Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Tuesday, April 24, 2012

[i-kan-binaguru] Belajar sebagai ketrampilan.

---------------------------------------------------------------------  e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU    ---------------------------------------------------------------------  

Dear all,

Belajar adalah suatu ketrampilan,namun sayang sekali banyak orang mengabaikan ketrampilan belajar,padahal ketrampilan tersebut merupakan ketrampilan dasar. Ada beberapa ketrampilan belajar ,antara lain:

1.Ketrampilan mengingat.
Waktu di Sekolah minggu kita menghafal nama-nama kitab dengan menyanyikan. Kita berpikir ini adalah cara anak kecil belajar.Padahal cara tersebut sangat efektif untuk membantu kita mengingatnya.

2.Ketrampilan kecepatan membaca.
Ketrampilan ini perlu dimil;iki setiap orang agar mereka dapat membaca dan mengerti dengan cepat  apa yang ditulis dalam Alkitab. Kebutuhan membaca cepat  dari bahan cetakan maupun elektronik tidak dapat ditawar lagi.Mengingat di era informasi ini banyak sekali informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar,maka kita perlu memiliki straregi penyerepannya secara cepat supaya tidak ketinggalan jaman.

3.Ketrampilan mencatat.
Mengingat keterbatasan kita mengingat semua yang kita baca atau dengar, maka ketrampilan mencatat menjadi solusinya. Kita harus membiasakan diri mencatat tiap kotbah agar dapat melakukannya dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga ,dalam pekerjaan kita sebagai pedoman hidup yang berkenan dihadapan Tuhan .

4.Ketrampilan berpikir kritis dan kreatif.
Ketrampilan ini terdiri dari ketrampilan,memecahkan masalah,merumuskan,berargunentasi ,Berinovasi.
Ketrampilan2 diatas tidak harus diajarkan secara terpisah-pisah,karena ketrampilan tersebut dapat dipelajari secara bersamaan dengan materi yang akan diajarkan. Misalnya sewaktu acara PA berlangsung,peserta sekaligus diberikan lathan membaca cepat,berpikir kritis dan mencatat. latihan-latihan tersebut perlu dilakukan agar peserta bukan hanya  trampil belajarm,namun lebih dari itu yaitu menjagi SDM yang mandiri.

"Belajar Mandiri" tidak sama dengan 'Belajar sendirian' Belajar mandiri berarti dapat memanfaat lingkungan di luar dirinya untuk memecahkan masalah belajarnya. Dengan penguasaan ketrampilan diatas,kita bisa menjadi konselor  untuk diri sendiri. Harapan kita kepada gereja ialah menjadi gereja pembelajar(Learring Church) sebagai idaman setiap insan.

Wals
















---------------------------------------------------------------------   Bergabung kirim e-mail ke:        Berhenti kirim e-mail ke:       Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru  ---------------------------------------------------------------------  
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo