Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, April 25, 2012

[i-kan-binaguru] Mozaik

---------------------------------------------------------------------  e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU    ---------------------------------------------------------------------  

Mozaik
PDF Cetak E-mail


Shalom,
 
Mosaik dalam bahasa Indonesia adalah sejenis virus yang tumbuh berupa bercak kekuning-kuningan di daun yang diakibatkan oleh serangga.Dalam ornamen bangunan kita sering melihat  mozaik yang indah dipandang mata. Penulis ingin mengajak pembaca  memandang masalah yang kita hadapi menjadi mozaik indah dalam kehidupan kita. Lha, koq masalah dipandang hal yang indah? Pertanyaan ini wajar kita lontarkan.
 
Dalam perjalanan kehidupan setiap orang,masalah selalu ada,sekalipun kita rajin berdoa sampai keluar air mata,rajin mendengar Firman Tuhan,setia memberikan perpuluhan. Itu bukanlah jaminan bahwa masalah tidak muncul lagi.Pertanyaannya adalah bagaimana kita menghadapi masalah yang menimpa kehidupan kita?.
 
Ilustrasi dibawah mungkin bisa mencerahkan pembaca.
Seorang isteri sering kena damprat,dipukul oleh suaminya,bila melihat perlakuan isteri yang tidak berkenan dihatinya. Dengan sabar sang isteri berusaha untuk bersikap tabah dan mencari alasan mengapa suami berbuat demikian. Ternyata kehidupan demikian sudah dianggap biasa dalam kehidupan sang suami. Sejak kecil dia suka mendapat pukulan dari ayahnya bila ada kesalahan kecil ditemukan. Kekerasan sudah menjadi santapan harian sejak kecil.Setelah berkeluarga karakter ini muncul lagi dalam diri suami dan melakukan hal yang sama kepada isterinya.Dia memiliki pemahaman yang salah bahwa isterinya itu harus tunduk secara total kepada suami. Dia tidak mengetahui,kalau isteri tunduk,dia juga harus mengasihi,melindungi isteri dan menciptakan perasaan tenteram.
 
Suatu saat dalam suatu pertengkaran yang hebat  suami tiba-tiba memecahkan keramik perhiasan sampai berkeping-keping.Sambil meneteskan air mata,sang isteri memungut pecahan tersebut dan berusaha membentuknya kembali menyerupai bentuk aslinya.Keramik ini adalah keramik kesayangannya. Dengan tekun dan teliti dia sambungkan satu per satu kepingan,dan merekatkannya dengan lem yang warnanya beda dengan warna keramik. Setelah diperhatikan,warna tersebut memberikan hiasan tersendiri dan nampak lebih indah dari bentuk aslinya.Kejadian ini membuat sang suami sadar akan tingkah lakunya. Tak lama kemudian sang suami mengajak isterinya makan pecal lele bersama petai goreng.Petai gorengnya dikupas sang isteri dan memasukkannya ke piring suminya dengan perasaan kasih sayang
 
Dalam hal ini sang isteri bisa membentuk kembali hiasan yang pecah itu seperti mozaik yang indah dipandang mata. Kita juga memiliki kemampuan untuk membentuk hati kita yang telah tercabik-cabik oleh suami-isteri maupun dengan masalah-masalah yang meremukkan hati kita asalkan kita menyerahkan kepada ahlinya yaitu Dia yang telah memberikan kita hidup.

Oprah Winfrey yang masa remajanya diperkosa hingga hamil bisa bangkit dari keterpurukannya,dan dia saat ini menjadi salahsatu presenter  wanita yang terkenal dalam dunia televisi. Dari tekadnya untuk bisa survive,dia menjadi salahsatu donatur pada pendidikan anak-anak miskin di Afrika.

Tantular dalam tekanan politik bisa menghasilkan karya tulisnya dari dalam penjara.

rasul paulus juga menulis surat-suratnya dari dalam penjara yang saat ini bisa kita baca kisahnya dalam  Injil Perjanjian baru.

Orang-orang yang memiliki tubuh yang cacat atau anggota tubuh tidak lengkap sering kita tonton dalam acara "Kick Andi".mereka bisa meracik kehidupannya menjadi bermanfaat,bukan menjadi beban bagi lingkungannya.

Kenyataannya,banyak manusia tidak bisa meracik lagi kehidupan yang sudah  hancur dan memilih "pasrah" dan putus asa. Dimana rahasianya? Rahasianya adalah memulai tekad survive  dari diri sendiri dan tentunya mengandalkan Tuhan yang menciptakannya. There is a will,There is a way.

Walz
 
 
  
 

---------------------------------------------------------------------   Bergabung kirim e-mail ke:        Berhenti kirim e-mail ke:       Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru  ---------------------------------------------------------------------  
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo