Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, February 8, 2012

[e-Buku] Edisi 92/Februari 2012 -- Doktrin Alkitab (I)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Buku -- Doktrin Alkitab (I)
Edisi 92/Februari 2012

DAFTAR ISI
RESENSI 1: ALKITAB MENJAWAB PERTANYAAN TENTANG IMAN KRISTEN
RESENSI 2: MENGENAL ALKITAB ANDA
TIP: MEMBUAT TAMAN BACAAN YANG MENGASYIKKAN
STOP PRESS: GRATIS! ALKITAB MP3 AUDIO

Salam jumpa dalam Kristus,

Alkitab adalah buku penuntun bagi orang percaya. Di dalamnya ada banyak sekali kebenaran, yang lebih dalam dibandingkan dengan buku-buku sains yang ada di dunia. Bukan hanya pengetahuan dan sejarah kehidupan yang masih relevan dengan kehidupan zaman sekarang, Alkitab pun memberikan hikmat yang jauh lebih tinggi daripada pengetahuan yang ditawarkan dunia. Persoalannya, apakah masing-masing kita sudah menyadari seberapa sungguh iman kita didasarkan pada Alkitab, dan sudahkah kita mengenali Alkitab dengan baik. Buku-buku yang kami perkenalkan dalam kolom resensi pada edisi ini, kiranya mendorong Pelanggan untuk lebih intens dalam mempelajari Alkitab. Di bagian akhir edisi, Redaksi juga menyajikan sebuah tip untuk membuat taman bacaan yang mengasyikkan. Ayo, kita cerdaskan bangsa dengan membaca!

Pemimpin Redaksi e-Buku,
Sri Setyawati
< setya(at)in-christ.net >
< http://gubuk.sabda.org/ >


"Seseorang yang menyukai buku tidak menginginkan teman yang setia, konselor yang arif, teman yang gembira, obat penenang yang manjur. Dengan belajar, membaca, dan berpikir, seseorang dapat mengalihkan perhatian tanpa salah dan dengan senang hati menghibur dirinya sendiri, setiap saat dan setiap waktu." (Barrow)


RESENSI 1: ALKITAB MENJAWAB PERTANYAAN TENTANG IMAN KRISTEN

Judul buku: Alkitab Menjawab Pertanyaan tentang Iman Kristen
Judul asli: Questions on the Christian Faith Answered from the Bible
Penulis/Penyusun: Derek Prime
Penerjemah: M. H. Simanungkalit
Editor: --
Penerbit: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, Jakarta 1995
Ukuran buku: 14,5 x 21 cm
Tebal: 169 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Alkitab memiliki banyak perbedaan dari buku-buku lainnya. Alkitab bukanlah sekadar buku yang menceritakan sejarah masa lalu atau buku panduan moral. Alkitab juga tidak sama dengan buku pelajaran, filsafat, novel, dan buku akademis lainnya. Alkitab adalah buku yang ditulis oleh orang-orang pilihan, yang dibimbing oleh Roh Kudus. Alkitab adalah kebenaran Allah, firman yang tertulis. Di dalam dan di atas Alkitab inilah iman Kristen berakar.

Sebagai orang percaya, kita seharusnya menggunakan Alkitab sebagai dasar iman Kita. Buku karangan Derek Prime, "Alkitab Menjawab Pertanyaan tentang Iman Kristen", dapat membantu Anda untuk lebih memahami isi Alkitab secara benar dan bertanggung jawab, serta membantu Anda untuk memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan seputar kekristenan, ketika ada seseorang yang bertanya kepada Anda.

Dalam buku ini Derek Prime tidak memberikan teori-teori panjang, namun ia memberikan daftar ayat Alkitab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan iman Kristen. Pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam buku ini dibagi menjadi beberapa bagian dan subbagian yang diberi nomor, serta disusun menurut abjad. Dengan demikian, Anda dapat mempelajari buku ini dengan runtut dan mudah. Buku ini memiliki lima puluh topik utama, mulai dari Menerangkan Batasan Agama Kristen, Alkitab, Ilham Alkitab, Diri Allah, Allah Tritunggal, Dosa, Adanya Manusia, Kedatangan Kristus yang Pertama, Ke-Allah-an Kristus, Allah menjadi Manusia, Kayu Salib, Kebangkitan Yesus Kristus, Kenaikan Yesus ke Sorga, Roh Kudus, Kelahiran Kembali, Pertobatan, Iman, Baptisan Kudus, Gereja, Iblis, Kedatangan Kristus Kembali, Penghakiman Terakhir, Kebangkitan Orang Mati, Hidup Sesudah Mati, hingga Kerajaan Maut. Dalam bagian akhir buku, Derek Prime juga melampirkan beberapa istilah Alkitab dan pengertiannya. Bagian ini dapat menjadi panduan Anda, jika Anda tidak mengerti arti dari istilah yang Anda temukan dalam pembahasan sebelumnya. Satu lagi yang bagus dari buku ini, di bagian awal buku, ada penjelasan tentang singkatan nama Kitab/surat dalam Alkitab.

Buku ini sangat tepat digunakan untuk pemuridan atau katekisasi dalam gereja. Buku ini juga sangat bermanfaat untuk membimbing anak-anak sekolah minggu dan jemaat umum dalam persekutuan Pemahaman Alkitab (PA). Mari kita kenali Alkitab lebih baik lagi, sehingga kita pun mampu mengenal Dia, Sang Firman yang Hidup.

Peresensi: Sri Setyawati


RESENSI 2: MENGENAL ALKITAB ANDA

Judul buku: Mengenal Alkitab Anda
Judul asli: --
Penulis/Penyusun: Dr. Daud H. Soesilo, Ph.D.
Penerjemah: --
Editor: Dr. Daud H. Soesilo, Ph.D.
Penerbit: Lembaga Alkitab Indonesia, Jakarta 2001
Ukuran buku: 13,5 x 21 cm
Tebal: 178 halaman
ISBN: 979-463-372-0
Buku Online: --
Download: --

Bagi orang Kristen, Alkitab tentu bukanlah buku yang asing. Pertanyaannya, apakah kita sudah mengenal Alkitab kita dengan baik? Untuk dapat mengenal Alkitab dengan baik, kita harus membaca dan mempelajari Alkitab dengan cara yang benar. Untuk itu, kita membutuhkan Alkitab dengan berbagai versi, buku-buku tafsiran, serta buku-buku penunjang lainnya. Salah satu buku yang dapat Anda gunakan adalah buku "Mengenal Alkitab Anda", yang disusun oleh Dr. Daud H. Soesilo, Ph.D.

Meskipun buku ini tidak setebal buku-buku diktat para teolog, namun isinya cukup lengkap. Buku ini menguraikan tentang sejarah penulisan Alkitab, kanonisasi Alkitab, penerjemahan Alkitab, sejarah penerjemahan Alkitab dalam Bahasa Melayu/Indonesia, penerjemahan ke dalam bahasa-bahasa daerah, eksegesis, penerjemahan istilah Teologi dalam bahasa sehari-hari, lembaga Alkitab yang berbahasa Melayu/Indonesia, serta mengapa dan bagaimana membaca Alkitab. Selain uraian yang cukup detail, dalam buku ini Anda juga dapat melihat salinan terjemahan Alkitab kuno dan berbagai bagan yang memperlihatkan proses penerjemahan Alkitab maupun daftar beberapa terjemahan Alkitab ke dalam bahasa suku. Di bagian akhir buku ini, Anda dapat membaca lampiran, bagan sejarah dalam Alkitab, dan referensi buku-buku pendukung. Dengan membaca buku ini, Anda seolah masuk ke perguruan tinggi teologia.

Buku ini sangat penting dibaca oleh semua umat Kristen, baik yang menjadi mahasiswa teologi maupun orang Kristen awam. Bacalah buku ini untuk mengetahui lebih jauh tentang Alkitab Anda, sehingga Anda semakin mengasihi Allah dan firman-Nya.

Peresensi: Yonathan Sigit


TIP: MEMBUAT TAMAN BACAAN YANG MENGASYIKKAN
Ditulis oleh: Sri Setyawati

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa membaca adalah suatu kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan bagi pelakunya. Bahkan, dengan membaca kualitas pendidikan pun bisa meningkat. Orang yang banyak membaca buku biasanya memiliki wawasan yang lebih luas, ketimbang mereka yang tidak pernah atau jarang membaca buku.

Meski banyak orang yang telah mengetahui pentingnya kegiatan membaca, masih banyak anak Indonesia yang tidak bersekolah dan tidak dapat membaca. Tragisnya lagi, bukan hanya anak-anak, banyak pula orang-orang tua dan muda yang sama sekali tidak bisa membaca dan menulis. Melihat kenyataan ini, sudah sewajarnya bila kita tergerak untuk ambil bagian dalam mengentaskan kebodohan bangsa, salah satunya dengan mendirikan taman bacaan. Untuk mendirikannya, kita perlu mengumpulkan sumber daya yang ada: buku dan petugas taman bacaan, serta menyusun perencanaan yang matang dan strategi yang tepat untuk mengelolanya.

Kita tahu bahwa menarik orang atau anak-anak untuk membaca tidaklah mudah. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih senang menonton televisi, mengobrol, dan berjalan-jalan di mal daripada membaca buku. Untuk itu, kita harus memiliki ide kreatif agar kita bisa mengajak dan mendorong masyarakat untuk membaca buku. Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan untuk menciptakan taman bacaan yang mengasyikkan adalah sebagai berikut.

1. Kegiatan yang Variatif dan Kreatif

Kita dapat menarik perhatian anak-anak/masyarakat dengan banyak cara. Selain mengajak mereka untuk membaca buku, mengadakan kegiatan-kegiatan pendukung seperti menonton film bersama, membuat koran kampung, mengadakan bedah buku, pembagian buku gratis, dst. juga bisa menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung ke taman bacaan.

Dengan menonton film, kita bisa mengajak anak berpikir kritis dan berimajinasi. Setelah menonton film, kita bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang mereka untuk berpikir. Jika mereka tidak dapat menjawab, ambillah sebuah buku untuk mereka baca. Selain itu, desain tampilan tempat juga perlu dipertimbangkan. Cobalah untuk menghiasi dan melengkapi taman bacaan dengan gambar-gambar yang menarik dan peralatan untuk melakukan aktivitas, misalnya alat tulis, puzzle, dan malam (lilin mainan).

2. Komitmen dan Konsisten

Mempertahankan lebih sulit dibandingkan dengan membangun/mendapatkan. Hal ini juga berlaku dalam menciptakan taman bacaan. Untuk mengelola taman bacaan yang mengasyikkan dan banyak dikunjungi pembaca, kita harus memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk terlibat di dalam melayani pengunjung, menyediakan buku-buku berkualitas, dan mengembangkan taman bacaan.

3. Promosi

Untuk memperkenalkan taman bacaan, jangan ragu melibatkan pengurus RT/RW setempat, melalui arisan atau perkumpulan warga, dan kegiatan warga lainnya. Setelah itu, adakanlah kegiatan yang disenangi warga untuk menarik minat mereka. Kemudian, buatlah jadwal acara rutin yang akan dilaksanakan taman bacaan untuk menarik mereka datang.

4. Penjadwalan

Untuk mengembangkan taman bacaan, kita pun harus memiliki manajemen waktu yang baik. Apabila Anda dan petugas taman bacaan yang lain tidak sanggup membuka taman bacaan setiap hari, tetapkanlah jadwal pasti kapan taman bacaan biasa buka, misalnya hari Jumat pukul tiga sore. Setelah semua terorganisasi dengan baik, Anda dapat membuka taman bacaan setiap hari.

5. Pendataan

Tidak berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, buku-buku dalam taman bacaan pun kemungkinan bisa hilang. Untuk mencegahnya, buatlah daftar buku secara rinci dan aturlah buku-buku ke dalam rak dengan rapi. Dengan begitu, Anda dapat melacak keberadaan buku dengan mudah. Usahakan untuk tidak memungut biaya apa pun untuk peminjaman buku. Sedangkan untuk mendisiplinkan peminjam buku dalam mengembalikan buku, pemberian denda bisa dilakukan bila perlu. Hal ini dapat menanamkan rasa tanggung jawab bagi anggota dalam memanfaatkan sumber daya (buku) yang disediakan untuk kepentingan bersama.

6. Perluas Mitra

Pada tahap awal, kita tidak harus memiliki banyak buku untuk membuka taman bacaan. Dua puluh lima buku pun sudah cukup. Jika taman bacaan itu menjadi milik bersama dengan warga setempat, libatkan warga agar mereka juga merasa memiliki taman bacaan tersebut. Setelah itu, ajaklah teman-teman dan relasi Anda yang lain untuk mengambil bagian dalam mengembangkannya. Berikan kesempatan kepada warga maupun orang-orang dari daerah lain untuk menyumbangkan buku-buku atau fasilitas-fasilitas lain yang mendukung. Dengan memperluas kemitraan, taman bacaan bisa semakin maju, berfasilitas lengkap, dan mengasyikkan.

Sudah siap membuat taman bacaan yang mengasyikkan? Selamat mencoba!

Sumber bacaan:
Bibit Raharjo. "Membuat Taman Bacaan Yang Mengasyikkan." Dalam http://wisatabaca.wordpress.com/2008/02/06/membuat-taman-bacaan-yang-mengasyikkan/#comment-143


STOP PRESS: GRATIS! ALKITAB MP3 AUDIO

Apakah Anda rindu mendengarkan firman Tuhan setiap hari? Dapatkan Alkitab MP3 Audio sekarang juga!

Alkitab MP3 Audio adalah rekaman teks Alkitab yang disuarakan/dibacakan dalam format MP3. Tersedia dalam 20+ versi bahasa Indonesia, bahasa-bahasa suku di Indonesia, dan bahasa-bahasa asing lain. Bisa didapatkan dengan "kualitas CD" (650 MB) atau "kualitas HP" yang lebih kecil (200 MB) dalam bentuk CD, DVD, USB, HP, atau online streaming/download -- GRATIS!

Alkitab MP3 Audio ini akan banyak menolong Anda dalam pelayanan dan terutama gereja Anda, khususnya untuk menolong para lanjut usia, penyandang tunanetra, yang sedang berbaring sakit atau yang masih buta huruf, sehingga mereka pun bisa dilawat oleh firman Tuhan. Bahkan Alkitab MP3 Audio ini juga bisa Anda gunakan ketika sedang melakukan perjalanan atau sambil mengerjakan tugas sehari-hari. Alkitab MP3 Audio mudah untuk dibawa/diputar/disimpan dalam semua alat komputer, laptop, PDA, CD/VCD/DVD/MP3 player, USB, Android, iPod/iPad, maupun HP Anda. Jika Anda memiliki pelayanan yang berhubungan dengan bahasa-bahasa tersebut, atau mengetahui ada pelayan Tuhan yang melayani dengan menggunakan bahasa-bahasa tersebut, silakan menghubungi kami.

Milikilah segera dan jadikan CD Alkitab Audio MP3 ini alat untuk menyebarkan firman Tuhan. Biarlah semakin banyak orang yang "percaya karena mendengar" -- "faith comes by hearing".

Kontak YLSA/SABDA: < audio(at)sabda.org >
Situs: < http://audio.sabda.org >


Kontak: < buku(at)sabda.org >
Redaksi: Sri Setyawati, Ami Grace Y., dan Yonathan Sigit P.
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/buku >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo