Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, July 4, 2012

(e-RH) Juli 05 -- MANDIRI ATAU BERGANTUNG?

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 5 Juli 2012
Bacaan : 2 Samuel 22
Setahun: 2 Raja-Raja 14; 2 Tawarikh 25
Nats: "Ya, Tuhan, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku,
Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk
keselamatanku, kota bentengku, tempat pelarianku, juruselamatku;
Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan." (2 Samuel 22:2-3)

Judul:

MANDIRI ATAU BERGANTUNG?

Hari itu tak seperti biasanya. Sam kecil berlari dengan air mata
berderai saat kami muncul di kelompok bermainnya. Ia mendekap erat
ayahnya. Rupanya, seorang teman telah merebut pisangnya. Ia meminta
sang ayah mengambilnya kembali. Ia tahu kepada siapa ia mendapatkan
rasa aman dan pertolongan.


Daud mengalami Tuhan yang melepaskannya dari musuhserta dari tangan
Saul. Bagian firman Tuhan yang kita baca ialah gelora syukur yang
memenuhi hati Daud, yang kemudian digubah dalam Mazmur 18.
Pengalamannya dengan Tuhan memperdalam pengenalannya akan Dia,
tempat berlindung yang dapat diandalkan (ayat 2-3). Saat dalam
kesesakan dan sepertinya tak ada jalan keluar, Daud berseru kepada
Tuhan (ayat 6-7). Sebagaimana Daud, tokoh-tokoh Alkitab seperti
Abraham, Musa, Yosua, Daniel, Nehemia, Maria, dan Paulus dicirikan
dengan kebergantungan mereka yang radikal kepada Tuhan.


Sebagaimana seorang balita bergantung pada ayah dan ibunya dalam
segala hal, kita juga bergantung pada Tuhan dalam segala sesuatu.
Beberapa orang berpikir bahwa kita seharusnya bertumbuh dari "masa
balita" dalam hal kebergantungan pada Tuhan ini, menjadi lebih
mandiri. Kebenarannya adalah bahwa kita selalu memerlukan Tuhan.
Kita mengawali kehidupan kristiani dengan kebergantungan pada kasih
karunia yang tidak layak kita terima. Kita juga melanjutkan
kehidupan kristiani dengan kebergantungan pada Tuhan yang terus
berkarya memulihkan, memimpin, mengasihi, menyediakan, memuaskan,
dan memindahkan gunung. Ketika kita bergantung pada Tuhan, kita akan
mendapati Dia dapat diandalkan dan bersuka memuliakan-Nya. --SWS

TUHAN DIMULIAKAN KETIKA KITA MENARUH KEBERGANTUNGAN KITA
SECARA PENUH KEPADA-NYA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-07-05
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/07/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/07/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?2+Samuel+22

2 Samuel 22

1 Daud mengatakan perkataan nyanyian ini kepada TUHAN pada waktu
TUHAN telah melepaskan dia dari cengkeraman semua musuhnya dan
dari cengkeraman Saul.
2 Ia berkata: "Ya, TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan
penyelamatku,
3 Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk
keselamatanku, kota bentengku, tempat pelarianku, juruselamatku;
Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan.
4 Terpujilah TUHAN, seruku; maka akupun selamat dari pada musuhku.
5 Sesungguhnya gelora-gelora maut telah mengelilingi aku,
banjir-banjir jahanam telah menimpa aku,
6 tali-tali dunia orang mati telah membelit aku,
perangkap-perangkap maut terpasang di depanku.
7 Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada
Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaraku dari bait-Nya,
teriakku minta tolong masuk ke telinga-Nya.
8 Lalu bergoyang dan bergoncanglah bumi, dasar-dasar langit
gemetar dan bergoyang, oleh karena bernyala-nyala murka-Nya.
9 Asap membubung dari hidung-Nya, api menjilat keluar dari
mulut-Nya, bara menyala keluar dari pada-Nya.
10 Ia menekukkan langit, lalu turun, kekelaman ada di bawah
kaki-Nya.
11 Ia mengendarai kerub, lalu terbang, dan tampak di atas sayap
angin.
12 Dan Ia membuat kegelapan di sekeliling-Nya menjadi pondok-Nya:
air hujan yang gelap, awan yang tebal.
13 Karena sinar kilat di hadapan-Nya bara api menjadi menyala.
14 TUHAN mengguntur dari langit, Yang Mahatinggi memperdengarkan
suara-Nya.
15 Dilepaskan-Nya panah-panah, sehingga diserakkan-Nya mereka,
yakni kilat-kilat, sehingga dikacaukan-Nya mereka.
16 Lalu kelihatanlah dasar-dasar laut, alas-alas dunia tersingkap
karena hardikan TUHAN karena hembusan nafas dari hidung-Nya.
17 Ia menjangkau dari tempat tinggi, mengambil aku, menarik aku
dari banjir.
18 Ia melepaskan aku dari musuhku yang gagah, dari pada orang-orang
yang membenci aku, karena mereka terlalu kuat bagiku.
19 Mereka menghadang aku pada hari sialku, tetapi TUHAN adalah
sandaran bagiku;
20 Ia membawa aku keluar ke tempat lapang, Ia menyelamatkan aku,
karena Ia berkenan kepadaku.
21 TUHAN memperlakukan aku sesuai dengan kebenaranku; Ia membalas
kepadaku sesuai dengan kesucian tanganku,
22 sebab aku tetap mengikuti jalan TUHAN dan tidak menjauhkan diri
dari Allahku sebagai orang fasik.
23 Sebab segala hukum-Nya kuperhatikan, dan dari ketetapan-Nya aku
tidak menyimpang;
24 aku berlaku tidak bercela kepada-Nya dan menjaga diri terhadap
kesalahan.
25 Karena itu TUHAN membalas kepadaku sesuai dengan kebenaranku,
sesuai dengan kesucianku di depan mata-Nya.
26 Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang
yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela,
27 terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap
orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.
28 Bangsa yang tertindas Engkau selamatkan, tetapi mata-Mu melawan
orang-orang yang tinggi hati, supaya mereka Kaurendahkan.
29 Karena Engkaulah pelitaku, ya TUHAN, dan TUHAN menyinari
kegelapanku.
30 Karena dengan Engkau aku berani menghadapi gerombolan, dengan
Allahku aku berani melompati tembok.
31 Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; sabda TUHAN itu murni; Dia
menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.
32 Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu
selain dari Allah kita?
33 Allah, Dialah yang menjadi tempat pengungsianku yang kuat dan
membuat jalanku rata;
34 yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di
bukit;
35 yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat
melengkungkan busur tembaga.
36 Juga Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu, dan kebaikan-Mu
telah membuat aku besar.
37 Kauberikan tempat lapang untuk langkahku, dan mata kakiku tidak
goyah.
38 Aku mengejar musuhku sampai mereka kupunahkan, dan tidak
berbalik sebelum mereka kuhabiskan;
39 aku menghabiskan dan meremukkan mereka, sehingga mereka tidak
bangkit lagi, dan mereka rebah di bawah kakiku.
40 Engkau telah mengikat pinggangku dengan keperkasaan untuk
berperang, Engkau tundukkan ke bawah kuasaku orang yang bangkit
melawan aku.
41 Kaubuat musuhku lari dari padaku, orang-orang yang membenci aku,
mereka kubinasakan.
42 Mereka berteriak minta tolong, tetapi tidak ada yang
menyelamatkan, mereka berteriak kepada TUHAN, tetapi Ia tidak
menjawab mereka.
43 Aku menggiling mereka halus-halus seperti debu tanah, aku
menumbuk mereka dan menginjak-injak mereka seperti lumpur di
jalan.
44 Dan Engkau meluputkan aku dari perbantahan bangsaku; Engkau
memelihara aku sebagai kepala atas bangsa-bangsa; bangsa yang
tidak kukenal menjadi hambaku;
45 orang-orang asing tunduk menjilat kepadaku, baru saja telinga
mereka mendengar, mereka taat kepadaku.
46 Orang-orang asing pucat layu dan keluar dari kota kubunya dengan
gemetar.
47 TUHAN hidup! Terpujilah gunung batuku, dan ditinggikanlah
kiranya Allah gunung batu keselamatanku,
48 Allah, yang telah mengadakan pembalasan bagiku, yang telah
membawa bangsa-bangsa ke bawah kuasaku,
49 dan yang telah membebaskan aku dari pada musuhku. Dan Engkau
telah meninggikan aku mengatasi mereka yang bangkit melawan aku;
Engkau telah melepaskan aku dari para penindas.
50 Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu, ya TUHAN, di
antara bangsa-bangsa, dan aku mau menyanyikan mazmur bagi
nama-Mu.
51 Ia mengaruniakan keselamatan yang besar kepada raja yang
diangkat-Nya, dan menunjukkan kasih setia kepada orang yang
diurapi-Nya, kepada Daud dan anak cucunya untuk selamanya."

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?2+Raja-Raja+14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-Raja+14
http://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+25


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo