Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, May 20, 2012

[i-kan-binaguru] Kemampuan otak tak terhingga.

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Dear all,

Penelitian  tentang otak menunjukkan bahwa otak manusia paling sedikit terdiri dari 100 milyar sel otak aktif. Dalam setiap menit,sel-sel otak itu mampu menciptakan sambungan baru tidak kurang 100 ribu jalur. Dengan potensi yang begitu besar,tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak menjadi cerdas.

Kita dapat mengambi otak orang cerdas dengan orang biasa. Umpamanya otak Einstein berkembang 10% lebih baik dari otak orang biasa. Perkembangan ini terjadi pada bagian otak matematis dan verbal yang merupakan parameter IQ. Sementara otak matematis dan verbal adalah bagian kecil dari keseluruhan otak manusia sekitar 20%. Jadi otak Einstein berkembang lebih baik dari orang biasa,kira-kira sebesar 2%. Dari perhitungan sederhana diatas,kita boleh optimis bahwa pendidikan uang baik dapat melahirkan orang-orang besar sekaliber Einstein. Pendidikan hanya bertanggungjawab mengembangkan otak manusia 2%.

Lalu timbul pertanyaan:"Mengapa banyak orang bodoh dan tidak kreatif?" Atau lebih tepatnya mengapa banyak orang yang otaknya tidak berkembang?" Manusia memiliki tipe tertentu dalam menyerap informasi yaitu: auditif(pendengaran),Visual(dgn gambar) dan kinestesik(dengan pergerakan). Sementara dalam mengolah informasi ada empat tipe yaitu sekuensial kongkret,sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak.

Kita mungkin mengharap bahwa ada tipe terbalik dibanding tipe lain. Sehingga ada orang yang lebih cerdas. Ternyata tidak ada. Semua tipe tersebut adalah baik. Orang akan cerdas apabila ia menerima dan mengolah informasi sesuai dengan tipenya.Orang-orang akan tampak bodoh bila bila sistem pendidikan tidak mengakomodasi tipenya. Dengan demikian tugas pendidikan adalah mengidentifikasi tipe-tipe anak didik kemudian menyusun rencana pendidikan yang sesuai..Tidak tepat memperlakukan anak didik dengan cara yang sama.

Wals







---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo