---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------
Bgm Yª pak caranya menerapkan otak kanan pd anak yg blm pernah menggunakannya, apakah langkah awal yg praktis, agar anak bs menggunakan otak kanan nya ∂ï dlm menghafal n berhitung. Tq Yª pak.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: "Sudiarjo Purba" <hardjoinjesus@yahoo.com>
Sender: i-kan-binaguru@hub.xc.org
Date: Thu, 31 May 2012 22:32:06
To: Diskusi e-BinaGuru<i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Reply-To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Subject: Bls: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan
---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------
Thanks pak wals.
Dapat dari mana tu info. Baca buku apa pak. Ato ada web nya da. Mauliate amang.
---------
T'kirim via Nokia Email
------Pesan asli------
Dari: walsinur silalahi <walsinur.silalahi@yahoo.com>
To: "Diskusi e-BinaGuru" <i-kan-binaguru@hub.xc.org>
Date: Friday, May 25, 2012 12:03:45 PM GMT+0800
Subject: [i-kan-binaguru] Otak kiri-Otak Kanan
---------------------------------------------------------------------
e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU
---------------------------------------------------------------------
Otak Kiri- Otak Kanan.
Seorang guru yang mengajar
berhitung untuk kelas 3 SD,masuk kelas dengan malas."Anak—anak,sekarang kita
belajar berhitung,"kata guru. "Jumlahkan bilangan: 1+2+3+4+5+6…dan seterusnya
sampai terakhir tambah 2000" ,perintah guru. Guru tersebut berpikir bahwa
anak-anak tidak akan mampu menyelesaikan tugas tersebut yaitu menjumlahkan
bilangan dari 1 sampai 2000 dalam waktu 2 jam.Dengan demikian sang guru dapat
istirahat dengan dan duduk-duduk saja dengan santai. Tetapi anggapan guru
meleset karena hanya dalam hitungan
sekitar satu menit ,salahsatu murid tunjuk tangan dan berkata,"saya bisa dan
sudah selesai pak". Guru tersebut kaget,"Mana mungkin?" pikirnya. Tetapi murid
tersebut memang bisa dan hasil hitungannya benar. Bagaimana caranya?
Murid itu mampu menyelesaikan
tugasnya dengan baik dan cepat karena menggunakan otak kanan dan otak kiri
secara harmonis. Otak kiri berpikir secara urut,bagian per bagian, dan logis.
Sementara otak kanan melengkapinya dengan cara berpikir acak,holistic,dan
kreatif.
Kita perhatikan cara murid itu
menggunakan otak kiri dan otak kanannya sebagai berikut. Pertama,tuliskan
kembali soal berhitung yaitu: 1+2+3+4……+1997+1998+1999+2000=…?
Pada saat kita menggunakan otak
kiri saja,pasti akan terasa sulit. Tapi coba gunakan otak kanan yang
acak,misalnya,jumlahkan yang pertama dan terakhir. Kita peroleh hasil sbb:
1+2000=2001
2+1999=2001
3+1998=2001 dan seterusnya.
Sehingga kita peroleh jawaban 2.001x1.000=2.001.000.
Dalam proses belajar atau
kehidupan sehari-hari,orang sering hanya menggunakan setengah kemampuannya saja
yaitu otak kiri. Saat kita belajar di sekolah misalnya,kita biasa dituntut
untuk berpikir logis saja.tetapi,seperti yang kita lihat dalam contoh kelas 3
SD di atas,kita perlu menggunakan setengah kemampuan lainnya yaitu otak kanan.
Kita memang membutuhkan keberanian untuk mencoba menggunakan otak kanan yang
berpikir secara acak,menyeluruh dan kreatif.
Otak kanan sangat membantu kita dalam proses menghafal
cepat,membaca cepat,dan berpikir innovative. Misalnya kita hendak menghafal
tahun,nomor telepon,atau nomor rekening,cobalah aktifkan otak kanan. Buatlah
cantolan-cantolan dengan cara bebas acak,menarik ,sehingga mudah mengingat
kembali. Untuk membaca cepat,berpikirlah holistic.dapatkan inti dan maksud
utama dari kesatuan bacaan itu. Lalu coba pahami,baru gunakan otak kiri secara
urut dan teliti. Dengan cara demikian kita mampu membaca cepat dan paham.
Sedangkan untuk mendapat solusi kreatif,gunakan otak kanan secara acak untuk
menemukan solusi-solusi lain yang berbeda. Terapkan juga cara berpikir
menyeluruh,holistic.Kemudian tindak lanjuti menggunakan otak kiri yang teliti.
Cara lain lagi untuk
mengoptimalkan otak kanan adalah dengan menggunakan kartu karakter. Kita buat
kartu seukuran kartu remi. Masing-masing kartu kita beri tulisan karakter otak
kanan berbeda. Misalnya,kartu pertama: acak,kedua:Ho;istik,,ketiga
:kreatif,keempat:pemberani,kelima :fleksibel ,dan seterusnya. Setiap pagi kita
ambil satu kartu,kit abaca lalu renungkan kemudian simpan disaku kita dan bawa
kemana saja kita beraktivitas hari itu. Dan kita berkomitmen untuk menerapkan
karakter otak kanan yang ada dalam kartu itu. Malam hari menjelang tidur,kita
dapat melakukan evaluasi. Esok harinya kita dapat mengambil kartu karakter yang
berikutnya. Dengan demikian kita akan terbiasa menerapkan karakter otak kanan
dalam kehidupan sehari-hari. Semoga berhasil. Bila sudah berhasil
menerapkannya,jangan lupa bersyukur kepada pemberi otak kita.
Salam hangat
Wals
---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------
Bergabung kirim e-mail ke: <subscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Berhenti kirim e-mail ke: <unsubscribe-i-kan-BinaGuru@hub.xc.org>
Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru
---------------------------------------------------------------------