Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, July 20, 2012

[40-Hari-2012][x06] Kisah Tentang Allah dan Manusia dari Sudut Pandang Islam

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SABTU, 21 JULI 2012

Kisah Tentang Allah dan Manusia dari Sudut Pandang Islam

Berikut ini adalah sebuah gambaran umum tentang Allah dan manusia menurut pemahaman saudara Muslim. Ini diambil dari kisah-kisah di dalam Alquran dan kitab-kitab Hadis (yaitu penuturan secara tradisi mengenai kehidupan Muhammad, yang dihimpun kurang lebih 250 tahun setelah kematiannya). Mungkin saja terdapat berbagai perbedaan mengenai hal ini di kalangan komunitas Muslim yang berbeda.

Masa-Masa Permulaan

Allah menciptakan semua yang ada, termasuk Adam dan Hawa. Allah menempatkan pasangan pertama ini di taman surgawi, tetapi kemudian mereka berbuat dosa dan dibuang ke bumi. Adam dan Hawa hidup di wilayah Mekah, Arab Saudi, tempat Adam membangun rumah Allah yang pertama, yaitu "Kaabah" dan menjalankan ajaran Islam. Setelah peristiwa banjir besar, zaman Nuh, Kaabah dibangun kembali oleh Abraham dan Ismail.

Nabi-Nabi dalam Islam

Alquran dan tradisi Islam menyebutkan adanya beberapa nabi yang mengkhotbahkan hukum agama Islam dalam bentuknya yang mula-mula. Namun begitu, secara umum kisah itu masih samar-samar dan tidak berdasar pada sejarah. Inilah nama-nama yang diakui oleh Islam: Adam, Nuh, Ibrahim, Luth, Ishaq, Ismail, Yaqub, Ayub, Yusuf, Musa, Samuel, Dawud, Sulayman, Elias, Yunus, Hud, Salih, Daniel, Yahya, Isa, dan lain-lain.

Yesus (Isa) dari Sudut Pandang Islam

Sang Mesias, Yesus Kristus, (dalam Islam disebut Isa), dilahirkan secara ajaib melalui Maryam. Isa, sebagai nabi yang baik, mengkhotbahkan versi awal dari ajaran Islam kepada orang Yahudi. Kemudian Ia naik ke Surga tanpa melewati kematian, ataupun bangkit dari antara orang mati. Yudas, salah seorang murid-Nya, mati disalibkan sebagai pengkhianat, menggantikan tempat Yesus. Allah mengubah wajah Yudas agar menyerupai Yesus, dan Yesus sendiri sesungguhnya tidak menderita.

Kehidupan Muhammad (570-632)

Kehidupan dan pekerjaan Nabi Muhammad berlangsung di Mekah dan Madinah, Arab Saudi.

Abad ke-7 Setelah Yesus Kristus Datang

Islam menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan, siar Islam, dan jihad. Hukum Islam, keteladanan Muhammad, tradisi, dan syariat Islam menjadi nilai-nilai dasar dan panduan kehidupan saudara Muslim.

Pandangan Islam Tentang Peristiwa di Masa Depan

Isa akan datang kembali dan menegakkan Islam di seluruh dunia. Sosok anti-Kristus (Al-Dajjal) akan dikalahkan oleh Isa dan Al Mahdi (pemimpin politik dan agama Islam lainnya yang telah lama dinantikan) akan menegakkan Islam di seluruh dunia. Yesus akan menikah, memiliki banyak anak, kemudian mati dan dikuburkan di Medina, Arab Saudi. Lalu di kemudian hari, akan ada kebangkitan orang mati, penghakiman terakhir, dan pembagian pahala-surga atau hukuman neraka.

Catatan:

Allah di dalam Islam mutlak satu adanya (tidak mengenal Trinitas). Orang-orang Arab Kristen memakai kata "Allah" untuk memaksudkan Tuhan yang disebut dalam Alkitab. Walaupun demikian, pemahaman Kristen dan Islam tentang Allah sama sekali berbeda satu terhadap yang lain. Walaupun orang Islam mengakui Yesus sebagai Mesias dan kelahiran-Nya yang ajaib, tetapi mereka tidak mengakui keilahian-Nya. Kebanyakan orang Islam tidak memiliki pengertian yang benar dari istilah "Juru Selamat" (Almasih), dan umumnya mereka juga tidak mengetahui bahwa Juru Selamat itu sesungguhnya adalah Raja yang diurapi Tuhan.


Kontak: < doa(at)sabda.org >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Arsip: < http://www.sabda.org/publikasi/40hari >
(c) 2012 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo