Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Thursday, July 12, 2012

Re: [i-kan-binaguru] Sharing SIL: Narnia - petualangan yang tak akan terlupakan!

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

2012/7/12 Cahya, Fiertra <fiertra.cahya@hp.com>
Bu Mei,

Anak saya ikutan SIL di Bandung tempo hari dengan materi Narnia (hari ke-1) dan FBI (hari ke-2). Menarik, anak saya bisa menceritakan dengan detail apa2 materi hari itu, tetapi sayang-nya belum bisa menerangkan "belajar apa" dari situ…

Hi Fiertra ...
Tempo hari pas di Bandung saya juga ga tau tuh yang mana anak Fiertra hehehe ...
Memang anak2 biasanya akan "kesulitan" kalo ditanya "belajar apa" dari situ. Mungkin cara bertanyanya bisa diganti, misalnya: apa yang menarik dan mengapa kamu tertarik itu? Atau dipancing dengan pertanyaan, "Menurutmu, mengapa si A bla bla bla ... dan mengapa si B melakukan bla bla bla ..."

Dari saya baca2 kesan dan pesan yang ditulis oleh anak2, rupanya yang "mendapat tempat di hati" adalah pedang2an hahahaha .... Buat saya itu bagusss .. karena "gong" nya (puncak dari message yang hendak disampaikan di Narnia) adalah membuat anak2 berani seperti para prajurit Narnia - yang siap hidup dan mati demi Aslan!
 
Untung-nya saya sudah pernah ngalamin FBI di Istora Senayan Feb lalu, jadi saya bisa ulas & bahas dengan dia "nilai" apa yang bisa kita pelajari
dari Narnia (ibu sudah jelaskan banyak di Milis, thx God) dan FBI (sudah pernah saya liat di NCWC 2012 kemarin), sekaligus u/ pegangan buat para Ortu/ GSM yang gak ikutan Bible Adventure-nya, jadi bisa sinkron dengan si anak/ ASM yang ikutan.

SIP !! ini masukan yang bagus .. lain kali dibuatin acara Camp Keluarga aja deh .. Jadi, ortunya dikasih sesi sendiri, anak2nya juga hehehe. Sebenarnya ini sudah ada ide, saya mau bikin camp gabungan SEMUA usia. Jadi, saya rencananya gini nih .. yang pemuda saya kumpulin camp tersendiri, terus dilatih untuk siapin camp buat adik2nya (remaja). Terus, yang remaja siapin camp buat adik2nya (anak2 SM). Nah, ada sesi di mana mereka semua ada di satu tempat / lokasi TAPI pisah berdasarkan kelompok usia.

Misalnya nih ... anak2 abis ngikutin sesi yang dipimpin oleh kakak2nya remaja langsung masuk sesi oleh para GSM. Sedangkan yang remaja ntar sesinya dipimpin oleh yang pemuda. Di waktu yang lain, pemuda akan mengikuti sesi yang dipimpin oleh kaum dewasa. Cuma .. belum kepikir tema besarnya apa :-) Messagenya adalah: meneruskan / mewariskan IMAN dari generasi ke generasi.

Sekedar masukkan, mungkin dibuatkan "kartu pengingat" sekedar "summary" dari materi masing2 dari Narnia & FBI (per-boat-nya).

Loh .. sudah ada semua, komplit di buku acara :-)
 
Yang menarik, sekarang anak saya sudah bisa mengerti bagaimana memainkan KWARTET FBI, dan sedikit menceritakan latar belakang/ kisah dari setiap kartu tsb..

Sip !! Itu kuartet memang sengaja dibuat supaya anak2 bisa MENGINGAT (review) materi FBI. Jadi, kalo bentuknya games, anak2 ga usah disuruh juga akan review2 sendiri kan? hehehe ... Alangkah bagusnya kalo materi2 pelajaran SM kita bisa dibuatkan games nya .. biar anak2 pada seneng "mengulang" dan "belajar" berkali-kali.
 
God bless abundant blessing & worthy rewards untuk setiap panitia, blessing u/ setiap usaha-perhatian-waktu & uang pribadi bagi terlaksana-nya event 2 hari spesial
Ini, saya kebayang bagaimana sibuk & excellent-nya kerja para panitia supaya bisa berjalan dengan baik & mengesankan peserta (dan juga panitia).

Thanks Fiertra ... semua jerih lelah sudah terbayarkan oleh sukacita selama melayani anak2 .. dan sekarang yang tertinggal adalah KENANGAN MANIEZ untuk diteruskan ke rekan2 yang lain. Saya sengaja minta dokumentasi bisa merekap semuanya dan supaya bisa dicatat (direcord) dengan baik, agar bisa jadi pembelajaran buat penerus2 kita selanjutnya. Tapi sampe sekarang belum juga terkumpul lengkap hehehe .. maklum, abis SIL kan pada pergi berlibur ... ini juga mulai masuk sekolah (sebagian) jadi saya kudu sabarrrrrrrrr .... saya juga pengin liat foto2 lainnyaaaa.

Sayanggggg…. Saya gak punya (diberi) kesempatan berpartisipasi sebagai panita "lepasan" (voulenteer), dah lama pingin main pedang2an seperti masa kecil aku dulu
(tepat-nya main angar dari bambu), He3x… Kalau ada di Jakarta, saya pasti ikutan jadi panitia deh, ayo kalo berani dimari, he3x…

hahahaha ... untuk sementara memang sulit nerima volunteer - karena persiapannya kapannnn????
Kalo mau sih, mungkin ide untuk Training GSM di Bandung (dimana saya bisa kerahkan Team FBI dan Narnia) bisa mulai diseriusin. 

Oya, untuk foto2 SIL Narnia behind the scene (kegiatan2 di belakang layar / pas persiapan) bisa dilihat di sini:
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150944787687913.407728.539517912&type=3&l=859d600432

GBU all
Moderator (meilania).

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo