Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, September 28, 2012

(e-RH) September 29 -- SEMANGAT KERDAINO

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 29 September 2012
Bacaan : 1 Korintus 9:19-23
Setahun: Maleakhi
Nats: Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku
hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak
mungkin orang. (1 Korintus 9:19)

Judul:

SEMANGAT KERDAINO

Jakarta. Macet. Keras. Rawan kejahatan. Ada banyak alasan logis
untuk hidup individualis. Namun beberapa perempuan muda melihat para
pengemis, pengamen, dan anak-anak jalanan dengan mata Yesus. Mereka
sadar, orang-orang ini bukan saja butuh makanan untuk bertahan hidup
tetapi juga Juru Selamat yang memberi hidup. Tiap usai kantor,
mereka membagikan roti di daerah-daerah kumuh sebagai jembatan untuk
memperkenalkan Yesus, Sang Roti Hidup. Mereka bisa beristirahat dan
makan enak di rumah sendiri. Tapi mereka memilih untuk peduli.


Cerita pelayanan Rumah Roti ini terlintas saat saya sedang
merenungkan pernyataan Paulus dalam 1 Korintus 9. Sikapnya luar
biasa dalam memberitakan Injil: "menjadikan diriku hamba dari semua
orang". Maksudnya jelas bukan menjual diri sebagai budak, tetapi
mengambil sikap memperhatikan orang lain, menyesuaikan diri dengan
mereka selama itu tidak bertentangan dengan hukum Tuhan (ayat
20-21). Tujuan Paulus diulang-ulang dalam ayat 19-22: untuk
"memenangkan/menyelamatkan mereka". Kerdaino, dalam bahasa
Yunaninya. Paulus tidak sedang berbuat baik karena ia sekadar ingin
berbuat baik saja. Ia melakukannya dengan tujuan agar orang
mendengar Injil dan mengenal Juru Selamat (ayat 23).


Banyak orang tidak mendengar Injil karena umat kristiani terjebak
dalam dua ekstrem. Cuek karena berbagai kesibukan, termasuk kegiatan
berlabel rohani. Atau, sangat aktif terlibat dalam kegiatan sosial
tanpa tujuan rohani. Keduanya kehilangan semangat kerdaino yang dulu
menebar Injil ke seluruh dunia. Satu tindakan kasih apa yang dapat
kita lakukan dengan semangat kerdaino hari ini? --ELS

PERHATIAN DAN PERBUATAN BAIK ADALAH JEMBATAN
UNTUK MEMBAWA ORANG SELANGKAH LEBIH DEKAT KEPADA KRISTUS.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-09-29
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/09/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/09/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Korintus+9:19-23

1 Korintus 9:19-23

19 Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku
hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak
mungkin orang.
20 Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi,
supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang
hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup
di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di
bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang
hidup di bawah hukum Taurat.
21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku
menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat,
sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup
di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang
tidak hidup di bawah hukum Taurat.
22 Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang
lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi
semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat
mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.
23 Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat
bagian dalamnya.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Maleakhi
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Maleakhi


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo