Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Monday, April 23, 2012

(e-RH) April 24 -- SEHATI SEPIKIR

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 24 April 2012
Bacaan : 1 Korintus 1:10-17
Setahun: 1 Tawarikh 3-5
Nats: Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan
kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada
perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat
bersatu dan sehati sepikir. (1 Korintus 1:10)

Judul:

SEHATI SEPIKIR

Perselisihan di dalam komunitas orang percaya? "Ah, sudah biasa, "
kata seorang teman. Jemaat Tuhan kan tidak terdiri dari para
malaikat, tetapi orang-orang berdosa yang sudah diampuni? Ya, benar.
Namun, kalau perselisihan tidak diselesaikan, apalagi perpecahan
dihasilkan, bukankah hal itu menyedihkan?


Komunitas orang percaya di Korintus juga mengalami perselisihan
(ayat 11-12). Kepada mereka Paulus menasihatkan: Bersatulah!
Kesatuan seperti apa yang Paulus maksudkan? Dalam bahasa aslinya
kata "sehati sepikir" adalah satu di dalam nous [akal budi] dan
gnome [rasio]. Jadi, Paulus tidak sedang mengatakan: "Oke, tidak
apa-apa kalian berbeda pendapat, yang penting kalian rukun satu sama
lain." Sebaliknya, Paulus mendesak mereka menggunakan akal budi dan
rasio untuk memahami kebenaran. Selera dan kepentingan pribadi atau
kelompok semestinya ditundukkan di bawah kebenaran itu. Ini selaras
dengan nasihat-nasihat Paulus dalam suratnya yang lain (lihat Roma
15:5-6; Efesus 4:1-6, 13). Kesatuan jemaat harus dilandaskan pada
apa yang benar agar dengan satu suara jemaat dapat memuliakan Tuhan.


Apakah ada perbedaan pendapat di dalam komunitas Anda? Mari duduk
bersama dan mencari tuntunan Tuhan. Mohon Roh Kudus memberi
kejelasan melalui Firman Tuhan, apa yang benar dan berkenan
pada-Nya. Jika pendapat kita keliru, dengan rendah hati kita mengaku
dan menyelaraskan diri dengan Firman Tuhan. Jika pendapat kita
benar, tetaplah rendah hati dan dengan kasih merangkul rekan yang
tadi keliru, lain waktu mungkin kitalah yang perlu diluruskan. --ELS

KETIKA JEMAAT TUHAN SEHATI SEPIKIR DI DALAM KEBENARAN,
FIRMAN DITERAPKAN, TUHAN DIMULIAKAN.


e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-04-24
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/04/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/04/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Korintus+1:10-17

1 Korintus 1:10-17

10 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan
kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada
perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat
bersatu dan sehati sepikir.
11 Sebab, saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh
orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada
perselisihan di antara kamu.
12 Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku
dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku
dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.
13 Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena
kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?
14 Aku mengucap syukur bahwa tidak ada seorangpun juga di antara
kamu yang aku baptis selain Krispus dan Gayus,
15 sehingga tidak ada orang yang dapat mengatakan, bahwa kamu
dibaptis dalam namaku.
16 Juga keluarga Stefanus aku yang membaptisnya. Kecuali mereka aku
tidak tahu, entahkah ada lagi orang yang aku baptis.
17 Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk
memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat perkataan,
supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+3-5
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+3-5


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo