Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Friday, March 2, 2012

(e-RH) Maret 03 -- PENYERTAAN SEPANJANG MASA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 3 Maret 2012
Bacaan : Mazmur 71
Setahun: Bilangan 21-22
Nats: ... juga sampai masa tuaku dan putih rambutku, ya Allah,
janganlah meninggalkan aku, supaya aku memberitakan kuasa-Mu
kepada angkatan ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan
datang (Mazmur 71:18)

Judul:

PENYERTAAN SEPANJANG MASA

Kakek saya telah menginjak usia 94 tahun. Beliau sudah sedemikian
pelupa; lupa jam, lupa hari, lupa nama orang, dan lupa makan. Namun,
satu hal yang saya kagumi darinya: ia tidak pernah lupa berdoa makan
dan tidur baik sebelum maupun sesudah. Isi doanya pun sangat
menarik. Beliau bukan meminta sehat serta limpahan berkat, melainkan
doa syukur karena masih dibangunkan lagi serta doa permohonan agar
penyertaan Tuhan senantiasa mengiringnya dan keluarga.

Mazmur yang kita baca hari ini secara indah menggambarkan bagaimana
Tuhan menyertai kita sepanjang usia. Pemazmur menaruh kepercayaannya
kepada Tuhan sejak masa muda. "Ya Tuhan, hanya Engkaulah harapanku.
Sudah sejak kecil aku memercayakan diriku kepada-Mu" (ayat 5 FAYH).
Dan, keyakinan akan penyertaan Tuhan yang mengiringi langkah sejak
ia muda, terus ia rasakan meski kekuatannya mulai habis (ayat 9) dan
rambut mulai memutih (ayat 18). Kesadaran tersebut juga meng­arahkan
keyakinannya bahwa penyertaan Tuhan sampai masa tua juga berarti
sebuah penugasan: supaya aku memberitakan kuasa-Mu kepada angkatan
ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan datang (ayat 18).

Hingga hari ini, setiap kali melihat kakek berdoa, saya terus
diingatkan mengenai penyertaan Tuhan atas manusia yang rapuh. Juga,
mengenai tugas yang saya emban: bahwa setiap kesempatan untuk
menghirup udara hari demi hari adalah kesempatan untuk menikmati
anugerah penyertaan-Nya; juga, kesempatan untuk memuliakan dan
mengenalkan kemuliaan Tuhan kepada makin banyak orang. Bagaimana
dengan Anda? --OLV

PENYERTAAN SEPANJANG MASA IALAH ANUGERAH ISTIMEWA DARI-NYA
SUPAYA KITA MENYATAKAN KEMULIAAN-NYA SEPANJANG USIA KITA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-03-03
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/03/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/03/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+71

Mazmur 71

1 Pada-Mu, ya TUHAN, aku berlindung, janganlah sekali-kali aku
mendapat malu.
2 Lepaskanlah aku dan luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu,
sendengkanlah telinga-Mu kepadaku dan selamatkanlah aku!
3 Jadilah bagiku gunung batu, tempat berteduh, kubu pertahanan
untuk menyelamatkan aku; sebab Engkaulah bukit batuku dan
pertahananku.
4 Ya Allahku, luputkanlah aku dari tangan orang fasik, dari
cengkeraman orang-orang lalim dan kejam.
5 Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa
muda, ya ALLAH.
6 Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan, Engkau telah
mengeluarkan aku dari perut ibuku; Engkau yang selalu
kupuji-puji.
7 Bagi banyak orang aku seperti tanda ajaib, karena Engkaulah
tempat perlindunganku yang kuat.
8 Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan
kepada-Mu sepanjang hari.
9 Janganlah membuang aku pada masa tuaku, janganlah meninggalkan
aku apabila kekuatanku habis.
10 Sebab musuh-musuhku berkata-kata tentang aku, orang-orang yang
mengincar nyawaku berunding bersama-sama
11 dan berkata: "Allah telah meninggalkan dia, kejar dan tangkaplah
dia, sebab tidak ada yang melepaskan dia!"
12 Ya Allah, janganlah jauh dari padaku! Allahku, segeralah
menolong aku!
13 Biarlah mendapat malu dan menjadi habis orang-orang yang
memusuhi jiwaku; biarlah berselubungkan cela dan noda
orang-orang yang mengikhtiarkan celakaku!
14 Tetapi aku senantiasa mau berharap dan menambah puji-pujian
kepada-Mu;
15 mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan keselamatan yang dari
pada-Mu sepanjang hari, sebab aku tidak dapat menghitungnya.
16 Aku datang dengan keperkasaan-keperkasaan Tuhan ALLAH, hendak
memasyhurkan hanya keadilan-Mu saja!
17 Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai
sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib;
18 juga sampai masa tuaku dan putih rambutku, ya Allah, janganlah
meninggalkan aku, supaya aku memberitakan kuasa-Mu kepada
angkatan ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan
datang.
19 Keadilan-Mu, ya Allah, sampai ke langit. Engkau yang telah
melakukan hal-hal yang besar, ya Allah, siapakah seperti Engkau?
20 Engkau yang telah membuat aku mengalami banyak kesusahan dan
malapetaka, Engkau akan menghidupkan aku kembali, dan dari
samudera raya bumi Engkau akan menaikkan aku kembali.
21 Engkau akan menambah kebesaranku dan akan berpaling menghibur
aku.
22 Akupun mau menyanyikan syukur bagi-Mu dengan gambus atas
kesetiaan-Mu, ya Allahku, menyanyikan mazmur bagi-Mu dengan
kecapi, ya Yang Kudus Israel.
23 Bibirku bersorak-sorai sementara menyanyikan mazmur bagi-Mu,
juga jiwaku yang telah Kaubebaskan.
24 Lidahku juga menyebut-nyebut keadilan-Mu sepanjang hari, sebab
akan mendapat malu dan tersipu-sipu orang-orang yang
mengikhtiarkan celakaku.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Bilangan+21-22
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Bilangan+21-22


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo