Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Tuesday, May 21, 2013

(e-RH) Mei 22 -- TUA, SIAPA TAKUT?

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 22 Mei 2013
Bacaan : Mazmur 71
Setahun: 2 Tawarikh 4-6
Nats: Janganlah membuang aku pada masa tuaku, janganlah meninggalkan
aku apabila kekuatanku habis. (Mazmur 71:9)

Judul:

TUA, SIAPA TAKUT?

Tidak sedikit orang yang takut menjadi tua. Mereka menempuh
berbagai cara untuk menundanya, mulai dari minum jamu tradisional
sampai menjalani operasi plastik. Menjadi tua diidentikkan dengan
kelemahan dan keterbatasan, masa yang tidak produktif. Orang tua
juga dapat dilanda perasaan tidak dibutuhkan lagi. Masa tua menjadi
bayangan yang menggentarkan.



Pemazmur juga mengalami ketakutan itu. Ia pun memohon agar Tuhan
tidak membuang dan meninggalkannya. Ia khawatir hidupnya menjadi
hampa jika Tuhan tidak lagi peduli kepadanya. Ia menantikan
pertolongan dan perlindungan Tuhan dari musuh dan tantangan hidup
yang muncul pada masa tuanya. Ya, tantangan hidup pada masa tua bisa
jadi semakin kompleks, bukannya semakin mudah. Betapa menggentarkan
jika kita harus menghadapinya seorang diri. Syukurlah, pemazmur
mendapati bahwa Allah setia menyertainya sampai masa putih
rambutnya.



Tentunya ada di antara kita yang tengah bergumul seperti itu. Kita
cemas menyongsong masa tua. Obat penawar yang paling ampuh adalah
dengan memandang kepada Tuhan: bahwa Dia senantiasa menyertai kita.
Dari situ kita dapat belajar melihat sisi indah masa tua. Oleh
penyertaan-Nya, kita dapat terus berbuah dan berkarya bagi
kerajaan-Nya, dengan cara yang berbeda, dengan cara yang unik, yang
tidak dapat ditawarkan oleh mereka yang lebih muda. Bukankah telah
banyak pengalaman dan hikmat yang Tuhan singkapkan kepada kita, yang
dapat kita bagikan kepada generasi berikutnya? --IGR

ALLAH ADALAH ALLAH YANG KEKAL.
APA SULITNYA DIA MENYERTAI KITA SEPANJANG HAYAT?

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/05/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/05/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+71

Mazmur 71

1 Pada-Mu, ya TUHAN, aku berlindung, janganlah sekali-kali aku
mendapat malu.
2 Lepaskanlah aku dan luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu,
sendengkanlah telinga-Mu kepadaku dan selamatkanlah aku!
3 Jadilah bagiku gunung batu, tempat berteduh, kubu pertahanan
untuk menyelamatkan aku; sebab Engkaulah bukit batuku dan
pertahananku.
4 Ya Allahku, luputkanlah aku dari tangan orang fasik, dari
cengkeraman orang-orang lalim dan kejam.
5 Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa
muda, ya ALLAH.
6 Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan, Engkau telah
mengeluarkan aku dari perut ibuku; Engkau yang selalu
kupuji-puji.
7 Bagi banyak orang aku seperti tanda ajaib, karena Engkaulah
tempat perlindunganku yang kuat.
8 Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan
kepada-Mu sepanjang hari.
9 Janganlah membuang aku pada masa tuaku, janganlah meninggalkan
aku apabila kekuatanku habis.
10 Sebab musuh-musuhku berkata-kata tentang aku, orang-orang yang
mengincar nyawaku berunding bersama-sama
11 dan berkata: "Allah telah meninggalkan dia, kejar dan tangkaplah
dia, sebab tidak ada yang melepaskan dia!"
12 Ya Allah, janganlah jauh dari padaku! Allahku, segeralah
menolong aku!
13 Biarlah mendapat malu dan menjadi habis orang-orang yang
memusuhi jiwaku; biarlah berselubungkan cela dan noda
orang-orang yang mengikhtiarkan celakaku!
14 Tetapi aku senantiasa mau berharap dan menambah puji-pujian
kepada-Mu;
15 mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan keselamatan yang dari
pada-Mu sepanjang hari, sebab aku tidak dapat menghitungnya.
16 Aku datang dengan keperkasaan-keperkasaan Tuhan ALLAH, hendak
memasyhurkan hanya keadilan-Mu saja!
17 Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai
sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib;
18 juga sampai masa tuaku dan putih rambutku, ya Allah, janganlah
meninggalkan aku, supaya aku memberitakan kuasa-Mu kepada
angkatan ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan
datang.
19 Keadilan-Mu, ya Allah, sampai ke langit. Engkau yang telah
melakukan hal-hal yang besar, ya Allah, siapakah seperti Engkau?
20 Engkau yang telah membuat aku mengalami banyak kesusahan dan
malapetaka, Engkau akan menghidupkan aku kembali, dan dari
samudera raya bumi Engkau akan menaikkan aku kembali.
21 Engkau akan menambah kebesaranku dan akan berpaling menghibur
aku.
22 Akupun mau menyanyikan syukur bagi-Mu dengan gambus atas
kesetiaan-Mu, ya Allahku, menyanyikan mazmur bagi-Mu dengan
kecapi, ya Yang Kudus Israel.
23 Bibirku bersorak-sorai sementara menyanyikan mazmur bagi-Mu,
juga jiwaku yang telah Kaubebaskan.
24 Lidahku juga menyebut-nyebut keadilan-Mu sepanjang hari, sebab
akan mendapat malu dan tersipu-sipu orang-orang yang
mengikhtiarkan celakaku.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+4-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+4-6


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo