri merupakan tanda ketidakberdayaan-Nya di tangan mereka) dan membuat upacara penobatan yang mempermalukan Dia: mereka mengenakan jubah ungu kepada-Nya, meletakkan mahkota (duri) di atas kepala-Nya, menyebut-Nya sebagai "Raja Yahudi", menyerang-Nya, dan meludahi-Nya. Lalu, mereka menanggalkan jubah ungu itu dan mengenakan lagi pakaian Yesus sendiri kepada-Nya, dan membawa-Nya keluar untuk disalibkan.

Para tahanan yang dihukum mati dengan cara disalib, biasanya diwajibkan untuk memikul balok kayu salib horizontal sampai ke tempat eksekusi. Sementara, balok yang vertikal sudah menjadi tiang permanen yang ditancapkan di tanah tempat eksekusi. Namun, Markus memberi tahu kita bahwa tentara memaksa seorang pejalan kaki, Simon dari Kirene, untuk memikul salib Yesus. Meskipun Markus tidak mengatakan mengapa, sepertinya itu bukan tindakan kebaikan terhadap Yesus, melainkan karena Yesus sudah terlalu lemah untuk memikul balok kayu itu sendiri. (t/Jing-jing)

Diterjemahkan dari:
Judul asli buku: The Last Week
Judul bab: Friday
Judul asli artikel: Mark's Story of Good Friday
Penulis: Marcus J. Borg & John Dominic Crossan
Penerbit: HarperCollins Publisher, New York 2006
Halaman: 140 -- 145


TIP: CARA MERAYAKAN PASKAH BERSAMA KELUARGA

Paskah merupakan peristiwa yang penting bagi umat Kristen, baik di Indonesia ataupun di luar negeri. Berbagai acara dan cara digelar secara khusus untuk merayakan Hari Raya Paskah. Tradisi membagi telur Paskah kepada saudara dan keluarga juga tidak ketinggalan. Cara merayakan Paskah setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang merayakannya dengan teman, sahabat, pacar, dan ada juga yang memilih merayakan dengan keluarga. Bagi Anda yang ingin merayakan Paskah dengan keluarga, beberapa cara berikut mungkin bisa menjadi pilihan.

1. Gunakanlah lilin khusus saat acara makan keluarga untuk mengingat terang Kristus.
2. Rencanakanlah kegiatan keluarga yang menyenangkan, satu kegiatan setiap Minggu Paskah.
3. Mainkanlah kisah Paskah. Anda juga bisa mengundang kerabat dan rekan-rekan Anda untuk menampilkannya.
4. Kunjungilah tetangga yang kesepian atau lakukan tindakan kekeluargaan lainnya, yang menunjukkan kebaikan untuk mengekspresikan ucapan terima kasih atas kebangkitan Kristus.
5. Buatlah kue yang bentuknya seperti simbol-simbol Paskah. Bekukan beberapa di antaranya untuk disajikan sepanjang musim Paskah.
6. Dengarkanlah musik-musik Paskah.
7. Jika keluarga Anda suka bernyanyi dan memainkan instrumen, usahakan diadakannya sebuah perayaan musik Paskah secara kekeluargaan.
8. Bacalah kisah Paskah secara bergantian dengan seluruh anggota keluarga.
9. Buatlah gantungan kunci atau gantungan untuk hiasan HP dengan tema Pentakosta, yang dilengkapi dengan burung merpati dan lidah-lidah api.
10. Temukanlah cara untuk membuat makanan khusus setiap hari Minggu selama Minggu Paskah. Lalu, lanjutkan dengan menghidangkan "makanan khusus pada hari Minggu" untuk merayakan kebangkitan Yesus, sepanjang tahun.

Sekarang, Anda tinggal pilih cara mana yang akan digunakan untuk merayakan Paskah bersama keluarga. Selamat mencoba dan semoga Paskah Anda menyenangkan.

Diambil dan disunting seperlunya dari:
Nama situs: Ciri Cara.com
Alamat URL: http://ciricara.com/2012/04/04/ciricara-cara-merayakan-paskah-bersama-keluarga/
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 1 Maret 2013


Kontak: konsel(at)sabda.org
Redaksi: S. Setyawati, Santi T., dan Doni K.
Berlangganan: subscribe-i-kan-konsel(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-konsel(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/e-konsel/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo