Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, July 18, 2012

[e-Wanita] Edisi 88/Juli -- Mendisiplinkan Anak

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Wanita -- Mendisiplinkan Anak
Edisi 88/Juli 2012

MENU SAJI
DUNIA WANITA: ANAK NAKAL DIHUKUM ATAU DIBERI PELAJARAN?
POTRET WANITA: RIBKA -- WANITA DALAM ALKITAB
STOP PRESS: IKUTILAH KELAS PERNIKAHAN KRISTEN SEJATI 2012!

Shalom,

Sebagai orang tua, mungkin Anda pernah merasa "frustrasi" melihat tingkah laku yang ditunjukkan buah hati Anda. Jika Anda tidak dapat mengendalikan emosi, tanpa disadari Anda dapat melukai perasaan anak Anda. Mungkin maksud Anda baik, namun bukan begitu penerimaan si anak. Artikel yang telah kami persiapkan akan membahas bagaimana seharusnya orang tua bersikap terhadap anak-anak mereka, ketika mereka melakukan suatu kesalahan. Selamat membaca.

Pemimpin Redaksi e-Wanita,
Novita Yuniarti
< novita(at)in-christ.net >
< http://wanita.sabda.org/ >


DUNIA WANITA: ANAK NAKAL DIHUKUM ATAU DIBERI PELAJARAN?

Seorang gadis cilik mengambil alat tulis dan menulis di dinding. Bosan menulis di dinding, ia mengambil paku dan beralih ke mobil ayahnya yang ada di garasi. Mobil itu baru dibeli. Catnya masih mulus sekali. Gadis cilik itu kemudian mencoret-coret dinding mobil dengan paku. Ayahnya sedang tidak menggunakan mobil itu ke kantor karena menurut radio, jalan sedang macet. Ia dengan istrinya menggunakan sepeda motor, supaya tidak terhalang oleh kemacetan lalu lintas.

Sepulang dari kantor, gadis cilik itu dengan gembira memberi tahu ayahnnya, bahwa ia sudah membuat gambar yang bagus di dinding. Ia juga menunjukkan kepada ayahnya bahwa gambar yang lebih bagus telah dibuatnya di dinding mobil. Ayahnya amat terkejut dan marah melihat coretan di mobil barunya. Tanpa pikir panjang, sang ayah memukuli tangan kanan anaknya. "Dengan tanganmu ini, kamu coret-coret mobil sampai rusak. Kamu harus dihukum!" Anak gadisnya menjadi ketakutan dan menangis minta ampun. Namun, sang ayah terus saja memukuli tangan anak itu.

Malam harinya, anak itu dibiarkan tidur di kamar asisten rumah tangganya. Keesokan harinya, asisten rumah tangganya memberitahukan bahwa tangan gadis cilik itu membengkak, tetapi ayahnya berkata, "Biarkan saja!" Asisten rumah tangga itu diam dan merasa kasihan. Anak itu mengeluh, tetapi tidak berani lagi menangis karena takut kalau-kalau dipukul oleh ayahnya lagi.

Hari berikutnya, asisten rumah tangganya memberitahukan bahwa gadis cilik itu demam. Panasnya tinggi sekali. Ia menganjurkan supaya dibawa ke dokter. Sang ayah masih berkeras. Hari berikutnya, karena panasnya tidak turun-turun, terpaksa anak itu dibawa ke dokter. Dokter kemudian memeriksa dan mengatakan bahwa tangan anak itu infeksi dan harus diamputasi. Sang ibu dan ayah terkejut sekali. Mereka tidak menyangka berakibat seperti itu. Mereka lalu berkata, "Apakah tidak ada jalan lain, Dok? Misalnya, dengan pengobatan?" Namun dokter menjawab, "Sudah terlambat, Pak."

Ketika anak itu dibawa ke meja operasi, ia terus minta ampun. Ia menangis di pelukan ibunya dan mengatakan bahwa ia tidak akan mengulanginya lagi. Dokter menyuntiknya dan melakukan operasi. Sesudah tangan kanan anak itu dioperasi dan ia sadar, ia berteriak, "Ampun, Pak! Ampun! Saya tidak akan melakukannya lagi. Kembalikan tanganku! Kembalikan tanganku!" Anak itu menangis melihat tangannya yang sudah buntung. Kedua orang tuanya pun turut menangis. Mereka semuanya menangis.

Itukah yang Dimaksud dengan Pelajaran?

Apa perbedaan "disiplin" dengan "pelajaran"? Apakah sang ayah sudah memberikan sebuah "pelajaran" kepada anak gadisnya? Atau, pendisiplinankah yang dilakukannya? Untuk memberikan pelajaran kepada anak itu, supaya ia jangan sembarang menulis, karena harga pengecatan mobil begitu mahal, haruskah seorang anak diberi pelajaran untuk mendisiplinkan tangannya yang lancang?

Ketika sang ayah memukul tangan anak itu, mungkin ia berpikir ini sebuah pelajaran penting baginya. Tangannya yang melakukan dan tangan itu harus diajar untuk melakukan sesuatu yang baik, bukan sesuatu yang merugikan. Sebenarnya, ia lebih tampak hendak mengajarkan sebuah "konsep" kehidupan kepada anak itu, bukan sebuah pelajaran atau prinsip hidup. Hukuman "berat" yang diberikan kepada anaknya bernuansa dendam dan kemarahan yang meluap, bukan sebuah pelajaran maupun disiplin.

Anak itu belum mampu membedakan dinding rumah atau lantai rumah dengan dinding kendaraan. Ia belum mampu menimbang harga pengecatan dengan perilaku yang dianggap salah. Pemahamannya belum ada, sehingga itu bukan sebuah pelajaran dan disiplin baginya. Ganjarannya, ia harus menderita seumur hidupnya. Kalau seorang anak belum mengerti tentang sesuatu, lalu dihukum, itu bukanlah sebuah pelajaran, kecuali anak itu sudah paham sebelumnya, lalu melawan, itu baru namanya disiplin. Setidaknya, sebuah disiplin berupa koreksi atas tindakan yang salah.

Jenis Disiplin

Alkitab tidak sepi dari tindak disiplin. Banyak contoh dalam Alkitab yang memberikan pelajaran berupa disiplin kepada umat-Nya. Kadang-kadang Tuhan mendisiplin umat pilihan-Nya supaya mereka kembali kepada ajaran yang pernah diberikan-Nya kepada mereka. Bukan hanya anak-anak yang patut didisiplinkan, para pemimpin, raja, dan bahkan nabi pun perlu didisiplin dan diberi pelajaran. Raja Salomo dalam Amsal 13:24 menulis, "Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya."

Ada rotan untuk memukul pantat seorang anak yang nakal. Hal itu akan membuatnya sadar tentang sesuatu pelajaran, karena tindakan salah yang dilakukannya sudah diketahuinya dan itu tidak pantas untuk dilakukan. Kalau kesalahan itu dibiarkan saja tanpa disiplin, kemungkinan anak akan menjadi manja dan menganggap bahwa kesalahan itu bukanlah sesuatu yang serius. Anak perlu "dihajar pada waktunya", kata Salomo. Kapan waktu yang tepat itu? Orang tua harus dapat membedakan disiplin fisik kepada anak-anaknya sesuai dengan tingkat usia mereka. Perlu juga diperhatikan bagaimana hukuman itu diberikan; apakah secara pribadi atau langsung di depan orang lain. Jika dilakukan di depan orang lain, hukuman itu akan memberikan efek psikologis kepada anak karena hal itu membuatnya malu di depan orang lain.

Disiplin atau hukuman, bagaimanapun kecilnya, haruslah berdasarkan kasih. Hukuman yang dijatuhkan dalam emosi yang tidak terkendali akan melukai anak itu secara fisik dan psikologis. Jika anak sampai mengalami cedera, itu berarti orang tua tidak berhasil menanamkan disiplin ke dalam diri mereka. Hukuman rotan di pantat mungkin hanya cocok bagi anak yang berusia 12-13 tahun. Apa pun yang hendak diajarkan kepada anak yang melakukan perilaku menyimpang, haruslah disertai alasan yang tepat.

Jenis yang kedua adalah disiplin dengan konsekuensi. Sifat dari jenis disiplin ini adalah menghasilkan akibat yang baik, yaitu untuk memulihkan anak pada suasana semula, pada jalan yang baik dan benar. Sebagai contoh, anak Anda meminjam mobil Anda dan Anda mengizinkannya menggunakan mobil itu sampai waktu yang disetujui. Namun, anak itu menggunakannya tidak seperti yang dijanjikan. Anda tidak lagi mengizinkannya menggunakan mobil itu. Maksudnya, supaya kelak ia menepati janji. Disiplin seperti itu disebut disiplin dengan konsekuensi. Dengan alasan yang logis, anak dapat mengerti mengapa kendaraan tidak boleh lagi dipakainya sesuka hatinya. Alasan seperti itu dapat diterima anak.

Menegakkan Rasa Hormat

Komunikasi yang baik, yang tercipta di antara anggota keluarga, akan mengurangi ketegangan. Kata-kata sindiran dan cemoohan, bahkan kata-kata yang kasar, pada hakikatnya adalah cara yang kurang mendidik. Bahasa yang sopan dan ramah, jauh lebih bermanfaat ketimbang makian dan gerutu yang tidak keruan. Teguran semacam itu kurang efektif, malahan akan merendahkan wibawa orang tua. Wibawa yang merosot di mata anak-anak menunjukkan kepemimpinan yang tidak baik.

Anak-anak yang takut melihat orang tuanya, bukanlah petunjuk bahwa mereka menyatakan rasa hormat kepada orang tua mereka. Rasa hormat umumnya diperlihatkan dalam suasana penurutan yang sukarela dan dengan senang hati karena sudah selayaknya ia menerima tanggung jawab dalam keluarga. Kalau toh dihukum karena melakukan kesalahan yang tidak disengaja, umumnya mereka mudah meminta maaf, dan orang tua harus memaafkannya tanpa diikuti dengan nasihat yang panjang lebar.

Saat sang ayah dilanda emosi, sebuah disiplin yang baik, mungkin, harus diserahkan kepada pihak ibu. Ibu dapat bertanya kepada anak, "Kamu lebih suka dihukum oleh ayah atau oleh ibu?" Umumnya, anak akan memilih didisiplin oleh ibunya ketimbang oleh ayahnya. Hukuman dari ibu biasanya lebih mengandung "kasih" daripada ayah.

Disiplin yang baik, tepat, dan berguna adalah disiplin yang menghasilkan rasa hormat anak kepada orang tuanya. Jika ia mengetahui bahwa ia pantas mendapat ganjaran, ia akan menerimanya dengan hati yang ikhlas, dan menghargai disiplin itu sebagai pelajaran yang baik baginya. Ia menaruh hormat terhadap ayah dan ibunya, sekaligus beroleh pelajaran yang mematangkan jiwanya.

Diambil dari:
Judul majalah: Kalam Hidup, No.708, Februari 2005
Penulis artikel: tidak dicantumkan
Penerbit: Yayasan Kalam Hidup
Halaman: 17 -- 20


POTRET WANITA: RIBKA -- WANITA DALAM ALKITAB

Kejadian pasal 24-27

Ribka, istri Ishak, adalah seorang wanita yang saleh, tetapi dia juga memiliki kelemahan-kelemahan manusiawi.

Abraham, ayah Ishak, telah mengutus hamba kepercayaannya pergi ke negeri dan sanak saudaranya untuk memilih istri bagi Ishak. Perlu diingat bahwa Abraham sekarang tinggal di tanah Kanaan.

Hamba itu pergi ke negeri Abraham dan mencari petunjuk Allah. Dia kemudian bertemu dengan gadis muda yang sangat saleh (Kejadian 24).

Ribka, yang murni dilandasi oleh kemurahan hati, mengambil air, bukan saja untuk hamba itu melainkan juga untuk unta-untanya. Menyediakan air untuk unta-unta yang haus adalah pekerjaan yang berat.

Ribka, yang digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik, rela bekerja keras tanpa mendapatkan keuntungan yang jelas. Dia adalah wanita dengan karakter saleh. Seseorang yang sangat berharga di mata Allah (1 Petrus 3:3-4).

Sebagai wanita Allah, investasi terbesar yang dapat Anda tanamkan dalam kehidupan Anda adalah investasi karakter saleh (1 Timotius 4:7-8). Izinkan firman Allah membentuk ulang kehidupan Anda. Ketika Anda mencari Allah, Anda akan menerima pemenuhan (1 Timotius 6:6). Ketika Anda mencari kerajaan Allah, semuanya akan ditambahkan kepada Anda (Matius 6:33).

Ini adalah rahasia untuk kehidupan yang dipenuhkan -- rahasia yang gagal diketahui oleh banyak wanita. Kesalehan Ribkalah yang membuka pintu kepada nasibnya. Dia tidak duduk di sana dan mengeluh atas situasi yang dihadapinya. Akan tetapi, dia mengizinkan kasih Allah membentuk hidupnya. Ketika buah roh berakar dalam kehidupan Anda, anugerah Allah pun akan mengikutinya (Galatia 5:22). Ketika Anda mendekat kepada Allah, Allah akan mendekat kepada Anda. Ketika Allah dekat dengan Anda, anugerah-Nya akan mengikuti Anda (Yakobus 4:8).

Setelah menyediakan air untuk hamba Abraham, Ribka meyakinkannya bahwa ada cukup ruang di rumah orang tuanya untuk menampungnya dan unta-untanya bermalam. Kebaikan hatinya memicunya untuk menolong orang asing. Kebaikan menuntunnya pada berkat Allah (Ibrani 13:1-2).

Setelah hamba Abraham menjelaskan tujuannya kepada orang tua Ribka, mereka setuju untuk menyerahkannya dalam pernikahan. Perhatikan bahwa Ribka juga dimintai pertimbangan tentang keputusan ini. Persetujuannyalah yang memungkinkan pernikahan itu terjadi. Kepekaan Ribka menuntunnya untuk membuat keputusan yang benar (Kejadian 24:47-60).

Menurut kebudayaan saat itu, awalnya Ribka menerima anting-anting di hidung. Hal ini jelas menandakan maksud hamba Abraham dan penerimaan Ribka.

Wanita Allah, banyak keputusan dalam hidup yang harus Anda buat. Terkadang memutuskan yang benar sangatlah penting. Semakin dekat Anda dengan Allah, semakin baik kesempatan Anda membuat keputusan yang benar.

Ribka mengikuti hamba itu kembali kepada Ishak dan menjadi istrinya (Kejadian 24:66).

Hubungan yang dekat antara pria dan wanita dalam pernikahan sangatlah penting. Bersama-sama, Anda dapat saling mendukung secara rohani, fisik, dan emosi. Ketika salah seorang sedang terjatuh, seorang yang lain dapat mengangkat orang tersebut.

Ishak dan Ribka hidup seperti ini. Ribka mandul dan Ishak berdoa untuknya. Allah mendengar doanya (Kejadian 25:21). Setiap pasangan perlu mengangkat satu sama lain dalam doa. Terkadang, doa Andalah yang akan menolong pasangan Anda.

Ribka adalah wanita pendoa, yang sama seperti Ishak, berhubungan dekat dengan Allah. Tentu saja, kita menyaksikan bahwa Ribka mencari wajah Allah berkaitan dengan persoalan anak-anaknya dan dia mendapatkan jawaban yang jelas (Kejadian 25:22-25). Mungkin Ribka mendapatkan kembali kepercayaan dirinya setelah hamil.

Setiap pasangan perlu saling mendukung. Menerima dukungan dari pasangan Anda bukanlah tanda kelemahan. Ribka tentunya dapat mendengar langsung dari Allah tentang kelahiran anaknya, tetapi dia tetap membiarkan Ishak mendukungnya. Saya pikir mereka berdua telah berdoa bersama-sama. Ketika Ribka berkecil hati, Ishak mendukungnya dengan lebih agresif.

Perhatikan bahwa saat seperti ini bukanlah masa yang mudah bagi pasangan suami-istri. Bahkan dengan doa Ishak, mereka masih menunggu selama dua puluh tahun pernikahan sebelum akhirnya Ribka memiliki anak (Kejadian 25:19-21,26).

Kesabaran selalu diperlukan untuk menerima pemberian Allah. Kesabaran adalah ketabahan hati manusia yang dipadukan dengan kasih karunia Allah untuk memberi kita kemampuan mencari wajah Allah di dalam doa, tanpa menyerah, sampai kita menerima jawaban (Yakobus 5:7-8). Ribka adalah wanita yang sabar. Selain itu, dia adalah wanita yang tahu bagaimana bersandar kepada suaminya. Ini adalah bagian dari kekuatannya.

Anugerah Allah senantiasa diam dalam Ribka. Sebagai wanita yang cantik, dia menghadapi masalah yang sama dengan yang dihadapi Sara. Allah melindunginya (kejadian 26:7-11). Terkadang, Ishak menunjukkan kelemahan yang sama dengan kelemahan ayahnya, Abraham. Dia dengan sikap terlalu pengecut berbohong tentang identitas istrinya.

Wanita yang saleh harus mengetahui kelemahan-kelemahan suaminya dan berdoa tentang hal itu. Jangan sediakan tempat bagi kelemahan-kelemahan yang dapat memengaruhi atau bahkan menghancurkan pernikahan Anda. Setiap manusia memiliki kelemahan. Kita tidak perlu membenci kelemahan-kelemahan pasangan kita, tetapi menjaga pasangan kita dalam doa untuk melawan kelemahan-kelemahan itu. Selanjutnya, Ribka juga memperlihatkan kelemahan-kelemahannya.

Ribkalah yang mendorong Yakub, anaknya, menipu ayahnya dan mencuri berkat saudaranya (Kejadian 27:2-13). Hal ini menyebabkan konflik hebat dalam rumah tangganya (Kejadian 27:41-43).

Ishak dan Ribka membuat kesalahan yang sama, yang banyak orang tua lakukan: mereka memunyai anak emas di antara anak-anak mereka. Hal ini harus dihindari semua orang tua. Alhasil, tindakan seperti itu dapat menyebabkan konflik di rumah tangga Anda, yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Anda telah diperingatkan! (t\Ully)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:
Nama situs: The Living Word Library
Alamat URL: http://www.wordlibrary.co.uk/article.php?id=169&type=bible
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 14 April 2011


STOP PRESS: IKUTILAH KELAS PERNIKAHAN KRISTEN SEJATI 2012!

Kabar gembira! PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) < http://pesta.org > membuka kelas umum Pernikahan Kristen Sejati (PKS). Bagi Anda yang sudah menikah, kelas ini sangat disarankan untuk Anda ikuti. Melalui kelas PKS, Anda akan mempelajari pemikiran murni berdasarkan Alkitab untuk mendapatkan pengertian yang benar tentang pernikahan Kristen. Modul-modul pelajaran maupun diskusi dalam kelas virtual akan mengupas bagian-bagian firman Tuhan yang membicarakan tema-tema pernikahan.

Anda tertarik? Silakan daftarkan diri Anda ke < kusuma(at)in-christ.net >. Setelah itu, Anda akan memperoleh modul yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu. Jika Anda sudah menyelesaikan pelajaran dan tugas tertulis, maka lebih lanjut proses belajar akan dilakukan dalam kelas diskusi. Harapan kami setiap peserta yang mengikuti kelas dapat memupuk komitmen dan upaya yang lebih baik untuk menggarap kehidupan pernikahan yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Untuk mendapatkan Modul PKS, silakan akses bahannya di:
==> < http://pesta.org/pks_sil >

Tuhan memberkati!


Kontak: < wanita(at)sabda.org >
Redaksi: Novita Yuniarti
Tim Editor: Davida Welni Dana, Berlian Sri Marmadi, dan Santi Titik Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/wanita >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-wanita(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-wanita(at)hub.xc.org >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo