Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Tuesday, April 24, 2012

[i-kan-binaanak] [e-BinaAnak] Edisi 582/April 2012 -- Serupa dengan Kristus (IV)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-BinaAnak -- Serupa dengan Kristus (IV)
582/April/IV/2012

DAFTAR ISI
BAHAN MENGAJAR: MENJADI MANUSIA BARU
MUTIARA GURU: KETELADANAN MASIH BERBICARA LEBIH KERAS DARIPADA KATA-KATA
STOP PRESS: DVD LIBRARY SABDA ANAK 1.2

Shalom,

Hal terpenting dalam melayani anak-anak sekolah minggu ialah bagaimana kita bisa membawa setiap anak layan kita mengenal dan menjadi serupa dengan Kristus. Sebagai pelayan anak, sudah seharusnya kita membimbing dan memberi teladan yang sesuai dengan karakter Kristus. Langkah awal untuk bisa menjadi serupa dengan Kristus ialah menyadari bahwa hidup kita sudah ditebus oleh darah Kristus dan menjadi ciptaan yang baru. Untuk itu melalui edisi e-BinaAnak kali ini, kami memberikan permainan aplikatif yang bisa mengajar anak untuk menjadi manusia baru, supaya mereka bisa melihat kasih dan karakter Kristus di dalamnya.

Tuhan Yesus memberkati.

Staf Redaksi e-BinaAnak,
Santi Titik Lestari
< http://pepak.sabda.org/ >


BAHAN MENGAJAR: MENJADI MANUSIA BARU

Persiapan:
1. Balon warna hitam, merah, dan putih.
2. Paku payung, lem, dan pompa tangan.

Cara bermain:
Tunjukkan sebuah balon berwarna hitam, kemudian letuskan secara tiba-tiba, maka balon akan berubah warna menjadi merah. Kemudian letuskan balon berwarna merah, maka balon akan berubah warna menjadi putih.

Rahasianya:
1. Masukkan balon warna putih dalam balon warna merah, kemudian masukkan lagi ke dalam balon warna hitam sebelum diisi angin.

2. Sekarang, Anda memunyai sebuah balon warna hitam yang di dalamnya berisi balon warna merah dan putih. Lalu, pompa balon warna putih dan isi sedikit balon hitam dan merah, agar ada rongga di antara balon tersebut.

3. Letuskan balon tersebut dengan cara menusuknya dengan paku payung yang telah Anda lekatkan di kuku jari tangan Anda tanpa terlihat.

Pelajaran Rohani

"Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali." (Yohanes 3:7)

Permainan sulap ini dapat digunakan sebagai ilustrasi proses menjadi manusia baru dengan perubahan warna balon hitam sebagai manusia berdosa, lalu ditebus dengan darah Yesus yang dilambangkan dengan balon merah. Dan akhirnya menjadi baru dengan hati yang suci dan dilambangkan dengan balon putih.

Diambil dari:
Judul buku: 16 Sulap Asyik: Cara Kreatif untuk Mengajarkan Firman Tuhan kepada Anak-anak
Judul asli artikel: Menjadi Manusia Baru (2)
Penulis: Igrea Siswanto
Penerbit: Penerbit ANDI, Yogyakarta 2007
Halaman: 51 -- 52


MUTIARA GURU: KETELADANAN MASIH BERBICARA LEBIH KERAS DARIPADA KATA-KATA

Sebagaimana prinsip pengajaran pada umumnya, keteladanan selalu menjadi sumber pengajaran yang tiada bandingnya. Seorang guru sekolah minggu, mau tak mau, adalah panutan rohani bagi para muridnya. Seluruh kehidupan guru menjadi terbuka bagi anak-anak. Oleh sebab itulah, para guru harus selalu menjaga kehidupan pribadinya bersih, berkenan di hadapan Allah dan manusia. Jagalah agar setiap gerak tubuh, ucapan, dan perbuatan kita, termasuk pada saat santai atau bergurau sekalipun, tidak menjadi batu sandungan bagi anak sekolah minggu, dan selalu mencerminkan karakter Kristus. Ingatlah bahwa satu rekaman perbuatan maupun perkataan seorang guru sekolah minggu yang telah melekat di benak anak, tidak mudah dihapuskan.

Diambil dari:
Judul buku: 100 Tips Mengajar Sekolah Minggu
Penulis: Agustina Wijayani
Penerbit: Footprints Publishing, 2011
Halaman: 54


STOP PRESS: DVD LIBRARY SABDA ANAK 1.2

Telah hadir produk terbaru Yayasan Lembaga SABDA berupa DVD "Library SABDA Anak 1.2", yang memuat 10.000+ bahan pelayanan anak.

DVD "Library SABDA Anak 1.2" adalah sebuah perpustakaan digital, yang berisi: cerita-cerita Alkitab dalam format video, audio, gambar, komik dan animasi; dan bahan-bahan lain seperti Software Alkitab SABDA, Alkitab mobile (HP), ribuan artikel pelayanan Anak dan ratusan e-Buku Kristen. Semua bahan ini tersedia untuk melengkapi pelayanan hamba Tuhan, guru sekolah, sekolah minggu, dan juga para orangtua. Selain bermanfaat untuk dipakai sebagai alat peraga, bahan-bahan ini juga menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan pelayanan anak di manapun Anda berada. Harapan kami DVD ini juga dapat tersebar dengan mudah, karena gratis dan dapat dicopy atau diberikan kepada rekan-rekan pelayan lain yang membutuhkan. Tetapi tidak diizinkan untuk menggandakan DVD ini guna tujuan komersial.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan DVD di atas, silakan kontak: < ylsa(at)sabda.org >. Apabila Anda rindu mendukung pelayanan YLSA dengan dana, agar YLSA bisa membagikan DVD "Library SABDA Anak 1.2" secara gratis kepada lebih banyak orang, silakan kirim ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579


Kontak: < binaanak(at)sabda.org >
Redaksi: Davida Welni Dana, Santi Titik Lestari, dan Melina Martha
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/binaanak >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org >

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo