Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, May 27, 2012

(e-RH) Mei 28 -- MASA LALU TEOLOGIS VS BIOGRAFIS

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 28 Mei 2012
Bacaan : Yeremia 1:1-10
Setahun: 1 Raja-Raja 1-2; Mazmur 37, 71, 94
Nats: Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah
mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku
telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi
nabi bagi bangsa-bangsa. (Yeremia 1:5)

Judul:

MASA LALU TEOLOGIS VS BIOGRAFIS

Penumpang tua yang duduk di sebelah saya berulang kali menoleh ke
kanan dan ke kiri. Saya penasaran dan bertanya. Bapak itu
menjelaskan, "Ini karena saya dulu sopir selama 30 tahunan." Contoh
sederhana ini membuktikan bahwa seperti apa kita saat ini terkait
erat dengan apa yang kita alami di waktu-waktu sebelumnya.


Yeremia itu nabi besar. Pelayanannya sangat sulit, tetapi bisa setia
sampai akhir. Tentu menarik dan penting mengerti sejarahnya ia bisa
seperti itu. Akan tetapi, ternyata Alkitab sedikit saja mencatat
data-data (masa lalu) biografis nabi ini: hanya nama dan profesi
ayahnya, serta kota kelahirannya (ayat 1). Yang banyak dicatat
justru masa lalu teologis-nya, yakni tentang apa yang Allah kerjakan
pada "masa lalu" Yeremia, di mana Allah telah mengenal, menguduskan,
menetapkan, bahkan memperlengkapi Yeremia menjadi nabi bagi
bangsa-bangsa! (ayat 5-10). Ini jauh lebih penting dan lebih
menentukan masa kini dan masa depan Yeremia, dibanding keterbatasan
atau kelemahan pribadi Yeremia. Masa lalu teologis inilah rahasia
keberhasilan nabi Yeremia melaksanakan tugas kenabiannya yang
berlangsung lama dan sulit itu.


Kita bukan nabi, tetapi sebagai umat pilihan di zaman ini, kita juga
mengemban misi Allah. Seperti Yeremia, kita dipanggil menjadi berkat
bagi bagi kota, bangsa, dan bagi zaman kita. Tugas apa yang Allah
percayakan pada Anda saat ini? Buatlah komitmen untuk menaatinya,
terlepas dari ada-tidaknya kelemahan yang Anda punya, karena
panggilan Allah itu jaminan bahwa Anda pasti bisa melaksanakannya!
--ICW

PANGGILAN ITU BERSANDAR PADA APA YANG TUHAN LAKUKAN PADA KITA,
BUKAN PADA APA YANG BISA KITA LAKUKAN BAGI DIA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-05-28
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/05/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/05/28/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+1:1-10

Yeremia 1:1-10

1 Inilah perkataan-perkataan Yeremia bin Hilkia, dari keturunan
imam yang ada di Anatot di tanah Benyamin.
2 Dalam zaman Yosia bin Amon, raja Yehuda, dalam tahun yang ketiga
belas dari pemerintahannya datanglah firman TUHAN kepada
Yeremia.
3 Firman itu datang juga dalam zaman Yoyakim bin Yosia, raja
Yehuda, sampai akhir tahun yang kesebelas zaman Zedekia bin
Yosia, raja Yehuda, hingga penduduk Yerusalem diangkut ke dalam
pembuangan dalam bulan yang kelima.
4 Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah
mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku
telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi
nabi bagi bangsa-bangsa."
6 Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak
pandai berbicara, sebab aku ini masih muda."
7 Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini
masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah
engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah
kausampaikan.
8 Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk
melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN."
9 Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN
berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh
perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu.
10 Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas
bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan
merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun
dan menanam."

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?1+Raja-Raja+1-2
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-Raja+1-2
http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+37,+71,+94


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo