Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, January 16, 2013

(e-RH) Januari 17 -- LANJUT USIA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 17 Januari 2013
Bacaan : Yesaya 46:1-13
Setahun: Kejadian 49-50
Nats: Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu
Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung
kamu terus. (Yesaya 46:4)

Judul:

LANJUT USIA

Pada 2011, penduduk dunia tercatat mencapai jumlah sekitar 7
miliar jiwa, dan kira-kira 1 miliar di antaranya warga lanjut usia
(lansia). Indonesia menduduki ranking keempat dunia dengan jumlah
lansia 24 juta jiwa. Warga lansia ini cenderung kurang mendapatkan
perhatian. Tidak tersedia fasilitas yang memadai untuk mempersiapkan
dan mengarahkan mereka agar tetap sehat, produktif, dan sejahtera.


Ketika kita masih kecil dan belum mampu mengurus diri sendiri,
orangtua kita mencurahkan hidupnya untuk merawat, menghidupi, dan
melatih kita agar mampu mandiri. Ironisnya, ketika kekuatan mereka
melemah, dan mereka membutuhkan pertolongan orang lain untuk
mengurus hidup pada masa tuanya, tak jarang anak-anak meninggalkan
mereka berjuang sendiri.


Bagi para lansia, firman Tuhan pada hari ini bukanlah suatu hiburan
kosong. Kepada Israel, Dia menegaskan pemeliharaan-Nya. Masalahnya,
Israel justru menganggap Allah meninggalkan mereka dan mereka
berpaling pada ilah lain (ay. 6-7). Dengan lembut Tuhan menegur dan
mengingatkan mereka akan kasih setia-Nya. Dia memanggil Israel agar
kembali kepada-Nya karena Dia akan menyatakan keselamatan-Nya (ay.
4). Di dalam Kristus, Allah menggenapi janji ini, dan Dia tidak akan
pernah membiarkan kita dan meninggalkan kita seorang diri--sampai
rambut kita memutih sekalipun.


Bagi para anak, firman Tuhan mengundang kita untuk merelakan diri
dipakai oleh-Nya dalam mewujudkan janji-Nya kepada orangtua untuk
merawat dan mendukung mereka. Bersediakah kita? --SST

ANAK YANG DIBIARKAN TIDAK HORMAT PADA ORANGTUA
TIDAK AKAN HORMAT TERHADAP SIAPA SAJA -BILLY GRAHAM

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/01/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/01/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yesaya+46:1-13

Yesaya 46:1-13

1 Dewa Bel sudah ditundukkan, dewa Nebo sudah direbahkan,
patung-patungnya sudah diangkut di atas binatang, di atas hewan;
yang pernah kamu arak, sekarang telah dimuatkan sebagai beban
pada binatang yang lelah,
2 yang tidak dapat menyelamatkan bebannya itu. Dewa-dewa itu
bersama-sama direbahkan dan ditundukkan dan mereka sendiri harus
pergi sebagai tawanan.
3 "Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang
yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang
Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung
sejak dari rahim.
4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu
Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung
kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
5 Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan
dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama?
6 Orang mengeluarkan emas dari dalam kantongnya dan menimbang
perak dengan dacing, mereka mengupah tukang emas untuk membuat
allah dari bahan itu, lalu mereka menyembahnya, juga sujud
kepadanya!
7 Mereka mengangkatnya ke atas bahu dan memikulnya, lalu
menaruhnya di tempatnya; di situ ia berdiri dan tidak dapat
beralih dari tempatnya. Sekalipun orang berseru kepadanya, ia
tidak menjawab dan ia tidak menyelamatkan mereka dari
kesesakannya.
8 Ingatlah hal itu dan jadilah malu, pertimbangkanlah dalam hati,
hai orang-orang pemberontak!
9 Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya
Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada
yang seperti Aku,
10 yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari
zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata:
Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan
Kulaksanakan,
11 yang memanggil burung buas dari timur, dan orang yang
melaksanakan putusan-Ku dari negeri yang jauh. Aku telah
mengatakannya, maka Aku hendak melangsungkannya, Aku telah
merencanakannya, maka Aku hendak melaksanakannya.
12 Dengarkanlah Aku hai orang-orang yang congkak, orang-orang yang
jauh dari kebenaran:
13 Keselamatan yang dari pada-Ku tidak jauh lagi, sebab Aku telah
mendekatkannya dan kelepasan yang Kuberikan tidak bertangguh
lagi; Aku akan memberikan kelepasan di Sion dan keagungan-Ku
kepada Israel."

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+49-50
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+49-50


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo