Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, December 14, 2012

[i-kan-binaguru] Fw: ~Ompu Nommensen yang penuh kasih~

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   




~Ompu Nommensen yang penuh kasih~
 
Ludwig Ingwer Nommensen (di daerah Batak dikenal sebagai Ingwer Ludwig Nommensen atau I.L. Nommensen; lahir di Nordstrand, Denmark (kini Jerman), 6 Februari 1834 adalah seorang misionaris Kristen Protestan di antara suku Batak, Sumatera Utara.Hasil dari pekerjaannya ialah berdirinya sebuah gereja terbesar di tengah-tengah suku bangsa Batak Toba yaitu Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).
 
Nommensen memberitakan Injil di tanah Batak dengan beragam cara. Ia menerjemahkan Perjanjian Baru ke dalam bahasa Toba dan menerbitkan cerita-cerita Batak. Ia juga memperbaiki sistem pertanian, peternakan, meminjamkan modal,membantu melunasi hutang dan membuka sekolah-sekolah serta balai-balai pengobatan.
 
Suatu ketika Nommensen, dikepung oleh masyarakat setempat yang tidak senang dengan kehadiran kekristenan di Tanah Batak. Mereka takut menggedor pintu dan masuk ke dalam rumahnya karena menurut kabar, Nommensen mempunyai sepucuk pistol. Jadi, yang bisa mereka perbuat adalah melempari rumahnya.
 
Nommensen tidak pernah menyesal dan takut atas perilaku saudara-saudaranya yang belum mengenal Kristus tersebut. Dia selalu berpikiran positif bahwa Tuhan bekerja melalui apa pun demi tumbuhnya kekristenan di Tanah Batak.
 
Setelah lelah melempari rumah Nommensen, pada tengah malam penduduk berhenti melempar dan berunding bagaimana caranya memaksa agar Nommensen keluar dari dalam rumah. Ketika hari sudah malam mereka kecapekan dan mulai mengantuk. Akhirnya, mereka semuanya tertidur di dekat rumah Nommensen.
 
Tengah malam Nommensen keluar rumah dan menyelimuti mereka satu per satu agar jangan sampai kedinginan oleh udara malam. Setelah mereka bangun pada pagi harinya, mereka merasa malu dan minta maaf kepada Nommensen.Penduduk setempat akhirnya menjadi pengikut Kristus yang taat & penuh semangat ,yang merupakan cikal bakal kemenangan Kerajaan Tuhan di Tanah Batak.
 
Dr. Ingwer Ludwig Nommensen diberi gelar apostles atau rasul dan diberi gelar 'Ompu' (gelar atau panggilan kehormatan untuk setiap orang yang memiliki kemampuan, kualitas pribadi dan kesalehan).
Dari semua pekabar Injil asal Eropa yang berkarya di wilayah ini, hanya beliau-lah yang mendapat gelar "Rasul Orang Batak" karena karya-karyanya,menetap cukup lama juga oleh karena beliau menyerahkan segenap hidupnya untuk melayani masyarakat Batak.
 
Ucapannya yang paling terkenal dari beliau adalah "Ya Tuhan, hidup atau mati biarlah aku berada di tengah-tengah Bangsa Batak ini untuk menyebarkan firman dan kerajaan Mu". Konon, ucapannya ini disebutkan ketika dia berada di atas bukit Siatas Barita, ketika ia memandang betapa indahnya Rura Silindung, tempat yang sekarang diberi prasasti dan salib di atasnya.
 
Nommensen meninggal pada umur 84 tahun,tanggal 12 Mei 1918. Dia menutup mata untuk selama-lamanya setelah berdoa 'Tuhan kedalam tanganMu kuserahkan rohku, Amin'.Dimakamkan di Sigumpar setelah melayani selama 57 tahun lamanya.
 
Untuk mengenang misi Nommensen,pada bulan Oktober 1993, Bupati memprakarsai pembangunan monumen "Salib Kasih" setinggi 31 meter di puncak Dolok Siatas Barita Tarutung, agar setiap orang Batak pada khususnya dan orang Kristen pada umumnya yang melihat Salib Kasih ini, diingatkan akan besarnya kasih Tuhan Yesus Kristus bagi orang batak dan bagi dunia ini.
 
Kiranya semangat,kesetiaan,pelayanan,pengorbanan dan kasih dari Ompu Nommensen dapat menjadi teladan,motivasi & inspirasi bagi kita semua untuk menjadi pelaku Firman sejati.
 
Tuhan Yesus Kristus mengasihi kita...,amin
 
 



---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo