Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, October 27, 2013

[i-kan-binaguru] Sharing BM Idol 2013 - Leave your comfort zone!

---------------------------------------------------------------------   e-BinaGuru -- MILIS DISKUSI PARA PELAYAN ANAK DAN GURU SEKOLAH MINGGU     ---------------------------------------------------------------------   

Shallom rekan-rekan …


Apa kabar? Beberapa denominasi tengah merayakan bulan keluarga sekaligus bulan reformasi di bulan Oktober ini, bagaimana dengan gereja tempat rekan-rekan melayani? Adakah acara khusus yang ingin rekan-rekan bagikan pada kita semua di milis ini? :-)


Saya ingin sharingkan ide terbaru saya untuk program seri "Christian Character Building" (CCB) - program CCB lainnya yang sudah berjalan: FBI new agent training dan Next Top Model.


Dalam CCB yang terbaru ini, saya mengadopsi "singing contest" American Idol untuk mengajarkan kepada anak-anak muda (remaja) agar berani keluar dari comfort zone mereka dan menghadapi tantangan hidup dengan sikap yang positif. Agar berani menjadi diri sendiri yang otentik (asli) sekaligus berani belajar hal-hal baru dan tidak menyerah dengan keadaan - sesulit apa pun!


Para remaja sama sekali tidak tahu kalau hari itu mereka bakal mengikuti sebuah acara khusus. Secara mendadak mereka diberi tahu untuk berkumpul bersama di chapel sekolah. Dan sebagai pembukaan, saya putarkan klip American Idol, lalu saya menyambut mereka layaknya para kontestan yang telah lolos seleksi awal dan sekarang hendak berlatih vocal bersama seorang bintang tamu terkenal untuk membantu mereka semua menjadi seorang "penyanyi".


Segera saja saya melihat wajah-wajah kaget dan bengong … ada yang langsung kelihatan sangat tidak nyaman dan sepertinya pengin keluar saja dari ruangan tsb. Yah, sangat dimaklumi :-) apalagi bila mereka tidak suka menyanyi, dan merasa diri tidak bisa menyanyi dengan baik dan benar. Saya mendapati kira-kira separuh peserta mengaku tidak pede untuk menyanyi. Hmmm … permulaan yang cukup "berat" buat saya … bagaimana dalam waktu 3 jam bisa "mengubah" anak-anak muda yang ogah nyanyi ini menjadi SUKA dan MAU menyanyi.


Tetapi inilah INTI dari acara "BM Idol 2013" – yaitu untuk menarik para remaja keluar dari comfort zone mereka dan berani menghadapi tantangan hidup (dalam hal ini: menyanyi). Sebenarnya ini bukan acara "singing contest" (perlombaan menyanyi), dan sama sekali bukan tentang "menyanyi"nya itu sendiri – tetapi, lewat kegiatan menyanyi ini (yang membuat banyak dari mereka merasa tidak nyaman), ada PESAN yang hendak disampaikan kepada para peserta: leave your comfort zone! Tinggalkan, keluarlah dari zona nyamanmu, ayo hadapi tantangan di depanmu, jangan menghindar, berusahalah dan berjuanglah, jangan menyerah dengan keadaan dan kesulitan yang menghadang.


Bintang tamu yang saya undang untuk menjadi pelatih vocal para peserta adalah teman lama saya lebih dari 20 tahun silam: Robert Tanadi. Thank you Robert, for coming to Bandung and sharing your life with us .. We're all blessed and had a great time. Looking forward for your next coming to Indonesia :-)


Peserta tidak sempat bengong berlama-lama karena segera setelah saya menjelaskan acara hari ini, Robert segera memimpin mereka untuk olah vocal. Tujuan dari sesi pertama ini adalah memisahkan para peserta sesuai rentang suara mereka: sopran, alto, tenor, bas. Meskipun awalnya rada tegang juga, tapi latihan vocal ini diringi dengan banyak tawa di antara kami semua. Bahkan guru-guru yang semula hanya bertugas menemani para siswa, terlihat ikut juga berlatih bersama .. hehehe .. Kepribadian Robert yang sangat terbuka (dan saya menyebutnya: charming, alias tebar pesona) segera saja menular kepada para peserta, dan mulai mencairkan suasana yang tegang.


Setelah masing-masing anak mengetahui jenis suaranya, tibalah waktunya untuk mengejutkan mereka dengan "tantangan" berikutnya. Mereka dibagi dalam kelompok (jadi, dalam 1 kelompok akan terdiri dari anak2 sopran, alto, tenor, dan bas) lalu masing2 kelompok diberi tugas untuk mempersiapkan dan menampilkan sebuah lagu.


Ada 3 lagu yang sudah kami siapkan, yaitu:

(1)    The Prayer – saya contohkan lagu ini versi Celine Dion duet dengan Andrea Bocelli … saat klip ini ditayangkan, segera wajah peserta mulai memucat … Bagi teman2 yang tidak asing dengan lagu ini, tentu sudah tahu gimana susahnya penghayatan serta menyanyikan lagu ini dengan ekspresi yang indah :-)

(2)    When You Believe – diambil dari soundtrack film The Prince of Egypt, adegan saat orang-orang Israel keluar dari perbudakan di Mesir selama ratusan tahun. Lagu ini juga sangat powerful dan menggugah emosi, ada banyak unsur "haru" dan "mujizat" di sana

(3)    Shabbat Shallom + Havenu Shallom Alleichem (medley) – yang ini adalah lagu berbahasa Ibrani dengan nuansa Yahudi yang cukup kental. Lagu ini tidak terlalu susah, namun harus dinyanyikan dengan tarian ala Timur Tengah :-)

Nah, lagu-lagu ini diberikan dalam bentuk not angka + syairnya (namun sudah dibuat dalam versi pendek). Ini bukan sekedar membaca not dan menyanyikannya, tetapi lebih kepada pemaknaan dan cara mengekspresikan diri dengan tepat.


Ada pemandangan indah selama 30 menit berikutnya. Saya melihat setiap kelompok "berjuang" membaca not dan mencoba menyanyikan lagu tsb. Tidak hanya menyanyi, para peserta pun memikirkan variasinya (apakah ada yang solo, duet, cewek dulu lalu diikuti cowok, dsb) demikian pula dengan gerakannya … bahkan ada yang menyajikannya dalam bentuk drama sembari menyanyikan lagu tsb. Menurut saya ini benar-benar luar biasa !! Rupanya ada banyak hal yang bisa terjadi selama 30 menit :-)


Shabbat Shallom menjadi hits !! Bahkan mereka terus menyanyikan Shabbat Shallom hingga ke lapangan sepak bola (kebetulan hari itu ada pertandingan futsal di sekolah)


Tantangan terakhir adalah mengajak semua peserta menyanyikan lagu I Will Follow Him, dengan pecah suara: sopran alto, tenor, dan bas PLUS belajar gerakannya (dance) Waktu: 30 menit !! Herannya … sekali lagi, para peserta membuktikan bahwa mereka tidak takut dan siap menerima tantangan !!


Di akhir acara, kepala sekolah mengingatkan, betapa indahnya kalau setiap kali menghadapi tantangan, spirit mereka seperti hari ini. Si kepsek hanya masuk di awal acara dan merasakan suasana tegang dan cemas (saat peserta diberitahu bahwa mereka semua akan dijadikan "penyanyi") .. namun si kepsek berkata pada saya, ia merasakan suasana yang sama sekali BEDA saat ia masuk kembali ke ruangan di akhir acara. Murid2 mempersembahkan lagu I Will Follow Him kepada kepsek mereka … dan itu benar-benar heboh !! Tidak ada yang menyangka bahwa kami semua akan bisa melewati semua "tantangan" yang ada!! Bahkan saya dan Robert pun, di akhir acara, benar-benar amazed dengan apa yang telah berhasil mereka capai :-)


Yang membuat saya tertawa geli adalah, mereka semula merasa tidak nyaman untuk menyanyi, tetapi seusai acara, mereka keluar ruangan sambil terus bernyanyi dan bernyanyi … sampai hari ini masih terngiang di benak saya suara cowok2 tenor dengan nada tinggi mereka menyanyikan reff I Will Follow Him … "for nothing can keep me away, away from His love"


Keep on the good works, guys … Never give up !!

Filipi 4 : 13  Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.


Meilania.


Foto2 BM Idol 2013:


https://www.facebook.com/meilania.chen/media_set?set=a.10151739335187913.1073741835.539517912&type=3


https://www.facebook.com/meilania.chen/media_set?set=a.10151743491467913.1073741836.539517912&type=3


---------------------------------------------------------------------    Bergabung kirim e-mail ke:         Berhenti kirim e-mail ke:        Untuk arsip: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-BinaGuru   ---------------------------------------------------------------------   
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo