--------------------------------------------------------------------- e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU ---------------------------------------------------------------------
Terima kasih bt idea nya pak walz, boleh di coba tuh, GBU
Sent from BlackBerry® on 3
From: walsinur silalahi <walsinur.silalahi@yahoo.com>
Sender: i-kan-binaguru@hub.xc.org
Date: Wed, 25 Apr 2012 01:53:40 +0800 (SGT)
To: Diskusi e-BinaGuru<i-kan-binaguru@hub.xc.org>
ReplyTo: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Subject: [i-kan-binaguru] Strategi pengembangan menghitung
--------------------------------------------------------------------- e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU ---------------------------------------------------------------------
Teman-teman GSM
Tip dibawah mudah dipraktekkan agar anak-anak didik kita memiliki kesenangan dalam hitung-menghitung.
Untuk pengembangan menghitung tidak terbatas hanya dalam pelajaran matematika. Guru didorong membicarakan angka dluar pelajaran matematika seperti mata pelajaran sejarah dan geografi.Guru dapat memusatkan perhatian statistik penting umpanya jumlah korban jiwa dalam perang,atau dalam peristiwa alam seperti sunami.Akan tetapi bagaimana penerapannya dalam pelajaran Sastera?
Banyak novel dan cerpen dan karya sastera lain yang bisa merujuk kepada angka. Dalam Novel karya Virginia woolf,disebutkan tentang uang 50 pound untuk memperbaiki atap rumah. Berapa jumlah uang tersebut bila dikurskan ke mata uang rupiah? Atau seorang laki-laki dapat menghitung berapa lama ia bertahan menyelam dalam air dibandingkan dengan seorang penyelam yang sudah berpengalaman. Bagian-bagian dalam karya sastera tersebut merupakan sumber dalam pemikiran matematis.
Dengan memberikan perhatian khusus pada angka yang menarik dalam mata pelajaran non matematis. Murid dapat memahami bahwa matematika tidak hanya ditemukan dalam mata pelajaran matematika,tapi juga dapat kita ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.Maka pelajaran matematika itu bisa lebih menarik. Masik banyak contoh yang bisa kita gunakan bila kita bepergian bersama dengan anak-anak.Yaitu menghitung jumlah pohon yang dari sekolah hingga tempat tinggal murid.
Selamat mencoba dan semoga anak-anak kita memiliki kecerdasan menghitung sehingga dia menjadi anak cerdas.
Wals
--------------------------------------------------------------------- Bergabung kirim e-mail ke:Berhenti kirim e-mail ke: Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru ---------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------- Bergabung kirim e-mail ke:Berhenti kirim e-mail ke: Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru ---------------------------------------------------------------------