Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Wednesday, December 14, 2011

Siapa yang Anda Layani ?

Tanggal: Rabu, 14 Desember 2011
Ayat SH: Wahyu 2:1-7

Judul: Siapa yang Anda layani?

Perikop ini adalah surat pertama dari tujuh surat yang dituliskan untuk ketujuh jemaat di Asia kecil. Mereka ini benar-benar pernah ada di dalam sejarah. Pesan yang disampaikan kepada setiap gereja karena adanya masalah yang terjadi di dalam gereja itu. Tiap-tiap gereja mewakili keadaan gereja di sepanjang sejarah sehingga pesan yang ada di dalamnya tetap relevan sampai masa kini.

Surat yang pertama ditujukan kepada jemaat di Efesus. Di dalam surat ini, jemaat Efesus dipuji oleh Tuhan Yesus karena mereka adalah jemaat yang kuat dan giat di dalam pelayanan. Mereka dikenal sebagai jemaat yang rajin, tekun, memiliki pengajaran yang sehat dan kemampuan untuk membedakan ajaran sesat dan nabi-nabi palsu serta kemampuan mereka bertahan di dalam penderitaan yang hebat (2-3). Gereja ini tidak terpengaruh oleh lingkungan mereka dan telah menjadi gereja teladan.

Meskipun jemaat Efesus giat di dalam berbagai bentuk pelayanan, Yesus mencela mereka karena ada hal yang sangat penting telah hilang, yakni mereka telah meninggalkan kasih yang semula (4). Penyakit rohani ini sedemikian parah, sehingga Yesus mengingatkan betapa dalamnya mereka telah jatuh dan menegur dengan teguran keras agar mereka berbalik dan bertobat (5).

Apa artinya "kasih yang semula"? Mereka telah jatuh ke dalam perangkap melakukan kegiatan, tetapi meninggalkan pribadi kepada siapa kegiatan itu dilakukan. Mereka lupa bahwa karena Yesus dan untuk Dialah semua itu mereka kerjakan. Melayani pekerjaan-Nya telah menjadi lebih penting daripada mengasihi dan memelihara hubungan pribadi dengan-Nya. Berbicara dengan Yesus telah digantikan dengan berbicara tentang Dia. Mereka telah meninggalkan cinta pertama mereka ­ Yesus!

Kegagalan gereja Efesus menjadi pelajaran berharga bagi gereja Tuhan sepanjang sejarah dan bagi setiap orang percaya. Begitu mudah kita terlibat aktif di dalam kegiatan pelayanan dan melupakan Tuhan Yesus, pribadi yang kita layani. Siapakah yang Anda layani, pekerjaan Tuhan ataukah Tuhan?

e-SH versi web:          http://www.sabda.org/publikasi/sh/2011/12/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2011/12/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:                    http://alkitab.sabda.org/?Wahyu+2:1-7
Mobile:                    http://alkitab.mobi/tb/passage/Wahyu+2:1-7
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo