Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, October 5, 2012

(e-RH) Oktober 06 -- FENOMENA GUNUNG ES

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 6 Oktober 2012
Bacaan : Mazmur 139:1-23
Setahun: Matius 8; Markus 2
Nats: "Selidikilah aku ya Allah dan kenallah hatiku, ujilah aku dan
kenallah pikiran-pikiranku. Lihatlah apakah jalanku serong dan
tuntunlah aku di jalan yang kekal." (Mazmur 139:23)

Judul:

FENOMENA GUNUNG ES

Gunung es adalah suatu bongkahan besar es air tawar yang telah
terpecah dari akumulasi endapan salju yang membatu selama rentang
waktu yang lama dan mengambang di perairan terbuka. Sekitar 80-90%
volume gunung es berada di bawah permukaan air laut, besar dan
bentuknya sulit diperkirakan hanya berdasarkan apa yang tampak di
permukaan


Hati dan pikiran manusia juga disadari Daud bagaikan gunung es.
Kompleks. Sulit ditebak hanya berdasarkan apa yang tampak di luar.
Ia pun meminta Tuhan menyelidiki hatinya. Daud mengenal Tuhan
sebagai Pribadi yang Mahahadir (omnipresence), Mahatahu
(omniscience) dan Mahakuasa (omnipotence). Tuhan hadir ketika ia
melakukan segala sesuatu (ayat 1-4), sejak terbit fajar hingga
tengah malam (ayat 9-10), sejak ia dibentuk dalam kandungan (ayat
14-16) hingga nanti ia turun ke dalam dunia orang mati (ayat 7-8).
Tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya. Pemahaman akan kemahatahuan
Tuhan bukan merupakan ancaman bagi Daud, malahan menjadi penolong
bagi dirinya yang penuh ketidaktahuan dan keterbatasan.
Kemahahadiran dan kemahatahuan Tuhan juga menjadi jaminan bahwa Dia
berkuasa menyelidiki hati, menguji pikiran, serta memperbaiki apa
yang keliru di dalamnya


Seringkali kita tampak "baik-baik saja" di luar, namun, jikalau kita
mau jujur dan mengizinkan Tuhan menyelidiki diri kita, ada banyak
hal yang mesti kita tinggalkan, perbaiki, dan mohonkan pengampunan.
Dalam kesadaran akan ketidakberdayaan kita menghadapi "fenomena
gunung es" di dalam diri, maukah kita dengan rendah hati berseru:
"Allah Yang Maha Tahu, selidikilah diriku, dan tuntunlah aku di
jalan-Mu"? --DEW

KATA HATI BISA SAJA MENIPU
MINTALAH DIUJI OLEH ALLAH YANG MAHATAHU

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-10-06
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/10/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/10/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+139:1-23

Mazmur 139:1-23

1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki
dan mengenal aku;
2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti
pikiranku dari jauh.
3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala
jalanku Kaumaklumi.
4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya,
semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.
5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau
menaruh tangan-Mu ke atasku.
6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak
sanggup aku mencapainya.
7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari
dari hadapan-Mu?
8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh
tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.
9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di
ujung laut,
10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu
memegang aku.
11 Jika aku berkata: "Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan
terang sekelilingku menjadi malam,"
12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi
terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.
13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku
dalam kandungan ibuku.
14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan
ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar
menyadarinya.
15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan
di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian
bumi yang paling bawah;
16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu
semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada
satupun dari padanya.
17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar
jumlahnya!
18 Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir.
Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau.
19 Sekiranya Engkau mematikan orang fasik, ya Allah, sehingga
menjauh dari padaku penumpah-penumpah darah,
20 yang berkata-kata dusta terhadap Engkau, dan melawan Engkau
dengan sia-sia.
21 Masakan aku tidak membenci orang-orang yang membenci Engkau, ya
TUHAN, dan tidak merasa jemu kepada orang-orang yang bangkit
melawan Engkau?
22 Aku sama sekali membenci mereka, mereka menjadi musuhku.
23 Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan
kenallah pikiran-pikiranku;

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Matius+8
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+8
http://alkitab.sabda.org/?Markus+2


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo