Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, May 10, 2013

(e-RH) Mei 11 -- BERDOA DENGAN RENDAH HATI

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 11 Mei 2013
Bacaan : Mazmur 41
Setahun: 1 Tawarikh 1-2
Nats: Kalau aku, kataku: "TUHAN, kasihanilah aku, sembuhkanlah aku,
sebab terhadap Engkaulah aku berdosa!" (Mazmur 41:5)

Judul:

BERDOA DENGAN RENDAH HATI

Bagaimanakah sikap doa yang benar di mata Tuhan? Tentu bukan doa
yang meminta-minta demi kepentingan pribadi. Apalagi doa yang
menuntut janji Allah, seakan-akan Allah berutang kepada kita untuk
mengabulkan doa kita. Mazmur ini mengajarkan cara berdoa yang benar,
yaitu dengan kerendahan hati.



Sikap rendah hati ditunjukkan pemazmur dengan menyadari dosanya di
hadapan Tuhan. Ia juga mengakui bahwa ia tak sanggup menghadapi para
musuh yang merencanakan kecelakaan padanya. Ia meminta pertolongan
Tuhan agar ia sanggup menghadapi mereka. Keberanian itu bukan muncul
dari kesombongan, sebaliknya dari sikap yang rendah hati dan tulus.
Dengan kata lain, pemazmur percaya bahwa Tuhan melihat motivasi
hatinya dan berkenan kepada doanya. Mazmur ini ditutup dengan suatu
pujian, yang sekaligus menutup rangkaian mazmur bagian pertama.
Rangkaian mazmur yang didominasi permohonan ini ditutup dengan satu
kesimpulan: Tuhan berkenan mendengar dan menjawab doa yang tulus dan
dipanjatkan dalam kerendahan hati.



Tuhan mendengarkan doa yang datang dari kerendahan hati. Salah satu
wujud kerendahan hati adalah memiliki sikap peduli pada orang yang
lemah. Sikap itu muncul karena kesadaran bahwa dirinya penuh
kelemahan dan butuh pertolongan juga. Tuhan berkenan pada doa
seperti itu. Sikap rendah hati menyatakan keterbukaan untuk menerima
kasih dan pertolongan Tuhan. Dengan mengalami kasih dan
pertolongan-Nya, kita pun tergugah untuk memedulikan sesama. --ENO

BERDOA ADALAH MENYADARI KETERBATASAN KITA SEBAGAI MAKHLUK
DAN MENANTIKAN PERTOLONGAN SANG PENCIPTA YANG MAHAKUASA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/05/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/05/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+41

Mazmur 41

1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (41-2) Berbahagialah orang
yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada
waktu celaka.
2 (41-3) TUHAN akan melindungi dia dan memelihara nyawanya,
sehingga ia disebut berbahagia di bumi; Engkau takkan membiarkan
dia dipermainkan musuhnya!
3 (41-4) TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat
tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.
4 (41-5) Kalau aku, kataku: "TUHAN, kasihanilah aku, sembuhkanlah
aku, sebab terhadap Engkaulah aku berdosa!"
5 (41-6) Musuhku mengatakan yang jahat tentang aku: "Bilakah ia
mati, dan namanya hilang lenyap?"
6 (41-7) Orang yang datang menjenguk, berkata dusta; hatinya penuh
kejahatan, lalu ia keluar menceritakannya di jalan.
7 (41-8) Semua orang yang benci kepadaku berbisik-bisik
bersama-sama tentang aku, mereka merancangkan yang jahat
terhadap aku:
8 (41-9) "Penyakit jahanam telah menimpa dia, sekali ia berbaring,
takkan bangun-bangun lagi."
9 (41-10) Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan
rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku.
10 (41-11) Tetapi Engkau, ya TUHAN, kasihanilah aku dan tegakkanlah
aku, maka aku hendak mengadakan pembalasan terhadap mereka.
11 (41-12) Dengan demikian aku tahu, bahwa Engkau berkenan
kepadaku, apabila musuhku tidak bersorak-sorai karena aku.
12 (41-13) Tetapi aku, Engkau menopang aku karena ketulusanku,
Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya.
13 (41-14) Terpujilah TUHAN, Allah Israel, dari selama-lamanya
sampai selama-lamanya! Amin, ya amin.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+1-2
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+1-2


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
-----------------------------------------------------------------------------
CrossConnect provides VPN service for remote workers. Contact sales@xc.org.
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo