Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Thursday, December 1, 2011

Yesus di Dalam Al-Quran dan Dasar Islam

1. Yesus di Dalam Al'Quran.

Anda dapat menemukan lebih banyak lagi pandangan Islam tentang siapakah Yesus dengan membaca Al'Quran. Banyak bab (sura) dan ayat-ayat yang dituliskan di bawah. Yesus dalam Al'Quran disebut sebagai Isa. Banyak bahasan tentang pelayanan Yesus serta berbagai pemahaman tentang pribadi Yesus. Berikut adalah beberapa di antaranya.



* Isa adalah firman Allah: Sura 3:45; 5:46, 110, dan 57:27.
* Isa adalah Mesias: Sura 3:45; 4:171; 5:17, 72, 75.
* Isa adalah Nabi atau pembawa berita dari Allah: Sura 3:49; 6:85; 19:30; 57:27.
* Isa membangkitkan yang mati dan menyembuhkan yang sakit: Sura 3:49; 5:110.
* Isa Suci, tak berdosa: Sura 19:19.

Walaupun di dalam bagian Al'Quran tertulis tentang Isa, namun orang Muslim baru memahami Isa sebagai nabi pembawa Injil dan belum memahami Isa sebagai Mesias.

2. Dasar Islam.

Menurut umat Muslim, Islam dimulai dari manusia pertama yaitu Adam dan Hawa, yang awalnya seharusnya tunduk kepada kehendak Allah. Kata Islam sendiri artinya penundukan diri. Umat Islam percaya bahwa Abraham, Musa, Daud, dan Yesus adalah para nabi. Ada versi dalam Islam yang meyakini bahwa Kaabah (rumah Allah) di Mekah dibangun oleh nabi Adam. Bangunan batu ini diselimuti kain hitam, dan sudah ada sejak lama. Ini bahkan sudah ada jauh hari sebelum ada kehidupan nabi Islam yang terkenal yaitu Muhammad.

Untuk dapat mengerti kehidupan Islam semuanya haruslah dimulai dengan mengenal kehidupan Muhammad. Umat Muslim meyakini Muhammad adalah nabi terakhir. Dalam Islam, Muhammad adalah "tokoh sempurna". Muhammad bukanlah seorang yang dijanjikan atau disembah, tapi dia adalah model bagaimana seharusnya mereka menjalankan kehidupan mereka. Tidak diketahui bagaimana wajah Muhammad karena tidak diperbolehkan melukis wajahnya untuk mencegah gambarnya dijadikan berhala.

Kehidupan awal Muhammad

Muhammad lahir pada tahun 570 M di Mekah, kota di Arab Saudi. Muhammad berasal dari marga Hasim, dari suku Quraysh yang sangat berkuasa. Selama masa hidup Muhammad di Arabia, banyak yang hidup dalam penyembahan berhala dan memberhalakan sesuatu. Ada 360 rupa tuhan laki-laki dan tuhan perempuan yang dipuja oleh orang Arab di Mekah, yang merupakan pusat kota berhala di wilayahnya. Sejarah Muslim berpikir, bahkan sejak masa kanak-kanak pun, Muhammad sudah menolak untuk menyembah patung berhala dan menjalankan hidup yang kudus dan suci.

Pewahyuan Awal

Menurut umat Muslim, dalam umurnya yang ke-40, tahun 610 SM, Muhammad mulai mendapatkan pewahyuan dan petunjuk yang dia percaya datangnya dari malaikat tertinggi Gabriel (Gabriel dalam Arab). Pewahyuan ini menjadikan dasar dari Al'Quran. Muhammad menyatakan bahwa pewahyuan yang dia terima adalah berita yang besar dan penting, yang berasal dari Allah yang Maha Besar, walaupun pada awalnya Muhammad sendiri meragukan keberadaan dirinya sebagai seorang nabi. Dia melarang penyembahan berhala dan membentuk kota rohani sendiri di Medina dan akhirnya Mekah. Muhammad meninggal pada tahun 632 M karena di Medina, Saudi Arabia.

Hubungan dengan Orang Yahudi dan Kristen

Selama hidupnya, Muhammad banyak berhubungan dengan orang-orang Kristen. Dia juga belajar tentang agama lain dan kebiasaan orang Yahudi yang hidup di wilayah Mekah dan Medina. Pengakuan Muhammad sebagai nabi tidak diterima oleh orang Yahudi, hal ini memicu konflik yang serius. Pemikiran, kehidupan, dan sejarah Yahudi dan Kristen, banyak tertulis dalam Al'Quran walaupun secara tidak jelas.

Kepercayaan Islam

- Satu Allah, pencipta alam semesta.
- Malaikat dan kuasa kegelapan.
- Nabi (Adam, Nuh, Abraham, Musa, Daud, Yunus, Yesus, Muhammad).
- Muhammad sebagai nabi terakhir dan yang terbesar.
- Buku suci: Torah, Zabur (Mazmur), Injil dan Al'Quran.
- Hari penghakiman bagi semua manusia.
- Alkitab sudah dirusak dan ditukar oleh orang Yahudi dan orang Kristen.


Kontak: < doa(at)sabda.org >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >
Arsip: < http://www.sabda.org/publikasi/40hari >
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo