Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Saturday, August 11, 2012

[40-Hari-2012][x14] Kesaksian: "Saatnya, Mereka Sedang dalam Perubahan"

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- MINGGU, 12 AGUSTUS 2012

Kesaksian: "Saatnya, Mereka Sedang dalam Perubahan"

Pada bulan Januari 1991, saya dan seorang teman melakukan perjalanan sejauh 5.200 km menyusuri Indonesia, untuk mengamati kelompok suku beragama Muslim yang paling jarang dijangkau oleh Injil. Setiap petang, selagi kami menyaksikan kemegahan terbenamnya matahari, kami diingatkan bahwa Perang Teluk yang pertama sedang terjadi di 3.900 km arah Barat negara ini.

Dari orang-orang Bugis di Sulawesi sampai ke "penikam" (sebutan bagi orang Madura karena mereka menikam para misionaris) sampai ke Banda Aceh, yang disebut Serambi Mekah, kami mencari jalan masuk bagi keterbukaan Injil di daerah-daerah terpencil yang terabaikan dalam Amanat Agung ini.

Ke mana pun kami pergi, kami mengajukan beberapa pertanyaan provokatif seperti, "Anda berasal dari suku mana?" Diikuti dengan, "Bukankah suku Anda adalah Kristen?" Pertanyaan kedua bertujuan untuk menguji respons mereka. Tanggapan yang didapat selalu, "Bukan! Kami bukan orang Kristen. Kami adalah orang Muslim." Kami menanggapinya dengan sebuah senyum dan pertanyaan naif berikutnya, "Mengapa bukan? Mengapa Anda bukan Kristen?" Jawabannya terdengar lagi dan lagi, dan masih terngiang di telinga saya, "Anda tidak dapat mengubah ibu Anda, bukan?" Sekalipun tanggapan mereka tegas, tetapi tidak pernah bermusuhan. Bagi mereka, perubahan adalah sesuatu yang mustahil. Tak diragukan lagi, ini merupakan pertama kalinya mereka mendengar pertanyaan semacam ini. Kondisi ini menggambarkan penderitaan jutaan orang Muslim, bukan saja di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia Islam. Bagi kami, Rohlah yang mengubah perkataan mereka menjadi Panggilan Makedonia: "Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!" (Kisah Para Rasul 16:9).

Dua dekade kemudian, yaitu saat mereka mulai berubah, dunia Muslim pun berubah. Di seluruh dunia Islam, kita melihat terjadinya keterbukaan bersejarah dan tanggapan terhadap Injil. Dua dekade yang lalu, kita akan kesulitan untuk menemukan satu peristiwa di mana seribu orang Muslim dibaptis dan beralih kepada iman Kristen; hari ini, ada lebih dari dua lusin kegerakan semacam ini. Dari Afrika Barat hingga ke Asia Tenggara, Tuhan sedang menuai panen yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia Islam. Lawatan Tuhan ini sedang terjadi di berbagai tempat, di sudut-sudut bumi yang paling bermusuhan sekali pun.

Pada musim semi 2011, 20 tahun setelah perjalanan pengamatan pertama kami, saya menemukan diri saya kembali berada di Indonesia. Kali ini, saya mewawancarai puluhan orang Muslim yang telah beriman pada Yesus Kristus, dalam suatu kegerakan yang telah menghasilkan sembilan generasi gereja melahirkan gereja! Ini merupakan pengalaman yang benar-benar menyentuh, mendengar saudara dan saudari ini berbagi cerita tentang bagaimana Kristus telah memberi mereka pengampunan dan hidup baru, dan bagaimana Roh Kristus telah menopang mereka melewati penganiayaan yang mengikuti keputusan mereka. Penemuan yang paling mengejutkan mungkin datang ketika kami mengajukan pertanyaan, "Apa yang Tuhan gunakan untuk membawa Anda kepada iman dalam Yesus Kristus?" Bersiaplah untuk mendengar sejumlah jawaban; kami begitu terkejut oleh tanggapan sederhana dari tiap-tiap orang: "Seseorang memberitakan Injil kepada saya." Mungkin, kami melewatkannya. Waktu telah berubah. Tetapi, bukan Muslim yang berubah, melainkan orang Kristen. Sebuah generasi baru orang-orang Kristen sekarang yang dengan lembut, namun setia dan berani, berbagi pesan yang memberi kehidupan mengenai Injil.


Kontak: < doa(at)sabda.org >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Arsip: < http://www.sabda.org/publikasi/40hari >
(c) 2012 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo