Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Saturday, June 9, 2012

(e-RH) Juni 10 -- PENONTON ATAU PENYEMBAH?

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 10 Juni 2012
Bacaan : Mazmur 57
Setahun: 1 Raja-raja 5-6; 2 Tawarikh 2-3
Nats: "Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku mau
bermazmur. Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah, hai gambus dan
kecapi ..." (Mazmur 57:8-9)

Judul:

PENONTON ATAU PENYEMBAH?

Ah saya tidak bisa menyembah nih. Musiknya tidak pas di hati!"
keluh seorang jemaat di akhir ibadah. Sepintas, keluhan ini
terdengar wajar. Namun, keluhan ini berasal dari mentalitas penonton
yang kerap kali menjangkiti banyak orang percaya. Bagi seorang
penonton, ia akan bernyanyi jika musik berhasil menggugah dirinya.
Dengan kata lain, penyembahannya tergantung dari musik. Jika
musiknya tak sesuai selera, ia mogok menyembah Tuhan. Ia melemparkan
kesalahan pada musik. Sikap apakah yang diinginkan Tuhan ketika kita
menyembah-Nya?


Mazmur 57, yang ditulis Daud ketika lari dari kejaran Saul,
meneladankan sikap seorang penyembah yang sejati. Perhatikan
urutannya. Hati harus siap sebelum bernyanyi (ayat 8). Jiwa harus
bangkit sebelum alat musik dimainkan (ayat 9). Hati mesti bergelora
menyembah-Nya bahkan sebelum musik mengalun. Hati penyembahan tidak
didikte atau dibatalkan oleh musik. Prioritasnya tidak tertuju pada
selera musik melainkan pada kebenaran Tuhan (ayat 11). Ia tidak
meninggikan "kemuliaan musik", tetapi kemuliaan Tuhan (ayat 12).


Setiap Minggu kita beribadah di gereja. Periksalah diri kita dengan
jujur, apakah kita datang sebagai seorang penonton atau penyembah?
Apakah kita seperti "mesin diesel" yang harus dipanaskan terlebih
dulu oleh musik supaya kita bisa menyembah-Nya? Atau, apakah kita
menghampiri hadirat Tuhan dengan kerinduan dan kekaguman akan Dia?
Berhentilah menjadi penonton dalam ibadah. Jadilah penyembah-Nya!
--JIM

SEORANG PENONTON MERINDUKAN "HADIRAT MUSIK".
SEORANG PENYEMBAH MERINDUKAN HADIRAT TUHAN.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-06-10
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/06/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/06/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+57

Mazmur 57

1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Jangan memusnahkan. Miktam
Dari Daud, ketika ia lari dari pada Saul, ke dalam gua. (57-2)
Kasihanilah aku, ya Allah, kasihanilah aku, sebab kepada-Mulah
jiwaku berlindung; dalam naungan sayap-Mu aku akan berlindung,
sampai berlalu penghancuran itu.
2 (57-3) Aku berseru kepada Allah, Yang Mahatinggi, kepada Allah
yang menyelesaikannya bagiku.
3 (57-4) Kiranya Ia mengirim utusan dari sorga dan menyelamatkan
aku, mencela orang-orang yang menginjak-injak aku. Sela Kiranya
Allah mengirim kasih setia dan kebenaran-Nya.
4 (57-5) Aku terbaring di tengah-tengah singa yang suka menerkam
anak-anak manusia, yang giginya laksana tombak dan panah, dan
lidahnya laksana pedang tajam.
5 (57-6) Tinggikanlah diri-Mu mengatasi langit, ya Allah! Biarlah
kemuliaan-Mu mengatasi seluruh bumi!
6 (57-7) Mereka memasang jaring terhadap langkah-langkahku,
ditundukkannya jiwaku, mereka menggali lobang di depanku, tetapi
mereka sendiri jatuh ke dalamnya. Sela
7 (57-8) Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku
mau bermazmur.
8 (57-9) Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah, hai gambus dan kecapi,
aku mau membangunkan fajar!
9 (57-10) Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya
Tuhan, aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa;
10 (57-11) sebab kasih setia-Mu besar sampai ke langit, dan
kebenaran-Mu sampai ke awan-awan.
11 (57-12) Tinggikanlah diri-Mu mengatasi langit, ya Allah! Biarlah
kemuliaan-Mu mengatasi seluruh bumi!

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?1+Raja-raja+5-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-raja+5-6
http://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+2-3


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo