Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, March 7, 2012

[e-Buku] Edisi 94/Maret 2012 -- Pujian (I)

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

e-Buku -- Pujian (I)
Edisi 94/Maret 2012

DAFTAR ISI
RESENSI 1: MENGUNGKAP SEGI-SEGI PUJIAN DAN PENYEMBAHAN
RESENSI 2: RIWAYAT LAGU PILIHAN DARI NYANYIAN PUJIAN
TIP: MEMBACA BUKU CEPAT DAN EFEKTIF
STOP PRESS: IKUTI KELAS DASAR-DASAR IMAN KRISTEN (DIK) MEI/JUNI 2012 -- PESTA

Salam damai,

Tuhan Yesus adalah Pribadi yang layak dipuji dan diagungkan, baik di surga dan di bumi. Bahkan, Alkitab menyatakan bahwa di Kerajaan Surga ada banyak bala tentara malaikat yang bertugas untuk menyanyikan puji-pujian kepada-Nya. Sebagai umat yang menjadi milik-Nya, sudah seyogianya kita menyediakan diri untuk memuji dan menyembah Tuhan melalui ucapan bibir yang memuliakan-Nya, dan melalui sikap hidup yang seturut dengan kehendak-Nya. Lebih-lebih pujian penyembahan itu tidak hanya menyenangkan Tuhan, tetapi juga bisa menjadi kekuatan kita dalam menghadapi peperangan rohani. Untuk itu, tidak sepantasnya kita mengabaikan atau menganggap sepele akan pentingnya pujian penyembahan.

Untuk memahami pentingnya pujian dan penyembahan dalam hidup Kristen, e-Buku menghadirkan resensi-resensi buku yang membahas tentang pujian dan penyembahan, serta bagaimana kita beribadah. Kiranya dengan membaca buku-buku yang kami resensikan, Pelanggan semakin bersemangat dalam memuji dan menyembah Tuhan di gereja, rumah, kantor, persekutuan, dan di mana saja. Selain resensi, dalam edisi ini Pelanggan juga dapat menyimak sebuah tip membaca yang cepat dan efektif. Selamat menyimak!

Pemimpin Redaksi e-Buku,
Sri Setyawati
< setya(at)in-christ.net >
< http://gubuk.sabda.org/ >

"Bacalah selalu sesuatu yang akan membuat Anda tampak baik jika Anda mati saat Anda sedang membacanya." (P.J. O'Rourke)


RESENSI 1: MENGUNGKAP SEGI-SEGI PUJIAN DAN PENYEMBAHAN

Judul buku: Mengungkap Segi-Segi Pujian & Penyembahan
Judul asli: --
Penulis/Penyusun: Bob Sorge
Penerjemah: Timothy Youw, Hariyono, Martin Muslie
Editor: Antoni Stevens
Penerbit: Yayasan ANDI, Yogyakarta 1991
Ukuran buku: 15 x 21 cm
Tebal: 230 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Suatu ibadah yang hidup tidak tergantung pada tata ruang gereja, perlengkapan audio yang modern, atau ingar-bingarnya pujian yang dinyanyikan oleh pemimpin pujian dan kelompok paduan suara. Suatu ibadah yang hidup adalah ibadah yang lahir dari hati setiap jemaat untuk memuliakan Tuhan dengan sepenuh hati. Sebagai gereja Tuhan, apa yang seharusnya kita lakukan agar ibadah kita menjadi hidup dan berkenan bagi Allah?

Untuk memberikan pujian dan penyembahan yang berkenan bagi Allah kita, terlebih dulu kita perlu mengerti definisi pujian dan penyembahan yang alkitabiah. Bob Sorge melalui buku "Mengungkap Segi-Segi Pujian & Penyembahan" menjelaskan pengertian tentang pujian dan penyembahan yang alkitabiah kepada Anda. Dengan sepuluh bab yang mencakup tentang Apakah Pujian, Masuk Hadirat Allah, Pujian: Senjata untuk Peperangan Rohani, Apakah Penyembahan, Menjadi Seorang Penyembah, Tujuan Sepenuhnya Penyembahan dalam Jemaat, Bernubuat di dalam Pujian dan Penyembahan, Seni dalam Memimpin Penyembahan, Tim Pemimpin Penyembahan, dan Merencanakan Kebaktian Penyembahan. Dengan membaca buku ini, kita dapat memahami arti memuji dan menyembah Tuhan yang benar sekaligus bagaimana mempersiapkan diri untuk memimpin pujian dan penyembahan dengan benar. Dengan demikian, ibadah kita -- baik secara pribadi atau bersama, benar-benar hidup dan berkuasa. Selain itu, Bob Sorge mengimbau kita supaya bukan hanya mulut kita yang memuji Tuhan, namun terlahir dari hati kita. Pada bagian akhir, penulis melampirkan tiga apendiks yang memberikan informasi sumber-sumber lagu baru, perkembangan nada dalam penyembahan, dan bagaimana menyusun lagu induk dalam memimpin pujian. Penjelasan penulis pun benar-benar dilandaskan pada Alkitab.

Buku ini bukan hanya penting untuk dibaca para pemimpin pujian di gereja, jemaat Tuhan yang melayani di bidang apa pun juga perlu membaca buku ini, sehingga dapat memberikan pujian penyembahan yang benar sesuai kebenaran Kristus. Selamat membaca, selamat memuji dan menyembah Tuhan.

Peresensi: Sri Setyawati


RESENSI 2: RIWAYAT LAGU PILIHAN DARI NYANYIAN PUJIAN

Judul buku: Riwayat Lagu Pilihan dari Nyanyian Pujian
Judul asli: --
Penulis/Penyusun: H. L. Cermat
Penerjemah: --
Editor: --
Penerbit: Lembaga Literatur Baptis
Ukuran buku: 13,5 x 20,5 cm
Tebal: 96 halaman
ISBN: --
Buku Online: --
Download: --

Banyak lagu rohani Kristen yang kita ketahui dan bisa kita nyanyikan. Namun, apakah kita mengetahui sejarah/riwayat dari terciptanya lagu tersebut? Apakah kita juga mengenal siapa penciptanya dan bagaimana kehidupannya? Mengapa beberapa lagu rohani hanya dinyanyikan oleh gereja aliran tertentu dan dalam kurun waktu tertentu tidak dinyanyikan lagi? Buku berjudul "Riwayat Lagu Pilihan dari Nyanyian Pujian" dapat menjawab pertanyaan Anda.

Buku karya H. L. Cermat ini berisi 15 nyanyian pujian disertai riwayat penciptanya. Salah satu riwayat lagu yang ada di buku ini adalah lagu berjudul "Jiwa Raga Kubaktikan", yang ditulis oleh Frances Ridley Havergal, seorang wanita Kristen saleh berkebangsaan Inggris (1836). Lagu "Jiwa Raga Kubaktikan" ini ditulisnya sebagai ungkapan penyerahannya kepada Tuhan dan lagu ini semakin sempurna dengan penambahan melodi yang digubah oleh ayahnya. Selain riwayat Frances Ridley Havergal dan lagu yang ditulisnya, Anda juga bisa membaca riwayat Frances Jane Crosby (dikenal dengan nama Fanny Crosby) -- seorang wanita buta yang menjadi seorang sastrawati dan mengarang ribuan nyanyian pujian, Joseph Scriven -- seorang yang pernah gagal menikah namun dapat menghibur banyak orang dengan lagu karangannya, dll.. Penyajian lagu-lagu gerejawi lengkap dengan riwayat penulisnya, membuat buku ini berbeda dari buku-buku pujian yang lain. Bahkan, Anda dapat membaca lima belas nyanyian yang dilengkapi dengan not balok, sehingga Anda dapat menyanyikan lagu ini walaupun mungkin Anda belum pernah mendengarnya.

Buku ini sudah seharusnya dibaca oleh umat Kristen, bukan hanya untuk mengenal lagu-lagu gereja, namun juga untuk mendapatkan inspirasi, sehingga kita terus berjuang dan terus bersemangat mengembangkan talenta musik yang mungkin kita miliki untuk Tuhan. Saat Anda membaca buku ini, banyak berkat yang bisa Anda peroleh. Jadi, segeralah membaca buku ini untuk mengenal lebih jauh nyanyian pujian dan riwayat orang-orang yang berada di balik nyanyian pujian ini.

Peresensi: Santi Titik L.


TIP: MEMBACA BUKU DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF

Hampir setiap hari, kita pasti tidak lepas dari kegiatan membaca. Baik yang memang sengaja menyempatkan membaca buku dan koran, ataupun membaca tulisan-tulisan yang mau tidak mau harus kita lakukan, seperti membaca petunjuk jalan, membaca informasi di ATM (Anjungan Tunai Mandiri), membaca surat-surat yang dikirim lewat email, membaca teks film yang kita tonton, komentar-komentar status di Facebook, dan bahkan membaca surat tagihan kartu kredit.

Bagi kita yang memunyai hobi membaca buku, pasti memiliki kebanggaan sendiri. Apalagi saat membicarakan sebuah buku yang sudah kita kuasai isinya. Untuk itu, jangan hanya sekadar membaca, kita pun dituntut untuk mengerti apa yang disampaikan dari bahan bacaan itu. Sia-sia sekali kalau kita sudah banyak membaca buku, tapi sedikit yang kita tahu isinya.

Agar tidak menjadi sia-sia, silakan simak trik membaca cepat dan efektif di bawah ini.

1. Membaca dengan bersuara itu kurang efektif.

Bagi Anda yang memunyai kebiasaan membaca bersuara, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut (kecuali jika Anda sedang membacakan komik untuk adik atau anak). Membaca dalam hati akan lebih efektif, dengan membaca dalam hati -- tanpa suara -- kita bisa menangkap jumlah kata 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan membaca dengan bersuara. Artinya, bila dalam satu menit kita membaca bersuara dapat menangkap 200 kata, kita bisa menangkap 600 kata per menit dengan membaca dalam hati. Tentu saja, jumlah kata yang berhasil kita tangkap itu akan terus bertambah seiring konsentrasi pada saat baca dan seringnya kita membaca buku.

2. Biasakan menangkap beberapa kata dalam satu kali lihat.

Cobalah untuk mengambil kata kunci dalam satu kalimat. Jadi, saat membaca kita harus menggunakan otak dan mata kita. Gabungkan kata kunci dalam kalimat menjadi satu kesatuan bermakna. Bacalah kalimat demi kalimat dari kiri ke kanan tanpa henti, jangan pernah mundur untuk melihat kalimat sebelumnya untuk mengetahui kata-kata yang belum tertangkap. Biarkan kata-kata itu pergi, yang penting poinnya sudah didapat. Memang proses ini tidak bisa dikuasai dalam tempo singkat. Makin sering membaca, pasti kita akan terbiasa.

3. Perhatikan kecepatan Anda dalam membaca.

Kita tahu bahwa tidak semua jenis buku bisa kita perlakukan sama untuk mengukur kecepatan membaca. Kecepatan membaca novel remaja tentu berbeda dengan membaca buku sejarah Indonesia. Tingkat kesulitan untuk memahaminya pasti juga berbeda. Penguasaan bahasa sangat penting, untuk itu catatlah dan carilah idiom-idiom atau ungkapan-ungkapan asing yang sering Anda temukan dalam bacaan Anda. Hal ini akan bermanfaat apabila kita menemui kata asing tersebut di buku lainnya.

Nah, mulai sekarang ambil bacaan yang paling ringan menurut Anda. Lalu pikirkan dan perhatikan baik-baik judul serta sinopsisnya untuk memperkirakan isi buku itu. Kemudian, silakan membaca seluruh buku dan jangan lupa membandingkan kecepatan baca Anda dengan buku-buku sebelumnya yang pernah dibaca. Tapi ingat yang satu ini, jangan hanya fokus pada kecepatan membaca -- asal cepat selesai -- tapi perhatikan juga isinya. Selamat membaca!

Diambil dan diedit seperlunya dari:
Nama situs: Kampung Buku
Alamat URL: http://www.kampung-buku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=49:baca-buku-cepat-sekaligus-efektif&catid=39:tips&Itemid=55
Judul asli artikel: Baca Buku Cepat Sekaligus Efektif
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 6 Januari 2012


STOP PRESS: IKUTI KELAS DASAR-DASAR IMAN KRISTEN (DIK) MEI/JUNI 2012 -- PESTA

Yayasan Lembaga SABDA melalui Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam < http://www.pesta.org > kembali membuka kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) untuk periode Mei/Juni 2012. Bagi Anda yang ingin mempelajari pokok-pokok penting dasar iman Kristen, seperti Penciptaan, Manusia, Dosa, Keselamatan, dan Hidup Baru dalam Kristus, segeralah bergabung dalam kelas DIK ini.

Saat ini Anda sudah dapat mendaftarkan diri untuk menjadi peserta baru. Batas pengumpulan tugas tertulis sebagai persyaratan untuk dapat mengikuti kelas diskusi adalah tanggal 1 Mei 2012. Jadi, segeralah bergabung! Daftarkan diri Anda sekarang juga ke < kusuma(at)in-christ.net >.

Bagi Anda yang ingin membaca dan mempelajari pelajaran-pelajaran DIK, silakan berkunjung ke: < http://pesta.sabda.org/dik_sil >


Kontak: < buku(at)sabda.org >
Redaksi: Sri Setyawati, Ami Grace Y., dan Yonathan Sigit P.
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/buku >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buku(at)hub.xc.org >

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo