Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, October 14, 2012

[i-kan-binaguru] Pengampunan

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Pengampunan ….

 

Apa definisi sebenarnya Pengampunan ?

 

Apa tindakan KONKRIT seseorang untuk mengampuni org yg menyakiti Anda ?

 

Ada yg menjawab, “melupakan kesalahan2nya dan tidak mengungkit2kan …”. Ada yg mengatakan “ikhlaskan aja, tidak perlu diungkit2kan masalah lalu….”.

 

Menurut Anda bagaimana ?

 

Bagiku itu bukan tindakan yg KONKRIT. Mengapa ?

 

Pertama2, kita manusia yg diciptakan dgn otak yg sangat canggih, sehingga memiliki kemampuan yg jauh melebihi kemampuan super computer manapun dgn ukuran yg sama. Sy masih yakin tdk ada manusia yg akan datang, sanggup membuat computer yg sama atau lebih dari yg Tuhan ciptakan.

 

Kalo cara “melupakan”, tidak akan menjadi tindakan yg KONKRIT karena kita tdk akan mampu melupakan orang2 yg menyakiti kita. Mungkin kasus2 kecil, masih bisa.  Tetapi bila  ketemu orang yg menyakiti itu (Si X) adalah orang2 yg sangat kamu kasihi dan sangat kamu hormati, dan dia menyakiti mu MINIMAL 3x sehari (setiap ketemu, dia pasti menyakitimu, meremehkanmu, dll), maka cara ini PASTI tidak akan berhasil.

Semakin dipaksakan untuk dilupakan, semakin ingat peristiwa2 itu (apalagi dialaminya bertubi2). Malahan semakin terlupakan akan “masa2 yg indah” dalam hidupnya.

Setiap ketemu org2 yg “mirip” dgn yg menyakitimu, Anda akan teringat si X lagi.

Bila ketemu si X, Anda lebih memilih menghindarinya…

 

Kalo cara “ikhlaskan aja”, sebenarnya cukup bagus tetapi “tanggung”. Mengapa ? Kalo anda yg memakai cara ini, ketemu orang2 yg masih “ingat” akan masa lalu yg menyakitkan, Anda akan menilai orang itu “belum ikhlas” untuk mengampuni org yg menyakitinya. Lama kelamaan Maka cara ini belum sepenuhnya dinilai sebagai tindakan KONKRIT dalam pengampunan. Malahan cara ini memperkuat cara yg diatas.

 

Berdasarkan seminar2 yg sy ikut di gereja kami, khususnya dalam seminar pasutri, di mana salah satu topiknya adalah “Pemgampunan”, memberikan wawasan yg baru bagiku.

Apa itu ?

 

Pengampunan adalah MELEPASKAN hak untuk membalas.

Biarpun Anda bisa ingat , bisa sakit hati, bisa kecewa, JANGAN membalas. Itulah tindakan KONKRIT dalam pengampunan. Lama kelamaan peristiwa2 itu hanya/cuma  sebagai memory SEJARAH/HISTORICAL bagi mu aja.

Lama kelamaan Anda bisa melupakannya.

Bila Anda yg memakai metoda ini, maka bila anda ketemu orang2, Anda akan menasihati “tidak apa2 Anda bisa ingat, asal Anda MEMUTUSKAN tidak membalasnya …”

Bila Anda ketemu orang2 yg menyakitimu, Anda lebih welcome dgn nya.

 

Sy beberapa tahun yg lalu jadi ingat waktu SD, sy mampu mengingat semua nama2 teman dan panggilan kecil nya, termasuk nama mandarin untuk org2 Tionghoa, serta tau di mana mereka tinggal dgn tepat. Waktu sejak remaja, sy mulai jadi pelupa. Jadi bukan karena belakangan sy jadi pelupa, melainkan waktu remaja. Dan diperkuat lagi rasa malu karena sy sering lupa namanya. Akhirnya sy jarang melatih diri untuk mengingat nama2 mereka lagi.

 

Dgn pandangan dan cara yg baru (“melepaskan hak untuk membalas”) ini, membantuku mengingat nama2 teman belakangan ini.

Semua cara di atas memang ada dalam pengajaran Alkitab, tetapi Alkitab lebih mengajarkan “melepaskan hak untuk membalas”, karena pembalasan adalah haknya Tuhan sendiri. Daud dalam mazmurnya meminta Tuhan untuk “mengutuk” org2 yg menyakitinya tetapi Daud sendiri tidak melakukannya melainkan menyerahkan hak pembalasannya sama Tuhan.

Itulah yg disukai Tuhan pada pribadi Daud.

 

Semoga sharing ini memberikan inspirasi bagi kita semua.

 

Shallom,

 

Pauluk

 

 

 

 

 




This e-mail and any files transmitted with it are confidential and intended solely for the use of the individual or entity to whom they are addressed. If you have received this email by mistake please notify the sender by return e-mail and delete this message from your system. Any unauthorized use or dissemination of this e-mail in whole or in part is strictly prohibited. PT Federal International Finance, which has its seat at South of Jakarta, Indonesia, including its affiliated companies, shall not be liable for the improper or incomplete transmission of the information contained in this e-mail nor for any delay in its receipt or damage to your system. PT Federal International Finance (or its affiliated companies) does not guarantee that the integrity of this communication has been maintained nor that this communication is free of viruses, interceptions or interference.

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo