Renungan Harian & Leadership Kristen
| Renungan | Bina | Bio | Buku | Doa | E-JEMMi | Kisah | Konsel | Leadership | Wanita | Humor |

Tuesday, March 18, 2014

(e-RH) Maret 19 -- CAPEK HATI

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 19 Maret 2014
Bacaan : Yunus 2:1-10
Setahun: Yosua 17-19
Nats: Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada
TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang
kudus. (Yunus 2:7)

Judul:

CAPEK HATI

"Aduh, Pak, sudah capek hati saya mengurusnya." Beberapa kali saya
mendengar para ibu mengeluh seperti itu. Ternyata dalam melakukan
sesuatu, kita tidak hanya mengeluarkan energi jasmani yang
mendatangkan kelelahan secara fisik, tetapi juga menguras energi
jiwa yang membuat kita jadi "capek hati".


Bisa jadi perasaan semacam itu yang dialami Yunus ketika berada di
perut ikan. Ia menggambarkan dirinya di lemparkan ke dalam pusat
lautan dan terangkum arus air (ay. 3), seperti tenggelam ke dasar
bumi yang pintunya tertutup rapat (ay. 6). Kepalanya seperti dililit
lumut laut (ay. 5), perumpamaan tentang pikiran yang kalut. Seperti
orang yang hatinya sudah capek, Yunus tercekam oleh keputusasaan. Ia
sampai merasa dirinya telah terusir dari hadapan mata Tuhan (ay. 4).


Mungkin kita pernah mengalami hal yang sama. Kita mengalami
kesesakan dan Tuhan seakan tidak peduli. Sesungguhnya Tuhan tidak
pernah melupakan dan meninggalkan kita, namun kita kerap lalai dan
tidak peka akan penyertaan-Nya tersebut.
Dari kisah Yunus, kita dapat memetik pelajaran. Ia tidak berhenti
berharap untuk bisa kembali menyaksikan bait Tuhan, lambang
hadirat-Nya (ay. 4). Ia berseru kepada Tuhan (ay. 2), bukan
berpaling kepada berhala kesia-siaan karena ia yakin akan kasih
setia Tuhan (ay. 8). Tuhan mengabulkan doa Yunus dan melepaskannya
dari kesesakan (ay. 10). Saat hati terasa capek, kepada siapa lagi
kita akan berpaling kalau bukan kepada Tuhan, sumber kelegaan dan
pemulihan? --Jap Sutedja /Renungan Harian

PENYERTAAN TUHAN SENANTIASA MERENGKUH KITA,
MEMBANGKITKAN KEKUATAN DI TENGAH KESESAKAN.

e-RH Situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2014/03/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/renungan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yunus+2:1-10

Yunus 2:1-10

1 Berdoalah Yunus kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan
itu,
2 katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia
menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak,
dan Kaudengarkan suaraku.
3 Telah Kaulemparkan aku ke tempat yang dalam, ke pusat lautan,
lalu aku terangkum oleh arus air; segala gelora dan gelombang-Mu
melingkupi aku.
4 Dan aku berkata: telah terusir aku dari hadapan mata-Mu.
Mungkinkah aku memandang lagi bait-Mu yang kudus?
5 Segala air telah mengepung aku, mengancam nyawaku; samudera raya
merangkum aku; lumut lautan membelit kepalaku
6 di dasar gunung-gunung. Aku tenggelam ke dasar bumi; pintunya
terpalang di belakangku untuk selama-lamanya. Ketika itulah
Engkau naikkan nyawaku dari dalam liang kubur, ya TUHAN,
Allahku.
7 Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada
TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang
kudus.
8 Mereka yang berpegang teguh pada berhala kesia-siaan, merekalah
yang meninggalkan Dia, yang mengasihi mereka dengan setia.
9 Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban
kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah
dari TUHAN!"
10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada ikan itu, dan ikan itupun
memuntahkan Yunus ke darat.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Yosua+17-19
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yosua+17-19


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA
Miliki Blog atau Website Sendiri
Dapatkan Panduannya
Hubungi : 0813 5643 8312 - 0857 5737 8151 - 0431 8013154
Format SMS : Panduan Isi Pesan
Klik Demo / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
atau pilih template :
Klik, Pilih & Pesan Sekarang / Contoh & Tutor Tingkat Menengah
G R A T I S
The Christian Blog @ 2011 - 2012
Designer : Joni Wawoh, SH
hostgator promo