Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, April 14, 2013

[e-BinaSiswa] Edisi 14/April 2013 -- Kesehatan (2)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-BinaSiswa -- Kesehatan (2)
Edisi 14/April 2013

DAFTAR ISI
RENUNGAN: HIDUP SEHAT
BAHAN MENGAJAR: DICIPTAKAN UNTUK MENJADI SEHAT
STOP PRESS: PEMBUKAAN KELAS PESTA GURU SEKOLAH MINGGU (GSM) PERIODE JULI/AGUSTUS 2013

Shalom,

Masih ingatkah Anda dengan artikel yang telah disajikan oleh publikasi e-BinaSiswa pada edisi lalu? Ya ... tentunya artikel yang membahas tentang kesehatan. Kami berharap artikel tersebut menolong Anda menambah wawasan tentang kuasa iman yang begitu luar biasa.

Pada edisi ini, kami akan kembali menyegarkan Anda dengan renungan bertema kesehatan yang juga cocok untuk disajikan bagi kaum muda. Simak juga bahan mengajar pemuda dengan tema kesehatan yang akan menolong Anda dalam mengajarkan cara hidup sehat kepada remaja Anda. Selamat membaca, Tuhan Yesus memberkati.

Pemimpin Redaksi e-BinaSiswa,
Doni K.
< doni(at)in-christ.net >
< http://remaja.sabda.org >


RENUNGAN: HIDUP SEHAT

Bacaan: Lukas 11:33-36

Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri. (Amsal 11:17)

Kesehatan tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan. Jika kita memiliki kesehatan yang prima, kita pun bisa bekerja dengan penuh semangat, penuh vitalitas, dan konsentrasi penuh. Namun, jika kita sakit-sakitan, sedikit banyak tentu hal tersebut berpengaruh pada pekerjaan ataupun kesuksesan kita. Saat saya sakit, saya juga tidak bisa berbuat banyak. Bukankah demikian juga halnya dengan Anda? Menurut sebuah penelitian, seberapa bagus tingkat kesehatan kita akan ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan kita. Itu sebabnya, jika kita ingin memiliki kesehatan yang baik, kita harus mulai mengubah pola pikir, pola makan, dan pola hidup kita. Itulah tiga hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

1. Pola Pikir
Apa yang kita pikirkan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Cara berpikir yang 'positif' akan membuat tubuh kita jadi sehat, sebaliknya cara berpikir yang negatif akan membuat tubuh kita mengalami gangguan. Pikiran yang negatif akan membuat emosi kita menjadi terganggu dan keadaan emosi yang tidak stabil akan berdampak pada kesehatan tubuh kita.

2. Pola Makan
Dewasa ini, orang sudah mulai sadar akan pentingnya pola makan. Orang sudah mulai menerapkan pola makan yang baik. Mereka sudah mulai memilih makanan yang sehat, seperti sayuran, buah, mengurangi makanan berlemak, zat makanan tambahan (pengawet, perasa, pemanis, dll.). Mereka sadar bahwa dengan mengubah pola makan, maka kesehatannya akan terjaga.

3. Pola Hidup
Pola hidup akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Jika pola hidup kita tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kurang istirahat, terbiasa untuk begadang sampai tengah malam, kesehatan kita pasti akan terganggu. Seperti halnya mesin, jika kita merawat tubuh dengan baik dan teratur, pekerjaan yang kita hasilkan juga akan baik. Sebaliknya, jika tubuh kita terlalu dipaksa terus-menerus untuk kebiasaan buruk, tubuh kita juga cepat rusak. Kebiasaan hidup akan mempengaruhi kesehatan. Kesehatan akan mempengaruhi kesuksesan.

Diambil dari:
Nama situs: renunganyouth.blogspot.com
Alamat URL: http://renunganyouth.blogspot.com/2012/10/hidup-sehat.html
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 9 April 2013


BAHAN MENGAJAR: DICIPTAKAN UNTUK MENJADI SEHAT
Ditulis oleh: Doni K.

I. TUJUAN

Meningkatkan kesadaran pemuda dan remaja untuk menghargai tubuh sebagai karya ciptaan Tuhan.

II. INSPIRASI

Apa yang dikatakan Alkitab tentang hidup sehat?

(1 Korintus 6:19-20) -- TB "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!"

Alkitab sudah menegaskan bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus. Tentu saja ini menjadi sebuah alasan yang sangat kuat bagi Tuhan untuk 'memaksa' supaya kita berjuang menjaga tubuh dari segala kecemaran. Sebagai umat tebusan Tuhan, kita tentunya juga harus menyadari bahwa tubuh kita bukan lagi menjadi tubuh kita sendiri. Kita tidak dapat memperlakukan tubuh kita sesuka kita. Dan, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk selalu memuliakan Tuhan melalui tubuh kita.

Satu hal lagi yang harus kita perhatikan, bahwa Tuhan rindu melihat kita dipakai menjadi alat dalam menjalankan misi-Nya di dunia, yaitu menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang dan terlibat dalam pelayanan lainnya. Jadi, sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh sehingga kita dapat melayani Tuhan dengan tubuh yang sehat dan penuh berkat Tuhan.

(Roma 12:1) -- TB "Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati."

Tuhan meminta supaya kita mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang berkenan di hadapan Tuhan, persembahan yang kudus dan hidup. Kita mungkin sering mengatakan dengan mulut kita bahwa kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, pikiran, jiwa, dan kekuatan kita. Namun, Tuhan menantang kita untuk tidak hanya mengatakannya melalui mulut, tetapi juga melalui penjagaan tubuh jasmani kita sehingga kita benar-benar menjadi alat-Nya yang berkenan.

(Galatia 5:13) -- TB "Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih."

Pengorbanan Kristus di kayu salib telah membawa kita kepada kemerdekaan atas dosa. Karena, kuasa salib-Nya telah menghapuskan dosa kita dan telah menebus kita dari jerat maut sehingga kita menjadi layak memperoleh hidup kekal. Ini tentu menjadi suatu berita sukacita bagi kita. Namun, ini bukan berarti kita kemudian boleh menggunakan kesempatan ini untuk hidup sesuka kita. Sebaliknya, kita justru harus bertanggung jawab atas setiap kemerdekaan yang telah diberikan oleh Tuhan. Untuk melakukannya, kita harus membiarkan roh kita yang memegang kendali atas tubuh kita, bukan sebaliknya karena salah satu buah Roh adalah pengendalian diri. (Galatia 5:22-23 -- "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.")

Jika kita melihat ke sekitar kita, banyak sekali orang yang telah menjadi budak keinginan diri (kedagingan), di mana mereka lebih memilih untuk mengorbankan kesehatan demi kenikmatan segala sesuatu yang dikonsumsi. Tidak peduli apakah itu membahayakan atau tidak. Yang penting, mereka puas dengan apa yang mereka makan dan itulah kenikmatan terbesar mereka.

(1 Korintus 10:23) -- TB "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun."

(1 Korintus 6:12) -- TB "Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun."

Tuhan memang memperbolehkan kita atau dengan kata lain memberikan kehendak bebas kepada kita untuk menikmati ciptaan-Nya. Namun, Tuhan juga menempatkan tanggung jawab untuk kita dapat bertindak dengan bijaksana. Dengan demikian, kita tidak dapat semena-mena menggunakan kebebasan tersebut. Sebagai umat yang hidup pada masa Perjanjian Baru, mungkin kita sedikit beruntung karena hukum-hukum yang ditanggungkan kepada kita lebih sedikit jika dibandingkan dengan umat yang hidup pada masa Perjanjian Lama. Namun, justru tanggung jawab yang kita pikul untuk melakukan yang benar dan yang bijaksana lebih banyak. Dalam hal ini, Tuhan berharap supaya kita dapat menentukan pilihan-pilihan serta keputusan-keputusan yang tepat, sehubungan dengan hal-hal yang dipandang baik oleh Tuhan, bahkan soal makanan sekalipun. Ketika kita mulai diperbudak oleh hawa nafsu tentang kenikmatan makanan yang dapat merusak tubuh kita, yang menjadi masalah sebenarnya adalah pengendalian diri dan tindakan-tindakan negatif. Sebagai orang percaya, kita seharusnya menghindari hal-hal yang demikian dan senantiasa bersikap positif terhadap makanan yang telah disediakan oleh Tuhan.

III. REFLEKSI

Hal apakah yang kamu dapatkan dari renungan tentang kesehatan, sehubungan dengan cara menjaga tubuh tersebut?

IV. DISKUSI

1. Bagaimanakah cara kita memperlakukan tubuh kita? Mengingat bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus. (1 Korintus 6:19-20)

2. Bagaimanakah caranya supaya kita dapat mempersembahkan tubuh kita kepada Tuhan sehingga menjadi berkenan di hadapan-Nya? (Roma 12:1)

3. Bagaimanakah sebaiknya kita menggunakan kemerdekaan kita? (Galatia 5:13)

4. Hal-hal apa sajakah yang diperbolehkan untuk dinikmati, namun berguna dan membangun bagi tubuh kita? (1 Korintus 10:23; 1 Korintus 6:12)

V. APLIKASI

1. Tubuh kita telah menjadi milik Kristus karena Dia telah membayar hidup kita secara lunas. Oleh sebab itu, perlakukanlah tubuh kita dengan takut akan Tuhan.

2. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kekudusannya harus dimulai dengan takut akan Tuhan, dan kesadaran bahwa kita adalah milik Tuhan.

VI. AKSI

1. Memiliki tekad untuk menjaga tubuh jasmani, dengan kesadaran bahwa tubuh kita adalah milik Tuhan.

2. Berani berpegang pada prinsip alkitabiah dan menjaga diri dari hawa nafsu yang dapat menjatuhkan hidup kita.

Sumber bacaan:
1. Subrata, elizabeth., dr. 2004. "Rahasia Umur Panjang". Jakarta: Adonai Publishing. Hlm. i - iv.
2. Wahyono, Ayub. 2011. "Impact". Bandung: PT.Visi Anugerah Indonesia. Hlm. 42


STOP PRESS: PEMBUKAAN KELAS PESTA GURU SEKOLAH MINGGU (GSM) PERIODE JULI/AGUSTUS 2013

Anda guru sekolah minggu? Anda terbeban dalam pelayanan anak? Anda ingin terus diperlengkapi dalam melayani di sekolah minggu? Anda rindu mengembangkan talenta Anda dalam bidang pelayanan anak untuk kemuliaan nama Tuhan?

Yayasan Lembaga SABDA kembali membuka kelas Guru Sekolah Minggu (GSM) periode Juli/Agustus 2013 melalui program Pendidikan Studi Teologi Awam (PESTA) bagi Anda yang terlibat dan terbeban dalam pelayanan anak. Diskusi akan dilakukan melalui milis diskusi (email) dan akan berlangsung mulai tanggal 15 Juli -- 23 Agustus 2013.

Daftarkanlah diri Anda sekarang juga ke Admin PESTA di < kusuma(at)in-christ.net >. Pendaftaran ditutup pada tanggal 10 Juni 2013. Jangan lewatkan kesempatan ini karena kelas terbatas hanya untuk 20 orang peserta saja. Tidak dipungut biaya!

Untuk melihat materi yang akan dipelajari dalam kelas PESTA GSM ini, silakan mengakses URL berikut ini.

==> http://pesta.sabda.org/gsm_sil


Kontak: binasiswa(at)sabda.org
Redaksi: Doni K. dan Yusak
Berlangganan: subscribe-i-kan-untuk-siswa(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-untuk-siswa(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/e-binasiswa/arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo