Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Thursday, January 2, 2014

(e-RH) Januari 03 -- TAHU JALAN KITA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 3 Januari 2014
Bacaan : Ayub 23:1-17
Setahun: Kejadian 7-9
Nats: Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku
akan timbul seperti emas. (Ayub 23:10)

Judul:

TAHU JALAN KITA

"Mengapa ini semua harus terjadi Tuhan?" Pertanyaan ini sering
keluar dari mulut kita. Di Alkitab, banyak orang melontarkannya
kepada Tuhan, mulai dari bangsa Israel yang bersungut-sungut karena
tidak memiliki makanan dan minuman sampai pada Paulus yang mempunyai
duri dalam dagingnya. Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru sarat
dengan cerita bahwa umat Tuhan tidak luput dari permasalahan hidup.
Salah satunya kisah Ayub, laki-laki yang taat kepada Tuhan.


Dalam perikop ini, Ayub bertanya kepada Tuhan mengapa masalah itu
menimpanya. Ayub ingin membela diri, mengajukan perkaranya kepada
Tuhan, berkeluh kesah bahwa ia tidak sepatutnya mengalami musibah
tersebut (ay. 2-7). Tuhan seakan diam, tidak memberikan jawaban yang
melegakannya (ay. 8-9). Ada pun para sahabatnya menyalahkannya,
menganggapnya kena tulah karena berbuat dosa. Namun, di tengah
kebimbangan dan keraguan itu, ada satu pengakuan yang mengandung
kepastian: bahwa Tuhan tahu yang terbaik bagi dirinya. Jika Tuhan
mengujinya, ia akan menjadi seperti emas (ay. 10). Ia tidak
mengatakan "mungkin", tetapi "akan", menunjukkan pengharapan dan
keyakinan yang teguh.


Kiranya kita memiliki pengertian seperti Ayub: bahwa Allah tahu
jalan hidup yang terbaik bagi kita. Pemahaman semacam ini akan
menolong kita untuk tetap teguh di tengah terpaan berbagai
kebimbangan dan keraguan. Saat masalah hidup menerpa kita, kita
diteguhkan bahwa Dia tidak meninggalkan kita, namun tengah membentuk
kita menjadi emas yang semakin murni. --Irfan Setyawan W/Renungan
Harian

PENGERTIAN YANG BENAR TENTANG ALLAH MENJADI SUMBER PENGHIBURAN
SAAT KESESAKAN MENERPA KEHIDUPAN KITA.

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2014/01/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/renungan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Ayub+23:1-17

Ayub 23:1-17

1 Tetapi Ayub menjawab:
2 "Sekarang ini keluh kesahku menjadi pemberontakan, tangan-Nya
menekan aku, sehingga aku mengaduh.
3 Ah, semoga aku tahu mendapatkan Dia, dan boleh datang ke tempat
Ia bersemayam.
4 Maka akan kupaparkan perkaraku di hadapan-Nya, dan kupenuhi
mulutku dengan kata-kata pembelaan.
5 Maka aku akan mengetahui jawaban-jawaban yang diberikan-Nya
kepadaku dan aku akan mengerti, apa yang difirmankan-Nya
kepadaku.
6 Sudikah Ia mengadakan perkara dengan aku dalam
kemahakuasaan-Nya? Tidak, Ia akan menaruh perhatian kepadaku.
7 Orang jujurlah yang akan membela diri di hadapan-Nya, dan aku
akan bebas dari Hakimku untuk selama-lamanya.
8 Sesungguhnya, kalau aku berjalan ke timur, Ia tidak di sana;
atau ke barat, tidak kudapati Dia;
9 di utara kucari Dia, Ia tidak tampak, aku berpaling ke selatan,
aku tidak melihat Dia.
10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku
akan timbul seperti emas.
11 Kakiku tetap mengikuti jejak-Nya, aku menuruti jalan-Nya dan
tidak menyimpang.
12 Perintah dari bibir-Nya tidak kulanggar, dalam sanubariku
kusimpan ucapan mulut-Nya.
13 Tetapi Ia tidak pernah berubah--siapa dapat menghalangi Dia? Apa
yang dikehendaki-Nya, dilaksanakan-Nya juga.
14 Karena Ia akan menyelesaikan apa yang ditetapkan atasku, dan
banyak lagi hal yang serupa itu dimaksudkan-Nya.
15 Itulah sebabnya hatiku gemetar menghadapi Dia, kalau semuanya
itu kubayangkan, maka aku ketakutan terhadap Dia.
16 Allah telah membuat aku putus asa, Yang Mahakuasa telah membuat
hatiku gemetar;
17 sebab bukan karena kegelapan aku binasa, dan bukan juga karena
mukaku ditutupi gelap gulita."

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+7-9
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+7-9


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo