Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Monday, April 28, 2014

(e-RH) April 29 -- DILANG BERJUALAN

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 29 April 2014
Bacaan : Mazmur 51
Setahun: 1 Raja-Raja 19-20
Nats: Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah
pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar! (Mazmur 51:3)

Judul:

DILANG BERJUALAN

Judul di atas tidak salah eja. Tulisan itu saya baca di papan
kecil di depan sebuah toko. Bisa diduga, yang dimaksudkan tentunya
"Dilarang Berjualan". Namun, sampai beberapa lama kemudian, tulisan
tersebut masih ada di sana. Tidak direvisi, tidak pula diganti
dengan yang baru. Dibiarkan saja seperti itu.


Daud telah berdosa, kemudian Tuhan mengutus Natan menegurnya (2 Sam.
11 dan 12). Setelah Daud mengakui dosanya, Natan langsung menyatakan
pengampunan Tuhan. Tersadar akan betapa besar kasih setia Tuhan,
Daud mengungkapkan pengakuan jujur seperti yang tertuang dalam
Mazmur 51. Dalam pengakuannya itu, ia tidak berusaha menyeret-nyeret
Batsyeba untuk ikut menanggung kesalahan perzinahan dan pembunuhan
yang telah terjadi. Ia menginsyafi bahwa hal itu merupakan dosa dan
pelanggaran pribadinya terhadap Allah (ay. 5, 6), dan mengharapkan
pembasuhan sempurna agar menjadi tahir kembali (ay. 4, 9, dan 12).
Daud juga menyadari bahwa dosanya membuat ia terpisah dari Allah,
maka ia merindukan pengampunan dan pemulihan dari Allah (ay. 11-16).
Dan, sebagai kurban persembahan , ia membawa jiwanya yang hancur
serta hatinya yang patah dan remuk (ayat 18-19).


Saat tahu telah berbuat dosa, mungkin kita bersikap seperti penulis
"Dilang Berjualan" tadi. Sadar kalau salah, namun membiarkan saja.
Sikap Daud mengundang kita untuk bertobat, berbalik kepada Allah. Di
dalam Kristus, Dia telah menyediakan pengampunan dosa dan anugerah
untuk hidup dalam kebenaran-Nya. --Sisilia Lilis /Renungan Harian

DOSA TIDAK AKAN TERHAPUS DENGAN DIBIARKAN.
KITA MEMERLUKAN PENGAMPUNAN ALLAH UNTUK MELENYAPKANNYA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2014/04/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/renungan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+51

Mazmur 51

1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur dari Daud,
2 ketika nabi Natan datang kepadanya setelah ia menghampiri
Batsyeba.
3 Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah
pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar!
4 Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah
aku dari dosaku!
5 Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa
bergumul dengan dosaku.
6 Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan
melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil
dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.
7 Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku
dikandung ibuku.
8 Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan
dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.
9 Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi
tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!
10 Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang
yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali!
11 Sembunyikanlah wajah-Mu terhadap dosaku, hapuskanlah segala
kesalahanku!
12 Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku
dengan roh yang teguh!
13 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil
roh-Mu yang kudus dari padaku!
14 Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari
pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!
15 Maka aku akan mengajarkan jalan-Mu kepada orang-orang yang
melakukan pelanggaran, supaya orang-orang berdosa berbalik
kepada-Mu.
16 Lepaskanlah aku dari hutang darah, ya Allah, Allah
keselamatanku, maka lidahku akan bersorak-sorai memberitakan
keadilan-Mu!
17 Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku memberitakan puji-
pujian kepada-Mu!
18 Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya
kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya.
19 Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang
patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.
20 Lakukanlah kebaikan kepada Sion menurut kerelaan hati-Mu
bangunkanlah tembok-tembok Yerusalem!
21 Maka Engkau akan berkenan kepada korban yang benar, korban
bakaran dan korban yang terbakar seluruhnya; maka orang akan
mengorbankan lembu jantan di atas mezbah-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?1+Raja-Raja+19-20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Raja-Raja+19-20


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo