Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, May 9, 2012

[e-Buku] Edisi 98/Mei 2012 -- Pengembangan Diri (I)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Buku -- Pengembangan Diri (I)
Edisi 98/Mei 2012

DAFTAR ISI
RESENSI 1: PERENCANA DAN PEMIMPI
RESENSI 2: THE POWER OF FOCUS
KESAKSIAN PEMBACA: PENTINGNYA DOA KELUARGA
STOP PRESS: DAPATKAN BUNDEL BULETIN PARAKALEO!

Salam kasih dalam Tuhan,

Untuk menjadi orang yang berhasil di atas rata-rata, kita harus berani bayar harga. Kita harus menerapkan disiplin tinggi, berintegritas, rajin bekerja, bersedia untuk terus belajar, dan mengembangkan diri. Pengembangan diri pun mencakup banyak segi, dari segi wawasan sampai kepribadian. Namun, di atas semua upaya tersebut, kita juga harus mengembangkan hubungan pribadi dengan Tuhan. Dengan demikian, kita dapat mencapai hasil yang lebih sempurna karena Tuhan yang menyempurnakannya.

Untuk membantu Pelanggan dalam mengembangkan diri, e-Buku 98 ini menyajikan dua resensi buku bertema "Pengembangan Diri", yang ditulis oleh Luis Palau dan Daniel Ong. Dalam kolom Kesaksian Pembaca, kami menghadirkan kesaksian dari Pelanggan e-Buku tentang pentingnya doa keluarga. Sungguh, tanpa ada doa dan penyerahan diri kepada Sang Pemilik Hidup, seberapa pun kerasnya kita berusaha, hasilnya tidak akan sempurna. Sudah siap untuk berkembang? Simak segera edisi ini!

Pemimpin Redaksi e-Buku,
Sri Setyawati
< setya(at)in-christ.net >
< http://gubuk.sabda.org/ >


"Anak-anak dibentuk menjadi pembaca di atas pangkuan para orang tua mereka." (Emilie Buchwald)


RESENSI 1: PERENCANA DAN PEMIMPI

Judul buku: Perencana dan Pemimpi
Judul asli: The Schemer and The Dreamer
Penulis/Penyusun: Luis Palau
Penerjemah: Pdt. Paulus Trimanto Wibowo M.Div
Editor: --
Penerbit: YAKIN, Surabaya 1984
Ukuran buku: 18 cm x 12 cm
Tebal: 194 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Salah satu kunci dasar untuk berhasil dalam sekolah, pekerjaan, dan hidup adalah dengan menentukan mimpi dan membuat rencana. Tanpa mimpi, kita tidak tahu apa yang kita perjuangkan. Tanpa rencana yang matang, kita akan mengalami kesulitan dalam meraih mimpi yang kita dambakan.

Bila Anda ingin menjadi orang yang berhasil, Anda bisa membaca buku "Perencana dan Pemimpi" yang ditulis oleh Luis Palau. Dalam buku ini, Luis Palau menjelaskan bagaimana seorang perencana dan pemimpi berhasil dalam mengembangkan potensi diri untuk meraih sukses. Luis Palau menyoroti dua tokoh Alkitab -- Yakub dan Yusuf. Yakub, tokoh besar Alkitab, adalah contoh seorang perencana yang baik. Dia menyiapkan rencana untuk mengambil hak kesulungan Esau, mengambil kesempatan untuk diberkati ayahnya, dan melarikan diri ke tempat Laban untuk menghindari Esau. Berbeda dengan Yakub, Yusuf adalah contoh seorang pemimpi. Dia memunyai mimpi-mimpi yang besar bagi hidupnya dan bangsanya. Keduanya menjadi orang besar dan dipakai Tuhan. Selain itu, Luis Palau juga menegaskan kepada kita bahwa Allah pun rindu memakai hidup kita untuk kemuliaan-Nya. Isi buku ini sangat menarik, alkitabiah, dan aplikatif.

Buku ini sangat bagus untuk mendorong Anda meraih sukses seturut kehendak Allah. Selamat membaca.

Peresensi: Gunung Yudi P.


RESENSI 2: THE POWER OF FOCUS

Judul buku: The Power of Focus
Judul asli: The Power of Focus
Penulis/Penyusun: Daniel Ong
Penerjemah: --
Editor: Sulistyani
Penerbit: Penerbit Yayasan ANDI, Yogyakarta 2003
Ukuran buku: 12 x 19 cm
Tebal: 95 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Dalam mencapai tujuan apa pun, ada syarat-syarat yang harus kita penuhi. Salah satunya adalah fokus. Hal ini bukan hanya berlaku dalam dunia kerja, dalam menjalani hidup kita pun harus memiliki fokus yang kuat. Bagaimana mungkin kita bisa mencapai sasaran dan mengevaluasi perkembangan kita, jika kita tidak memiliki target/fokus yang jelas dan pasti?

Tuhan tentu memberikan banyak potensi dalam diri kita, yang bisa dikembangkan agar kita menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Mulai dari pengembangan diri yang bersifat kognitif, keterampilan seni, kecerdasan mengelola emosi, hingga pengembangan diri secara rohani. Buku karya Daniel Ong, seorang pendeta yang melayani di Perth -- Australia, telah beredar di pasaran untuk membantu Anda dalam mengembangkan kemampuan diri dalam bidang rohani dan sosial. Melalui buku ini, Daniel Ong mengingatkan dan menjelaskan bahwa untuk mengembangkan diri, kita perlu memiliki fokus yang jelas dan bagaimana hubungan antara fokus dan konsistensi, kebiasaan, keseimbangan, kemampuan, membangun hubungan, permintaan, penghalang, percaya diri, strategi, serta hubungan antara fokus dan Tuhan Yesus. Berbeda dengan buku-buku pengembangan diri pada umumnya, buku ini menekankan pentingnya firman Tuhan sebagai petunjuk bagaimana kita seharusnya mengembangkan diri. Dasar-dasar alkitabiah dan cara hidup tokoh-tokoh Alkitab mendominasi penjelasan penulis tentang pembahasan yang dikupas. Hal menarik lainnya dari buku ini adalah adanya kesimpulan dan pertanyaan perenungan di setiap akhir pembahasan. Bagian ini sangat bermanfaat bagi pembaca untuk menilai pemahaman diri dan menerapkan panduannya dalam proses mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Anda ingin berhasil dalam hidup? Tetap jaga fokus Anda seperti yang ditekankan dalam buku ini.

Peresensi: Sri Setyawati


KESAKSIAN PEMBACA: PENTINGNYA DOA KELUARGA
Ditulis oleh: Desi Rianto

Keluarga merupakan lembaga pertama yang dibuat oleh Allah. Karena Allah menjadi kreator awal keluarga, sudah sepatutnya keluarga menjadi kesaksian indah yang memancarkan kasih Allah. Sebaliknya, apabila keluarga gagal mencerminkan kasih Allah, maka keluarga gagal menunjukkan identitas keindahan keharmonisan sebagai keluarga Allah. Bukan hanya itu saja, keluarga juga diberi wewenang oleh Allah sebagai tempat pembelajaran pendidikan utama untuk anak. Oleh karena itu, setiap orang tua harus menanamkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan di dalam diri anak dan mengajar anak tentang hal berdoa.

Buku "Keluarga Kristen yang berdoa" yang ditulis oleh Rosalind Rinker, seorang yang bertahun-tahun berkecimpung sebagai guru dan penasihat keluarga, membagikan pengalamannya mengenai cara bermanfaat dan praktis untuk menciptakan waktu doa dalam keluarga. Buku ini dibagi menjadi 3 bagian, bab pertama diawali peran orang tua dalam keluarga, bagian kedua tentang pelajaran untuk orang tua dan anak-anak perihal berdoa yang terdiri dari 4 dasar, dan bagian ketiga yang berisi renungan harian selama 30 hari yang dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan yang memperdalam bahasan tiap-tiap hari.

Buku ini sangat memberkati saya secara pribadi, terkhusus karena buku ini mengajarkan saya mengenai berdoa. Bab yang berjudul Berdoa untuk Orang Lain, pada bagian kedua inilah yang sangat berkesan bagi saya. Sering kali, saya masih terjebak dengan kebutuhan saya dan keluarga saya sendiri. Melalui bab ini, saya ditegur untuk ingat dan bersedia berdoa untuk orang lain juga. Dengan demikian, saya tidak menjadi egois, namun bisa menempatkan diri menjadi anggota tubuh Kristus, yang juga turut merasakan pergumulan orang lain dan membantu meringankan beban mereka, walaupun tidak secara langsung. Selain itu, cara-cara praktis yang diberikan penulis dalam setiap bab sangat menolong saya untuk menciptakan mezbah doa dan kehidupan saya pribadi dan keluarga. Bahkan, fakta kehidupan praktis yang dipaparkan oleh penulis sangat menolong saya untuk semakin menyadari kepentingan saling mengasihi dan mendoakan sebagai satu bagian dalam tubuh Kristus. Melalui buku ini, saya benar-benar diberkati dan dimantapkan untuk membangun mezbah keluarga yang kuat, baik saya yang saat ini masih berada dalam posisi sebagai anak maupun nanti saat saya menjadi orang tua. Doa adalah kebutuhan saya yang terutama, karena Dia di dalam saya dan saya di dalam Dia. Terpujilah Tuhan!

Informasi buku:
Judul buku: Keluarga yang Berdoa
Judul asli: How To Have Family Prayers
Penulis/Penyusun: Rosalind Rinker
Editor: Kristihandari PK
Penerjemah: Dra. Suzana Sugito
Penerbit: Yayasan ANDI, Yogyakarta 2001
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal: 173 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --


STOP PRESS: DAPATKAN BUNDEL BULETIN PARAKALEO!

Buletin Parakaleo berisi tulisan-tulisan dari penulis dan konselor Kristen yang telah berpengalaman dalam bidangnya, seperti Yakub Susabda, Esther Susabda, Paul Gunadi, dan Paul Soetopo. Buletin Parakaleo ini diterbitkan oleh Departemen Konseling Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia sejak tahun 1984 hingga tahun 2007 [buletin ini sekarang sudah tidak terbit lagi]. Saat ini tersedia bundel Buletin Parakaleo yang berisi 56 edisi (lengkap).

Jika Anda berminat untuk mendapatkan bundel buletin Parakaleo ini, silakan mengisi form pemesanan di bawah ini. Pesanan Bundel Parakaleo akan dikirim lewat pos ke alamat pemesan (mohon tulis alamat yang lengkap).

Sebagai ganti biaya cetak dan ongkos kirim, pemesan bisa memberikan sumbangan sukarela lewat transfer Bank:
Rekening: BCA Pasar Legi Solo
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati

----------------> potong di sini <-------------------
FORM PEMESANAN BUNDEL PARAKALEO

Nama Pemesan:
Alamat lengkap:
Kota:
Kode Pos:
No. HP:
Email:

Jumlah yang dipesan: .... bundel (masing-masing berisi 56 edisi -- lengkap)

----------------> potong di sini <-------------------

Kirimkan kembali form ini dan bukti transfer ke:
==> konsel(at)sabda.org

Atau kirimkan data Anda lewat SMS ke: 088-1297-9100


Kontak: < buku(at)sabda.org >
Redaksi: Sri Setyawati, Ami Grace Y., dan Yonathan Sigit P.
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/buku >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo