Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, July 11, 2012

pro Louise was Re: [i-kan-binaguru] Sharing SIL: Narnia - petualangan yang tak akan terlupakan!

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

2012/7/8 louise utami <louiseutami895@gmail.com>
Syalom Kak..

Selamat ya atas suksesnya  SIL Narnia. SIL Narnia lebih cocok untuk
anak-anak Perkotaan... kalo di buat di Kota kecil/pedalaman Indonesia rasanya sulit
oleh sarana dan prasarana ga lengkap...
ada ide untuk model SIL Narnia versi pedesaan tanpa Ligthing dan poster2 Narnia?
(maksudnya hanya memakai sarana sederhana)

Oooh .. BANYAK sekali ide-ide lain yang bisa dipakai :-)

Pertama, tentukan dulu tema yang hendak diangkat itu apa.
Kalau untuk narnia, tujuannya adalah mengajak anak2 berpetualang di negeri dongeng (narnia) sembari mereka bisa ikut merasakan gimana rasanya jadi prajurit yang berjuang bagi Aslan, sang pemimpin agung dan pencipta mereka (bila dikaitkan dengan kita, itu berarti Yesus)

Kedua, barulah menyesuaikan desain acara termasuk perlengkapan dll nya sesuai budget dan keadaan lokasi.

Ini saya sedang mempersiapkan follow up narnia untuk versi REMAJA tanpa anggaran sama sekali alias NOL !!
Abis ini saya akan persiapkan para mentor untuk memimpin PA (pemahaman alkitab) tapi dengan mengulas novel narnia - yang dikaitkan dengan kebenaran Firman Tuhan yang hendak disampaikan oleh si penulis, CS Lewis. Soalnya lagi demam narnia nih .. sayang kalau tidak difollow up. 

Dalam hal ini, narnia cuma "kemasan" yang menarik perhatian anak2 / remaja, untuk content dan pengajaran, tetep FIRMAN TUHAN.

Kalau Louise ngikutin sharing saya ttg FBI, di situ ada beberapa tokoh yang bisa disajikan dengan perlengkapan yg sangat MINIM, contohnya: Oseola McCarty (tukang cuci baju) - nah .. perlengkapannya kan cuma tali jemuran ama jemurannya hehehe .. boleh lah ditambah ember cucian, setrika, dsb. Lalu ada David Livingstone - misionaris di Afrika ... ini malah bagus kalo di pedesaan (tempo hari tim saya terpaksa menyulap ruangan di Istora menjadi hutan belantara di Afrika, lah kalo di pedesaan, enak donk .. tinggal duduk di ladang / sawah :-) Billy Graham dengan setting peternakan juga OKE banget untuk lingkungan pedesaan .. malah SUASANAnya lebih masuk dan bisa "lebih diterima" oleh anak2 di sana.

Barusan saya liat camp anak nasional di GKT (yang diadakan di ITA, Lawang) mereka membuat area komposer kristen .. lah ini tambah gak butuh perlengkapan apa .. cuma disetelin musik2 klasik serta gambar2 yang menunjang .. itu aja suasananya dah bagussss ... 

Jadi, menurut saya, masalah utamanya di sini adalah KREATIVITAS dan bagaimana kita bisa mengemas acara dengan menarik dan cocok untuk anak2. 

Saya belajar untuk tidak membuat "budget" menjadi penghalang.

Alasan saya adalah sbb.

1. Saya yakin kreativitas dan akal sehat akan menolong kita mengatasi masalah "budget". Saya bisa membuat program menarik, dengan anggaran NOL ataupun puluhan hingga ratusan juta :-) Dan ini keduanya sudah pernah saya lakukan kok hehehe ...

2. Saya percaya, saat kita mendesain sebuah program yang baik dan memang program tsb LAYAK untuk digarap, maka yakinlah .. budget sebesar apa pun akan TERSEDIA tepat pada waktunya. Saya sudah berkali-kali mengalami ini, sehingga buat sebagian orang yang tidak mengenal kehidupan saya (di masa lalu) mereka akan kaget dan melihat saya sbg orang yang paling nekad :-) tetapi saya punya bahasa lain untuk "nekad", yaitu: IMAN

Apa bedanya nekad dengan iman?
Nekad itu mengandalkan keberanian dan kemampuan diri sendiri, terkesan ceroboh karena tidak berhitung dengan bijaksana. Iman itu mengandalkan Tuhan. Coba bayangkan .. kalau memang ide2 itu yang memimpin adalah Tuhan, yang memberikan adalah Tuhan, yang menunjukkan adalah Tuhan, yang menggerakkan adalah Tuhan, masakan DIA tidak akan menyediakan segala yang dibutuhkan? Kita ini kan cuma "alat" di tanganNya.

Pernah dalam satu kali kesempatan saya sharing di hadapan "orang2 penting" :-) .. banyak  yang terkagum-kagum dan bertanya, kok bisa saya punya ide seperti itu. Saya sempat kaget juga .. dan berpikir, loh iya yah .. kenapa yah? Dan akhirnya saat itu juga saya langsung menemukan jawabannya. Itu bukan saya kok .. semuanya adalah PEMBERIAN dan sifatnya itu cuma TITIPAN. Anggaplah saya ini seperti "messenger boy/GIRL" kali yah hehehe ... yang tugasnya cuma menyampaikan "pesan". Justru kalo saya DIEM aja (karena takut dianggap kontroversial, ato kuatir dana gereja ga cukup, ato merasa idenya terlalu sulit untuk dilakukan) saya malah SALAH ... Wong sudah "dititipi" kok malah ga jadi disampaikan itu gimana?

Buat saya, ini memang seperti perjalanan IMAN .. sebuah proses pembelajaran yang luar biasa indahnya (sekaligus kadang agak menegangkan he3x). Saat kita bisa melihat bagaimana Tuhan sendiri yang akan mencukupkan segalanya pada waktuNya dan sesuai dengan rencanaNya, bukan seperti keinginan pribadi kita.

Dalam setiap program yang saya rancang, saya selalu berhitung dan membuat perencanaan. Memang kadang angkanya terlihat fantastis .. tetapi kalau dilihat tujuan dan manfaat yang dicapai, angka-angka tsb sangat bisa dipertanggungjawabkan DARIPADA sekedar membuat program yang "biasa-biasa" saja / yang konvensional tapi tanpa hasil yang jelas. Dan setiap program saya pastilah bisa di-reproduksi (bisa dilakukan berkali-kali) sehingga bisa dikategorikan sebagai investasi jangka panjang. PLUS keuntungan2 lainnya yang sifatnya non-material. Misalnya: untuk program FBI dan Narnia, saya sudah membimbing ratusan orang (mulai GSM hingga para pemuda pengurus remaja) untuk lain kali bisa mengerjakan hal2 serupa TANPA membutuhkan saya lagi. Bukankah ini program pemberdayaan yang paling efektif :-)

oh iya,  Gimana caranya dapetin Novel-novel tentang Narnia???
jadi pengen baca Novel ttg Narnia untuk tahu lebih lengkap historynya...
Salam

Setahu saya, di Indonesia ini susah banget ngedapetin novel narnia. Biasanya kita bisa dapat di toko yang menjual buku2 bekas, ato kalo pas ada buku2 "sisa" (tapi masih buku baru) .. jadi memang dibutuhkan keberuntungan tingkat tinggi untuk mendapatkannya. Dan saya bersyukur .. sepertinya saya termasuk orang yang beruntung :-) Karena beberapa waktu lalu di Surabaya - ga tau tuh, ada event apa - ditemukan 6 set novel narnia lengkap hehehe .. Di Bandung, ada teman yang bilang katanya ada 3 set novel narnia lengkap juga. Ini jadinya kayak berburu harta karun aja :-) 

Kalo ada yang berminat, boleh hubungi saya via jalur pribadi deh  ... 
Kali aja masih ada buku2nya ... JANGAN reply e-mail ini loh ya! tapi ke: meilania.chen@gmail.com

OK .. selamat melanjutkan aktivitas!
GBU all.

Moderator (meilania).

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo