Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Thursday, April 26, 2012

[i-kan-binaguru] Keluarga yang benar dan tantangannya.

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Keluarga yang benar dan tantangannya
Oleh:Walsinur.S

Membangun iman bukanlah proyek kilat yang dapat menghasilkan secara instant. Hubungan yang saling terbuka diantara anggota keluarga merupakan proses panjang dan memerlukan usaha yang terus-menerus. Keluarga yang tinggal diperkotaan dimana lokasi pekerjaan orangtua jauh dari tempat tinggalnya maka keterbatasan waktu merupakan tantangan menjalin  hubungan yang bermakna.
Setiap pasangan seharusnya menggumuli komitmen mereka untuk mengasihi dan mendidik anak. Keputusan untuk memiliki anak harus merupakan pilihan yang didasarkan kepada tanggungjawab mereka dalam pengembangan anak. Bila kedua orangtua bekerja,mereka harus menggumuli siapa yang tepat mengasuhnya,karena tahun-tahun pertama sangat menentukan perkembangan kepribadian anak.

Aktualisasi diri orangtua dalam bekerja memang penting sebagai tanggungjawab di hadapan Tuhan.Namun demikian motivasi orangtua untuk menyerahkan anak kepada pengasuh pengganti juga harus dianalisa. Motivasi pementingan dan pemuasan diri untuk bekerja,tidak adanya kerelaan untuk berkorban bagi orang lain,termasuk untuk anak sendiri,tentu saja harus dihindari.
Pada masa sekarang sangat dimungkinkan anggota –anggota keluarga saling berjauhan dan tidak memiliki waktu untuk melakukan komunikasi yang bermakna. Walaupun mereka bersama-sama ada di rumah,belum tentu menjamin kebersamaan yang mempererat hubungan satu sama lain.Duduk berjam-jam di depan computer,menonton TV atau asyik SMS,sudah menjadi ciri kehidupan keluarga masa kini.
Gejala-gejala tersebut menunjukkan bahwa saat ini orang lebih dekat dengan tele keluarga yang berada di luar rumah dari pada dengan keluarga biologisnya. Walaupun TV maupun internet merupakan media yang ampuh bagi masuknya ajaran tentang kekerasan dan hal-hal buruk lainnya,orangtua tidak bisa melarang anak-anak menonton TV atau menggunakan internet,tanpa mengembangkan alternative kegiatan yang kreatif yang dapat menunjang kebersamaan dalam keluarga.

Meskipun banyak perempuan yang berperan ganda,namun masih banyak laki-laki yang menganggap bahwa urusan rumah tangga dan urusan anak sebagai urusan isteri. Sikap tersebut merupakan bentukan budaya yang tidak berdasarkan Firman Tuhan. Dari petunjuk Paulus dalam Efesus 6;4,tampak bahwa para ayah diperintahkan untuk mendidik anak-anak didalam ajaran dan nasehat Tuhan.
Salahsatu peran yang sering kurang disadari oleh para ayah adalah peran untuk memperkenalkan Bapa Surgawi jkepada anak-anak. Ayah yang tidak akrab,tidak hangat,hanya menuntut dan menghukum akan mewariskan kepada anak-anak pengertian yang salah tentang Allh Bapa.. Konsep  Bapa Yang Maha Pengasih akan sulit dipahami anak-anak yang memilikipengalam buruk dengan ayahnya.

Bila orangtua terlalu cepat marah tanpa ingin tahu masalah yang dihadapi anak,akan menyebabkan anak tersebut "malas "berbicara kepada orangtuanya. Hal ini tentunya merugikan,terlebih lagi ketika mereka banyak menghadapi hal-hal baru di masa remajanya.
Anak-anak yang dibesarkan di dalam keluarga yang hangat dengan kasih dari kedua orangtuanya,tidak mudah tergoda untuk mencari "kasih saying" di luar keluarganya.

(Wals)

---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo