Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Saturday, August 11, 2012

[40-Hari-2012][34] Boko Haram di Nigeria

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- MINGGU, 12 AGUSTUS 2012

Boko Haram di Nigeria

Kesaksian: Diselamatkan oleh Nama Yesus

Bapak Ousseini adalah Pendeta dari Fulani, yang lahir di Jos, Nigeria. Ia dulunya adalah seorang Muslim, tetapi kemudian memilih percaya pada sang Mesias, Yesus, dalam beberapa persekutuan Kristen sekitar 20 tahun silam. Ia melanjutkan pekerjaannya sebagai wirausaha dan melayani sebagai seorang pendeta. Oleh rekan-rekannya yang dulu juga muslim, ia dikenal sebagai orang percaya yang rajin. Banyak dari mantan teman-temannya itu bergabung dengan sekte Muslim bernama Boko Haram. Baru-baru ini, Pendeta Ousseni bersama beberapa orang anggota gerejanya sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah pertemuan Kristen ketika bus mereka menjadi target dari seorang pria bersenjata. Seluruh orang percaya dalam bus itu meneriakkan nama Yesus setiap kali mereka mendengar tembakan.

Sang sopir dapat memutar bisnya sehingga mereka dapat melarikan diri dan langsung menuju ke rumah sakit. Petugas rumah sakit sungguh terkejut karena kebanyakan orang dalam bus tersebut tidak mengalami luka, dan mereka yang terluka pun tidak parah atau mengalami patah tulang. Mereka semua diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing malam itu juga.

Ini bukan pertama kalinya Pendeta Ousseni menjadi sasaran para penembak jitu dari gerakan Boko Haram. Ia selalu saja melihat bagaimana Yesus menjadi penolongnya yang sesungguhnya, sebuah Benteng yang menyelamatkannya. Berdoalah bagi komunitas Kristen di Utara Nigeria, khususnya bagi mereka yang tinggal di negara bagian Borno dan Jos. Berdoalah untuk perlindungan mereka dari orang-orang yang menginginkan nyawa mereka. Berdoalah untuk hidup berdampingan yang lebih damai dan bagi keselamatan banyak Muslim.

Berbagai kelompok Islam fundamentalis dan konservatif sedang "bekerja" di Nigeria yang berpenduduk 155 juta. Sekitar setengah dari penduduk negara ini memiliki latar belakang Islam, yang mengharuskan kepatuhan pada ajaran dan gaya hidup Islam.

Mengenal Boko Haram

Kelompok Boko Haram adalah kelompok Islam radikal yang dimulai pada tahun 2002. Kelompok ini mendapat perhatian internasional pada tahun 2009 ketika militer Nigeria mengalami beberapa bentrokan dengan anggota bersenjata dari kelompok ini, yang menyebabkan kematian lebih dari 700 orang. Istilah "Boko Haram" berasal dari kata dalam bahasa Hausa, "boko" berarti "pendidikan barat atau non-Islam" dan kata dalam bahasa Arab, "haram" yang berarti "terlarang". Boko Haram tidak hanya menentang pendidikan Barat, melainkan juga budaya Barat dan juga pengetahuan modern. Kelompok ini telah menjadi pencipta beberapa serangan terhadap polisi Nigeria, jemaat, maupun pribadi orang-orang Kristen dalam beberapa tahun terakhir. Banyak yang menderita kehilangan dari beberapa anggota jemaat mereka.

Pokok-Pokok Doa:

1. Berdoalah untuk keberanian dan hikmat di pemerintahan Nigeria, pihak berwenang Kristen dan Islam Nigeria, yang harus berurusan dengan kelompok Boko Haram dan lainnya (Roma 13:13-14).

2. Berdoalah untuk keluarga dari ratusan korban serangan teroris. Penyembuhan dari trauma, luka-luka batin, konseling, penghiburan dari Tuhan, dan bantuan nyata yang kesemuanya sangat mereka butuhkan (Yesaya 61:1).

3. Berdoalah mohon Tuhan Yesus berkenan menyatakan diri-Nya sesuai kehendak-Nya bagi militan Boko Haram, dan juga bagi mereka yang mungkin tergoda untuk bergabung dengan Boko Haram.

Di bawah ini adalah daftar dari etnis Muslim yang terkemuka di Nigeria. Berdoalah bagi satu atau lebih dari etnis ini, supaya Injil dapat disebarkan di antara mereka:

Lebih dari 1 juta jiwa:

- Hausa (19,9 juta jiwa)
- Yoruba (8,35 juta jiwa)
- Yerwa Kanuri (4 juta jiwa)
- Sokoto Fulani (2,2 juta jiwa)
- Haabe Fulani (2,2 juta jiwa)
- Bororo Fulani (1,95 juta)

Kurang dari 1 juta jiwa:

- Adamawa Fulani (975.000)
- Bauchi Fulani (701.000)
- Manga Kanuri (617.000)
- Igbo Fulani (520.000)
- Egba (418.000)
- Bade (310.000)
- Songhai (260.000)
- Arab, Shuwa (205.000)
- Bura (112.000)
- Igala (108.000)


Kontak: < doa(at)sabda.org >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Arsip: < http://www.sabda.org/publikasi/40hari >
(c) 2012 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo