Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Sunday, March 18, 2012

[Bio-Kristi] Edisi 87/Maret 2012 -- Hyman Jedidiah Appleman

Anda terdaftar dengan alamat: iklanmdo.kristen@blogger.com

Bio-Kristi -- Hyman Jedidiah Appleman
Edisi 87/Maret 2012

DAFTAR ISI
KARYA: HYMAN JEDIDIAH APPLEMAN
KOMUNITAS BIO-KRISTI: SIAPA MOTIVATOR ANDA?
SISIPAN: KUMPULAN BAHAN PASKAH DARI YLSA

Salam sejahtera,

Kehidupan di dunia memang tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan. Untuk memprioritaskan Tuhan, ada harga yang harus kita bayar. Hal inilah yang dialami oleh Hyman Jedidiah Appleman. Setelah dia menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, dia mendapat pertentangan dari orang tua dan saudara-saudaranya. Seperti apa kisah hidup dan karya-karya yang dihasilkan Appleman? Telusurilah kisahnya dalam kolom Karya. Sementara itu, di kolom Komunitas Bio-Kristi, Anda dapat menyimak berbagai pendapat dan kesaksian Sahabat Bio-Kristi tentang tokoh motivator mereka. Mari simak sajian kami dan selamat berkarya bagi Allah Bapa.

Pemimpin Redaksi Bio-Kristi,
Sri Setyawati
< setya(at)in-christ.net >
< http://biokristi.sabda.org >


"Siapa menguasai waktunya, dialah yang menguasai hidupnya." Mike Murdock -- Penginjil, Pengkhotbah


KARYA: HYMAN JEDIDIAH APPLEMAN
(1902 -- 1983) Penginjil

Diringkas oleh: Sri Setyawati

Hyman Jedidiah Appleman lahir pada tanggal 7 Januari 1902 di Mogilev -- Belarusia, dan meninggal pada tanggal 29 Mei 1983 di Kansas -- Missouri, karena penyakit jantung. Dia meninggalkan seorang istri dan dua anak (Edgar dan Rebecca). Sebelum meninggal, Hyman menghabiskan sisa hidupnya sebagai anggota Gereja Baptis Red Bridge di Kansas, kota tempat tinggalnya.

Hyman adalah keturunan Yahudi Ortodoks, yang dibesarkan dan dididik menurut keyakinan Yahudi. Dia adalah anak yang cerdas, bisa mengerti berbagai bahasa -- Ibrani, Jerman, Rusia, Yahudi-Jerman, dan Polandia, serta cepat dalam mempelajari bahasa Inggris. Setelah lulus dari Hans Christian Andersen School di Chicago, dia melanjutkan ke sekolah swasta prauniversitas. Lalu, dia melanjutkan studi di Universitas Northwestern dan mendapat gelar sarjana sastra, serta di Universitas DePaul dan mendapat gelar sarjana hukum. Pada tahun 1921, dia tamat dari kedua universitas tersebut. Ketika berada di Universitas DePaul Hyman mendapatkan nilai tertinggi. Oleh sebab itu, pihak universitas memberikan beasiswa kepadanya. Ia lalu mengambil jenjang magister di bidang hukum, dan berhasil mendapatkan gelar magister pada bidang tersebut (1921-1923). Tahun 1922, Hyman mulai mengajar dan menangani biro hukum usaha ayahnya. Pada tahun yang sama (sampai dengan tahun 1925), ia juga menerima izin praktik hukum dan menjadi pengacara persidangan yang sukses di Chicago.

Pada masa muda, Hyman tidak terlalu religius walaupun dia menjadi anggota sinagoge, beribadah tiga kali setahun, tidak minum minuman keras dan tidak berjudi, bahkan tunangannya pun seorang gadis Yahudi. Saat itu, dia tidak mengenal Perjanjian Baru. Oleh karenanya, dia merasa tidak bahagia dan tidak puas dengan hidupnya. Dia mencoba mengabaikannya dengan terus bekerja, hingga nyaris lumpuh. Setelah sembuh, dia mulai melakukan banyak perjalanan. Pertama-tama, dia ke Kansas -- menuju YMCA untuk bertemu Rabi Silbert. Ketika berada di sana, ada seorang pria tua yang mengetuk pintu kamarnya dan memperkenalkan diri sebagai Daly, wartawan surat kabar "Kansas City Star". Selama 1 jam, Daly bersaksi tentang Tuhan Yesus Kristus kepada Hyman. Daly meninggalkannya setelah Hyman berjanji akan membaca Perjanjian Baru. Dia teringat dengan kata-kata yang pernah didengarnya: "Jika seseorang ingin secepatnya memahami agama, dia harus membaca Injil Yohanes." Maka dari itu, dia langsung membuka Perjanjian Baru dan membacanya. Hari berikutnya, seorang pria bernama Garrett mengajaknya pergi ke sekolah minggu di Gereja Methodist Institutional, Kansas. Setelah ibadah sekolah minggu usai, Garrett mengajaknya menghadiri ibadah di Gereja Protestan.

Karena terlalu sering bepergian, berat badannya pun turun banyak. Dia kemudian menemui Durrett, sekretaris di YMCA, dan bertanya kepadanya di mana dia dapat menemukan seorang dokter yang baik. Alih-alih menyarankan dokter ahli untuk membantu Hyman, Durrett justru bercerita tentang gerejanya -- Gereja Kristen Pusat Denver dan menyarankannya untuk berkonsultasi dengan sang pendeta, Dr. James E. Davis. Hyman pun menemui Dr. Davis. Mereka berbincang-bincang cukup lama. Lalu Dr. Davis berkata, "Kamu tidak membutuhkan dokter, Anakku. Kamu membutuhkan Yesus Kristus!" Dr. Davis segera menjelaskan semua kebenaran tentang Juru Selamat dan Hyman meresapinya. Kemudian Dr. Davis berlutut, memeluknya, dan berdoa dengan suara lembut dan patah-patah, air mata mengalir membasahi pipinya. Peperangan yang harus dihadapinya kini adalah orang tua dan saudaranya. Mereka tentu kecewa karena Hyman menjadi orang Kristen. Walaupun begitu, Dr. Davis tidak mau menyerahkan jiwa Hyman kepada iblis.

Kemudian Dr. Davis membacakan dan menjelaskan Roma 10:9 kepada Hyman. Lalu, dengan gigi yang gemertak Hyman berkata, "Tuhan, aku tidak tahu dan tidak mengerti, tetapi orang ini dan kitab ini berkata bahwa Anak-Mu sudah mati untuk dosa-dosaku, dan bahwa jika aku meminta kepada-Mu dalam nama-Nya, Engkau akan mengampuni dosa-dosaku. Tuhan, dalam nama Yesus, ampunilah dosa-dosaku." Setelah selesai berdoa, Hyman bertanya kepada Dr. Davis, "Selanjutnya, apa yang harus saya lakukan?" Dr. Davis menasihati agar dia dibaptis. Pada hari Minggu pagi berikutnya, ia pun dibaptis. Setelah itu, dia mengirimkan telegram ke rumah, katanya: "Aku sekarang menjadi orang Kristen, aku sudah dibaptis, aku bergabung dengan sebuah gereja. Aku akan selalu berdoa untuk kalian." Telegram balasan pun datang, "Cepatlah pulang." Beberapa hari setelah pertobatannya, tunangannya datang dan mengakhiri hubungan mereka.

Pertobatan Hyman betul-betul menggemparkan kaum Yahudi, dia pun diusir dari keluarganya. Karenanya, dia pergi ke Denver untuk memperdalam pemahaman Alkitab. Sembari mencari pekerjaan untuk bertahan hidup, dia mulai memberikan kesaksian dan khotbah. Hari Minggu pertama bulan Agustus, dia menyampaikan renungan pagi dan sore di Gereja Kristen Pusat Denver. Malam harinya, dia menerima telegram dari ayahnya yang memintanya pulang, dengan alasan ibunya sekarat. Namun, sesampainya di rumah dia mengetahui bahwa ayahnya berbohong. Sebenarnya, ayahnya menginginkan ia mempertimbangkan ulang keputusannya. Karena Hyman menolak, si ayah dengan geram berkata, "Jika nanti kamu kelaparan dan merangkak ke mari, aku akan melempar remah-remah roti sebagaimana yang kulakukan kepada anjing."

Setelah itu, Hyman kembali merantau dan bekerja di Reading Railroad, di Camden, New Jersey. Tak lama kemudian, dia memutuskan untuk kembali ke Chicago. Dia sangat depresi dengan apa yang dialaminya, bahkan dia pernah memutuskan untuk bunuh diri. Beruntung, niatnya tidak dilanjutkan. Dalam perjalanan pulang ke Chicago, dia melihat bahwa ada lowongan perekrutan tentara AS yang dipasang di papan pengumuman. Dia pun mendaftarkan diri dan diterima, lalu dikirim ke Rumah Sakit Walter Reed di Washington. Dia bekerja di sana selama 3 tahun. Suatu hari, dia bertemu Howard, sekretaris YMCA, yang sedang mengajar kelas sekolah minggu di kantor "YMCA Hut". Oleh Howard, dia diperkenalkan dengan seorang pendeta kepala, pengkhotbah Lutheran. Setelah berdiskusi, Hyman tertarik untuk mengajar kelas misi penginjilan besar di Washington. Dalam misi inilah dia bertemu Verna Cook, yang kemudian menjadi istrinya.

Setelah masa kerjanya selesai, dia mendaftar ulang untuk masa bakti kedua. Kali kedua ini, ia dikirim ke rumah sakit di Fort Sill, Oklahoma, dekat Lawton. Dia pun berjemaat di Gereja Central Baptist di Lawton (Desember 1927) dan mengajar sekolah minggu. Menjelang November 1928, Hyman mulai mengajar di Sekolah Woodlawn. Bulan Maret 1930, dia diminta menjadi pendeta. Namun, karena denominasi Baptis Selatan (Southern Baptist) tidak menerima pendatang asing, dia dibaptis lagi dan pada 30 Mei 1930 ditahbiskan sebagai pendeta di Gereja Baptis Pusat Lawton, Oklahoma, yang sebelumnya digembalakan oleh S.R. McClung. Sejak itu, dia berkomitmen untuk menyerahkan semua miliknya bagi Tuhan dan melepaskan keanggotaan militernya (Agustus 1930).

Pada 4 September 1930, dia menikahi Verna Cook di Maine. Setelah merasa mantap dengan panggilannya, tahun 1930 dia masuk Seminari Teologi Southwestern Baptist di Fort Worth, Texas. Istrinya juga masuk seminari yang sama dan menerima gelar doktor di bidang pendidikan agama. Lulus dari sana, Hyman menerima gelar doktor kehormatan dari Seminari Teologi Western Baptist Portland, Oregon. Bulan April 1931, dia mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Gereja Baptis Vickery, Texas, dan meneruskan pelayanannya di sana hingga bulan Mei 1934.

Pada Desember 1933, dia terpilih menjadi salah satu penginjil di Texas dan melayani hingga bulan Januari 1942. Selama itu, dia tetap melayani KKR Southern Baptist Convention. Akan tetapi, ketika dia semakin dikenal secara nasional, dia merasa Allah memanggilnya untuk melakukan pelayanan yang lebih besar. Ia pun mulai melayani di lingkup yang lebih besar, hingga ke luar negeri. Mulai awal tahun 1942, dia mengadakan KKR di Philadelphia, Los Angeles, Dalas, Fort Worth, Houston, dan masih banyak kota lainnya. Pelayanannya mendapatkan dukungan dari berbagai gereja dan Komite Pengusaha Kristen (Christian Business Men's Committees). Dalam setiap KKR yang diadakannya, puluhan ribu orang bertobat dan menerima Yesus Kristus. Dia juga mengadakan KKR di Australia (tahun 1948, bersama Homer Britton -- penyanyi rohani), Inggris Raya, Meksiko, dan Guatemala, dan menghasilkan puluhan ribu petobat. Setelah itu, dia berkhotbah di Uni Soviet, Irlandia Utara, Yunani, Dominika, Trinidad, India, negara-negara Eropa, Meksiko, Kanada, bahkan sampai ke Asia, termasuk Indonesia. Tahun 1957 dia kembali ke tanah kelahirannya.

Selama 45 tahun, Hyman berkhotbah. Setiap tahun rata-rata ada 7.000 petobat baru. Akhir tahun 1969, ada 345.000 orang menerima Kristus, sekitar 270.000 orang bergabung dengan gereja, dan lebih dari 125.000 orang memperbarui komitmen imannya. Dalam pelayanan ke berbagai negara, banyak pemimpin pujian yang menyertainya misalnya Homer Britton, Chelsea Stockwell, Stratton Shufelt, John Troy, Garland Cofield, dan Ellis Zehr.

Selain banyak berkhotbah, Hyman juga menulis banyak buku yang diterbitkan oleh Zondervan, Revell, dan Baker. Judulnya antara lain "Formula for Revival", "Ye Must Be Born Again", "God's Answer to Man's Sin", "The Savior's Invitation", "Come Unto Me", "Appleman's Sermon Outlines and Illustrations", "The Gospel of Salvation", dan masih banyak lagi. Dia juga menjadi penggerak pelayanan American Association for Jewish Evangelism (Asosiasi Orang Amerika untuk Penginjilan bagi Orang-orang Yahudi), presiden Institut Alkitab Rusia-Ukraina di Saskatoon, Saskatchewan, Kanada, dan presiden Hebrew Christian Alliance (Aliansi Umat Kristen Ibrani), serta menjadi anggota dewan dari beberapa organisasi misi yang lain. (t/Setya)

Diterjemahkan dan diringkas dari:
Nama situs: Believer's Web
Alamat URL: http://www.believersweb.org/view.cfm?ID=98
Penulis: Tidak Dicantumkan
Tanggal akses: 8 Desember 2011

Catatan: Jika Anda ingin membaca artikel ini seutuhnya, Anda bisa mengaksesnya melalui situs Bio-Kristi < http://biokristi.sabda.org/Hyman_J_Appleman >


KOMUNITAS BIO-KRISTI: SIAPA MOTIVATOR ANDA?

Orang-orang sukses dan berdampak di dunia bisa jadi dipengaruhi oleh orang-orang yang mereka kagumi. Karakter dan kepribadian mereka kemungkinan besar dibentuk melalui sikap dan gaya hidup seorang teladan yang menjadi motivator mereka.

Dalam dinding Facebook Bio-Kristi, ada pembahasan tentang siapa yang menjadi motivator Sahabat Bio-Kristi. Beberapa di antara mereka memberi komentar sebagai berikut.

Bio-Kristi (Biografi Kristiani): Siapakah motivator yang banyak memberi inspirasi bagi Anda?

Komentar:
Mliwix: Kalau motivator dalam kehidupan saya adalah pengalaman hidup saya atau perjalanan hidup.

Elmagnifico: Yang pasti BUKAN Mario Teguh.

Bio-Kristi (Biografi Kristiani):
@Mliwix: Kalau orang, apakah tidak ada?
@Elmagnifico: Hehehe... dia bukan salah satunya ya? Lalu siapa motivator Anda?

Mliwix: Motivator saya adalah keinginan untuk bisa bersatu dengan Sang Firman, bersatu dengan Sang Bapa yang tertinggi.

Bio-Kristi (Biografi Kristiani): Oke.

Mliwix: Kalau menurut Bio-Kristi sendiri?! Apakah Sang Firman yang menjelma manusia? TUHAN itu sendiri?!

Bio-Kristi (Biografi Kristiani): Tentu, motivator kami yang pertama dan utama adalah Kristus Yesus. Dialah yang memampukan kami untuk melakukan pekerjaan baik.

Bagaimana dengan Anda? Siapakah motivator Anda? Mari bagikan kesaksian Anda kepada Sahabat Bio-Kristi yang lain di Facebook Bio-Kristi dengan alamat < http://www.facebook.com/sabdabiokristi/posts/10150494724348090 >. Kami tunggu, terima kasih.


SISIPAN: KUMPULAN BAHAN PASKAH DARI YLSA

Apakah Anda sedang bingung mempersiapkan acara Paskah di gereja, persekutuan, atau komunitas Anda? Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) < http://www.ylsa.org > menyediakan sejumlah sumber bahan Paskah pilihan dan alkitabiah untuk membantu Anda menemukan pengetahuan Alkitab dan inspirasi untuk menyambut Paskah.

Anda bisa berkunjung ke Situs Paskah Indonesia < http://paskah.sabda.org/ > yang memuat segudang bahan menarik seputar Paskah, antara lain artikel, drama, puisi, kesaksian, dan buku. Anda juga bisa menyumbangkan bahan-bahan Paskah karya Anda di situs ini dan membagikannya kepada orang lain. Jika waktu Anda terbatas dan membutuhkan referensi tepercaya seputar bahan Paskah, berbagai link dan daftar kategori di situs mini < http://paskah.co/ > akan menolong Anda menyeleksi bahan-bahan yang Anda butuhkan.

YLSA juga menghadirkan kisah-kisah Paskah dalam bentuk video yang memadukan unsur teks, audio, dan grafis menarik yang dapat diunduh secara gratis di YouTube < http://youtube/user/sabdaalkitab >. Selain itu, Anda juga kami undang untuk berinteraksi dengan anak-anak Tuhan yang lain melalui "sharing" dan diskusi seputar perayaan Paskah di Facebook Paskah < http://fb.sabda.org/paskah >. Paskah segera datang, jangan menunda lagi. Segera kunjungi keempat pranala kami dan dapatkan bahan-bahan Paskah dari YLSA!


Kontak: < biokristi(at)sabda.org >
Redaksi: Sri Setyawati, Kusuma Negara, dan Yonathan Sigit P.
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/biokristi >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-bio-kristi(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-bio-kristi(at)hub.xc.org >

Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo