Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Thursday, September 6, 2012

Sharing Materi Character Building was RE: [i-kan-binaguru] e-BinaGuru: sept 2000 - sept 2012

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   
2012/9/7 Cahya, Fiertra <fiertra.cahya@hp.com>
Teman2…

Saya selalu merenungkan satu hal ini, kemana2 saya melayani (sharing pengalaman/ pengetahuan dengan GSM yang lain) juga di MILIS eBinaguru ini,

dan di EDMODO (jejaring sosial u/ belajar & sharing ilmu)… satu hal yang kelihatan agak kurang SREG di hati ini & amat saya sayangkan :

 

** KURANG-NYA niatan BERBAGI/ SHARING PENGALAMAN/ BAHAN/ PENGETAHUAN dari para GSM kita ini…


Hi Fiertra ... kok nada2nya rada FRUSTRASI gitu hehehe ...

Ini kebetulan 2 hari belakangan saya lagi upload materi2 ke situs IEC www.indonesia-educenter.net
Beberapa materi baru ada di: Sekolah Minggu (FBI, Character Building) dan Training On Line (Self Improvement)
Sudah ada puluhan artikel yang berhasil diupload, hasil bongkar2 arsip di laptop saya :-)
Semoga bermanfaat bagi teman2 semua.

Untuk yang Character Building, sebenarnya ini adalah "materi awal" sebelum saya meluncurkan buku FBI - dan jauh bertahun-tahun sebelum ide ttg FBI benar-benar "matang" :-) Jadi, materi2 inilah yang awalnya saya garap. Dan sudah pernah dipraktekkan / diujicobakan di sekolah formal. Ide dasarnya adalah, saya menggunakan pendekatan keteladanan TOKOH untuk mengajarkan ttg Character, bukan lewat "ciri-ciri" karakter tsb.

Umumnya kan kita belajar ttg karakter, misalnya: "honesty" - maka akan didefinisikan, honesty adalah bla bla bla ... Lalu diberikan contoh2nya. Padahal, kita tahu otak manusia tidak didesain untuk mengingat fakta dan data seperti itu. Jadi, yang saya lakukan adalah lewat biografi, cerita, kesaksian ttg TOKOH nyata !! melalui CERITA hidup, pengalaman, kasus, dsb ... Sehingga, melalui cerita2 tsb, anak jadi lebih mudah mengingat.

Contoh, anak belajar ttg David Livingstone, di dalam diri David Livingstone, anak akan menemukan banyak karakter baik di dalamnya, misalnya: setia, ulet, tekun, gigih, tidak mudah menyerah, sabar, dsb. Sehingga, anak memaknai setiap "jenis karakter" melalui kejadian NYATA, bukan sekedar menghapalkan. Setia adalah .... Tekun adalah ....

Proses belajarnya pun dilakukan dengan Active Learning, bukan gurunya yang sibuk cerita namun anak terlibat aktif di dalam menggali informasi seputar tokoh yang sedang dipelajari tsb.

Dan salah satu BACAAN WAJIB (menurut DR Ben Carson, dan saya pribadi telah membuktikannya!) adalah: membaca dan belajar tentang BIOGRAFI orang-orang hebat. Mengenal orang2 "hebat" (yang berjasa dalam hidup ini) otomatis akan membuat diri kita pun terinspirasi untuk menjadi "hebat".

Anak2 (bahkan kita orang dewasa juga) butuh TELADAN. Saya melihat dan mengalami sendiri, bahwa mengajarkan charater lewat keteladanan tokoh adalah salah satu cara terbaik yang paling efektif untuk menginspirasi hidup orang lain. Baik itu anak2 balita hingga para lansia - cara ini sudah saya uji cobakan, dan selalu mendapatkan hasil yang positif :-)

Silakan download sendiri ide2 materinya .. ada di situs IEC: www.indonesia-educenter.net klik di bagian Character Building dan FBI. Semoga bermanfaat! Bila ada di antara teman2 yang ingin berbagi materi seputar pelayanan anak .. silakan, mau ditaruh di situs IEC saya juga boleh kok :-) Masih ada BAAANYAAAAAAK sekali space nya. Sayang kan kalo tidak dioptimalkan. Rata2 pengunjung situs IEC per-hari sekitar 500an visitors. Tapi kalo saya lagi cerewet gini di milis, pengunjung bisa naik sedikit sampai 700an he3x ... Efektif kan?! Inilah salah satu cara yang bisa kita manfaatkan untuk bagi2 berkat kepada orang lain tanpa harus meninggalkan rumah :-)

OK .. ditunggu kontribusinya yaaa .. baik di milis ataupun di situs IEC.

GBU all,
Moderator (meilania).




---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo